logoblog

Cari

Perlu Dibentuk Cluster Dalam Penanganan Bencana

Perlu Dibentuk Cluster Dalam Penanganan Bencana

| KIM-BOLO | Narasumber penyusunan Renkon Gunung Barujari Lombok Timur Anton Roy Purnama, mengusulkan perlunya dibentuk cluster yang berfungsi untuk mengkoordinasikan

Pelayanan Publik

KIM Bolo
Oleh KIM Bolo
08 Agustus, 2019 10:27:50
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 425 Kali

| KIM-BOLO | Narasumber penyusunan Renkon Gunung Barujari Lombok Timur Anton Roy Purnama, mengusulkan perlunya dibentuk cluster yang berfungsi untuk mengkoordinasikan semua kebutuhan dan tindakan saat terjadi bencana. 

Anton Roy mengatakan, cluster ini mencakup manajemen, logistik, kesehatan, keamanan, pemulihan serta komunikasi dan edukasi. Sehingga penanganannya dapat berjalan cepat, tepat, terkoordinasi dan menyeluruh, serta sebagai dasar memobilisasi sumber daya para pemangku kepentingan (stake holder) pada saat tanggap darurat bencana.

Menurut Anton, selama ini status gunung baru jari hanya sampai status waspada, jarang sampai status status awas. Namun demikian, karena gunung barujari atau gunung Rinjani ini menjadi magnet para wisatawan yang ingin menikmati panorama puncak gunung atau danau Segara Anak, maka diperlukan kesiapan Pemerintah NTB dan Lombok Timur khususnya, dalam hal melakukan penyelamatan maupun melakukan prosedur evakuasi bagi para wisatawan bila terjadi bencana di gunung Rinjani.

Sedangkan untuk memudahkan akses informasi dan komunikasi penanggulangan/penanganan bencana, maka  Dinas Komunikasi, informatika dan Statistik Provinsi NTB bersama stake holder terkait, juga perlu menyiapkan media center sebagai kanal informasi resmi yang dilengkapi sistem informasi kebencanaan yang terintegrasi.

 

Baca Juga :


Editor: Adi Pradana



 
KIM Bolo

KIM Bolo

"Katakan benar apa yang kita lihat meski itu pahit bagi kamu" Nama : Suryadin Alamat : Jl Lintas Sumbawa No.53 Ds Rasabou Kec. Bolo Kab. Bima-NTB. Email : adipradana30@ymail.com Kontak Person: 085-253-323535 Website: www.kimbolo.info

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan