logoblog

Cari

Ahyak Mudin, Apresiasi Dispar Dan Pemda Lotim

Ahyak Mudin, Apresiasi Dispar Dan Pemda Lotim

KM. Sukamulia – Pada awal menyampaikan materi “Karakteristik dan Paket Usaha Homestay”, Akhyak Mudin menyampaikan apresiasinya kepada Dinas Pariwisata dan Pemda

Pelayanan Publik

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
18 Juli, 2019 17:54:54
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 2958 Kali

KM. Sukamulia – Pada awal menyampaikan materi “Karakteristik dan Paket Usaha Homestay”, Akhyak Mudin menyampaikan apresiasinya kepada Dinas Pariwisata dan Pemda Kabupaten Lombok Timur atas diselenggarakannya Pelatihan Tata Kelola Homestay/Pondok Wisata Kabupaten Lombok Timur Tahun 2019 sebab kegiatan ini adalah Pelatihan Pengelolaan Homestay pertama yang diselenggarakan di Lombok Timur.

“Secara pribadi dan mewakili teman-teman Halo Indonesia, saya menyampaikan apresiasi yang luar biasa terhadapa terselenggaranya kegiatan ini. Terkait dengan hal itu, saya sampaikan apresiasi kepada Dispar dan Pemda Lombok Timur atas terselenggarakanya kegiatan Pelatihan Tata Kelola Homstay ini sebab ini adalah pelatihan homestay pertama di Kabupaten Lombok Timur”, ungkap aktifis pariwisata yang cukup lama bekerja dan sempat menduduki jabatan Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas di Dinas Pariwisata Lombok Timur itu (18/07/2019).

Sebagaimana disampaikan oleh Ahmad Roji (Kepala BPPD Lotim), keberadaan Homestay sudah cukup lama di Lombok Timur dan saat ini di Lombok Timur terdapat 86 homestay.

Melihat banyaknya homestay di Lombok Timur, Akhyak Mudin dan Ibu Pratiwi menginisiasi para pelaku wisata Lombok Timur yang aktif dalam bidang usaha jasa akomodasi homestay untuk mendidikan organisasi atau lembaga yang menjadi wadah para pengelola homestay Lombok Timur. Atas inisiasi itu maka didirkanlah Asosiasi Homestay Lombok Timur (East Lombok Homestay Asotiation/ELHA) yang kemudian berubah nama menjadi Halo Indonesua (Homestay Lombok Indonesia). 

Setidaknya, Halo Indonesia memiliki 68 orang anggota yang dimana mereka adalah pengelola atau owner homestay yang ada di kawasan Lombok Timur. Semasa bernama ELHA, organisasi ini dipinpin oleh Beram Ramli dan sejak berubah menjadi Halo Indonesia, organisasi ini diketuai oleh Edy (Ouner Treng Wilis Bungalow). 

Keberadaan organisasi tersebut sempat menarik perhatian Kementerian Pariwisata dan Kementerian Desa sehingga menjelang ahir tahun 2018, Terselenggara East Lombok Homestay Festival yang pada waktu itu Kementerian Pariwisata dan Kementerian Desa meresmikan Orong Gerisak Desa Tete Batu sebagai Kampung Homestay di Lombok Timur. 

 

Baca Juga :


Hal tersebut adalah bukti bahwa keberadaan Homestay memiliki peranan penting bagi perkembangan dunia kepariwisataan di Lombok Timur. Namun demikian, perhatian pemerintah pusat belum begitu terpusat terhadap pengembangan Homestay di Lombok Timur sebab selama ini pemerintah pusata ataupun pemerintah daerah belum pernah secara khusus mencanangkan program pembenahan, peningkatan kapasitas dan SDM pengelola serta pengembangan homestay di Lombok Timur. 

Program-program seperti itu sudah cukup lama ditunggu-tunggu oleh para pengelola homestay di Lombok Timur dan Alhamdulillah pada tahun 2019 ini, Dispar Lombok Timur dapat mengarahkan Dana Alokasi Khusus yang diterima dari Anggaran Dana Pusat untuk melaksanakan kegiatan Pelatihan Tata Kelola Homestay Kabupaten Lombok Timur.

Atas itulah Ahyak Mudin mewakili para pengelola homestay Lombok Timur menyampaikan apresiasi kepada Dispar Lotim dan Pemda Lotim atas kesediaannya menyalurkan Dana Alokasi Khusu Dinas Pariwisata guna melaksanakan kegiatan pelatihan ini.


Semoga ke depannya program-program serupa terus dilaksanakan dan ditingkatkan oleh Dinas Pariwisata Lombok Timur dan Pemda Lombok Timur demi kemajuan pariwisata Lombok Timur pada khusunya dan NTB pada umumnya, terutama dalam bidang pengelolaan akomodasi homestay, lebih-lebih di Lombok Timur terdapat Halo Indonesia yang merupakan Organisasi Homestay Lotim bertarap nasionsl.
_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan