logoblog

Cari

Donor Darah, Target Pecah Rekor Muri 1000 Kantong Darah

Donor Darah, Target Pecah Rekor Muri 1000 Kantong Darah

Giri Menang, KM. Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 74 tanggal 17 Agsutsu 2019 mendatang, Pemerintah

Pelayanan Publik

Pangkat Ali
Oleh Pangkat Ali
17 Juli, 2019 13:00:41
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 816 Kali

Giri Menang, KM. Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 74 tanggal 17 Agsutsu 2019 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Barat melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Lombok Barat, akan mengisinya dengan menggelar donor darah. Tidak tanggung tangung, dalam gelaran donor darah akan menargetkan sebanyak seribu kantong darah. Ini sebagai target capaian dalam rangka memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai peserta donor dan kantong darah sebanyak 1000 kantong.

“Untuk sementara, rekor yang sudah dicapai sebanyak 750 kantong darah,” papar salah seorang perwakilan dari PMI NTB sebagai mitra kerja PMI Lombok Barat. Hal tersebut dicetuskan saat berlangsungnya kegiatan Rapat Kordinasi (Rakor) agenda dalam rangka memperingati HUT RI 74 di Ruang Rapat Umarmadi, di Giri Menang-Gerung, Rabu, (17/07/2019).

Rencananya, kegiatan donor darah yang akan berlangsung tanggal 15 Agustus 2019 ini, akan melibatkan pendonor dari anggota TNI/POLRI, Sat POLPP Lombok Barat, ASN, BUMN, BUMD dan lembaga sosial lainnya.

Terkait kegiatan donor ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Barat, HM.Taufiq sangat mengapresiasi. Karena kegiatan serupa, dalam rangka merayakan HUT RI, selama ini belum pernah digelar. Jika digelar, tapi tidak sampai menargtetkan untuk memecahkan rekor MURI. Sekda sendiri setuju, donor darah digelar H-2 atau tanggal 15 Agustus. Karena agenda untuk merayakan HUT, setiap seksi belum memutuskan kata sepakat, kapan agenda masing-masing difinalkan.

“Kalau donor darah prinsipnya setuju tanggal 15 Agustus, yang lain kita beri batas waktu sampai hari Selasa pekan depan (23/07/2019,red) untuk memfinalkan agendanya,” pinta Sekda.

Donor darah dalam rangka memecahkan rekor MURI ini, PMI Lombok Barat dan PMI NTB, sudah melakukan kerjasama dengan INTI (Indonesia-Tionghoa) NTB sebagai pencetus agenda. Namun pihak PMI meminta, Dinas Kesehatan Lombok Barat menambahkan tenaga perawat sebagai cadangan. Karena PMI-INTI sudah menyiapkan, hanya saja untuk mengantisipasi membludaknya peserta donor. Demikian juga, PMI sudah menyiapkan tempat tidur sebnyk 62 unit, telur, susu dan vitamin untuk kebutuhan penunjang kesehatan pendonor.

Donor darah yang akan digelar di Bencingah Agung komplek kantor bupati ini, secara tehnis sudah dipersipkan panitia dari PMI dan INTI. Sebenarnya, Pemkab Lombok Barat tidak perlu untuk menyiapkan sisi pinansial. Pihak PMI-INTI hanya membutuhkan tempat yang memadai untuk pemeriksaan kesehatan pendonor.

 

Baca Juga :


Di tempt yang sama, Sekda Lombok Barat, HM.Taufiq menyatakan, sesuai permintaan PMI-INTI, target pendonor 1000 orang sebagian besar akan didatangkan dari Kota Mataram, termasuk anggota INTI yang ada di sana. Namun Skda meminta, pendonor juga harus ada dari Lombok Barat.

“Jangan pendonor total dari Kota Mataram, kita juga punya ASN, OPD, Pol PP, Polri yang siap sebagai pendonor,” harap Sekda.

Rakor yang berjalan sekitar dua jam itu, telah menyimpulkan sejumlah agenda dalam rangka memeriahkan HUT RI 74. Agenda tersebut meliputi, donor darah, 17 Tumpeng, ceramah kebangsaan, Zikir Nusantara, Pranata Adat, Ziarah Makam dan Penyerahan Piagam Tanda Kehormatan dan Lencana bagi ASN Lombok Barat yang mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun. Demikian pula dengan agenda masyarakat seperti, Peresean, tarik tambang, senam dan gerak jalan sehat dan lomba drumb band pelajar.

“Mari kita sukseskan semoga rekor muri seribu pendonor ini bisa dicapai, apalagi INTI sudah punya motto “Lombok Berdonor” kata sekda dihadapan Asisten I, Kasat Pol PP dan sejumlah perwakilan OPD.



 
Pangkat Ali

Pangkat Ali

Save Our Gumi Paer...LOMBOK Lalu Pangkat Ali, kesehariannya sebagai ASN -Pejabat Fungsional Pranata Humas Permkab.Lobar. Tinggal di Desa Kopang-Lombok Tengah. CP & WA: 081907941070. Fb: Fotografer Kopang & Eliza Agniya

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan