logoblog

Cari

Pemprov NTB Menjawab Tantangan Zaman

Pemprov NTB Menjawab Tantangan Zaman

KM. Songak, Zaman semakin cepat berkembang akan diiringi pula dengan semakin menin hi katnya kebutuhan manusia baik kebutuhan sandang pangan dan

Pelayanan Publik

Efoel Avicenna
Oleh Efoel Avicenna
19 Juni, 2019 20:24:29
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 884 Kali

KM. Songak, Zaman semakin cepat berkembang akan diiringi pula dengan semakin menin hi katnya kebutuhan manusia baik kebutuhan sandang pangan dan lain sebagainya. Perkembngan zaman juga akan semakin bnyaknya pola tingkah manusia, kalau hal ini tidak ditanggapi atau bahkan luput dari pengawasan maka bisa akan jadi sebuah ancaman yang serius. Hal-hal semacam ini juga dirasakan oleh masyarakat NTB. 

Berangkat dari itu Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat telah meluncurkan program NTB Care, program ini diperuntukan kepada masyarakat NTB yang ingin membuat pengaduan diberbagai bidang baik Sosial, ekonomi, kesehatan bahkan sampai dengan pengaduan kejadian yang ada diwilayah Nusa Tenggara Barat. Program NTB Care ini berbentuk pengaduan melalui jejaring sosial sehingga pemerintah melalui Dinas Kominfo NTB membuat semacam aplikasi untuk memudahkan masyarakat dalam membuat pengaduan. Aplikasi NTB Care bisa lansung di download di Play Store oleh masyarakat NTB hanya dengan mendaftarkan diri dan membuat akun sendiri lalu akan muncul menu pengaduan. 

Program NTB Care adalah bagian dari ikhtiar pemerintah Provinsi NTB untuk selalu dekat dengan rakyatnya, diharapakan dengan program ini pemerintah Provinsi NTB bisa menyerap aspirasi masyarakat di seluruh wilayah Nusa Tenggara Barat. Menurut bapak Dudut bidang Publikasi Informasi Dinas Kominfo Provinsi Nusa Tenggara Barat, pak Dudut mengungkapkan" NTB Care ini adalah program pemerintah Provinsi NTB yang berbentuk aplikasi yang bisa di download di paly store". Hal ini disampaikan pak Dudut Eko Juliana disela pelatihan peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang dilaksankan dipantai pondok kerakat di Dusun Suka Mulia Desa Pohgading Timur Kecaamatan Pringga Baya Kabupaten Lombok Timur. 

Program ini muncul dari berbagai keluhan masyarkat Nusa Tenggara Barat sehingga pemerintah NTB melalui Dinas Kominfo membuat informasi pengaduan untuk memudahkan masyarakat untuk mengadukan kondisi disekitar wilayah tempat tinggal masing-masing. Aplikasi ini adalah wadah dan solusi untuk menampung segala aduan masyarakat Nusa Tenggara Barat. Masyarakat yang mengadu akan di respon satu kali dua puluh empat jam oleh admin apkikasi ini, lakukan akan diverifikasi keabsana pengaduan baik lokasi maupun jenis apa pengaduannya dan aduan tersebut akan dilanjutkan ke dinas terkait misalnya penhaduan tentang kesehatan maka akan diteruskan lansung oleh admin ke Dinas kesehatan dan begitu juga dengan pengaduan yang lainnya. 

Mengingat Nusa Tenggara Barat memiliki permasalah yang begtu kompleks Sehingga diharapkan melalui program NTB Care bisa menjadi ruang untuk masyarakat mengadukan segala persoalan yang ada. Kemabli menurut Bapak Dudut Pengaduan masyarakat ini akan kami verifikasi keabsahan informasinya, jangan sampai informasi yang diberikan hoax, setelah melalui tahapan verifikasi dan informasi yang diberikan benar maka informasi terssbut dalam 1 kali 24 jam akan ditindaklanjuti ke dinas terkait, kalau sudah disampaikan maka akan diberikan jawaban pada aduan tersebut, kalau misalkan pihak dinas terlambat dalam merespon maka bisa saja aduan tersebut akan lansung sampai ke tangan pimpinan tertinggi di NTB yakni Gubernur NTB.

Dalam acara Peningkatan Kapasitas SDM Kelompok Informasi Masyarakat Pelatihan Pasar Online ini juga para peserta disuguhkan dengan infomasi menarik lainnya, yakni infomasintentang adanya pasar kampung online yang juga diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, melalui Pasar Kampung Online pemerintah NTB berharap kepada para lenggiat usaha kecil menengah (UKM) untuk memasarkan segala produk yang dimilikinya. Karena masyarakat NTB banyak sekali produk-produk unggulan berupa inovasi barupa produk-produk pertanian, obat-obatan alami untuk pertanian, Kopi dan lain sebagainya. Berbagai bentuk invasi inilah yang kemudian akan di akomodir oleh pemerintah provinsi NTB untuk dipasar, pasar online ini juga diperuntukan untuk para pelaku usaha lainnya. 

 

Baca Juga :


Seperti berapa contoh yang diungkapkan Asri slh seorang penggiat wisata yang kesehariannya mengajar jadi guru ini "setelah mengikuti pelatihan Pasar kampung Online saya jadi faham ternyata ketepatan timing (waktu) dalam mempromosikan segala bentuk inovasi maupun produk yang kita sedang geluti". Lebih lanjut Bapak Asri mengatakan "berapa diatara kita memasarkan produk kita hanya melalui kampung media,  dia mencontohkan beberapa Distinasiwisata yang saya pasarkan hanya melalui kampung Media, Asri juga mencontohkan beberapa teman yang lain yang memiliki inovasi baik Kopi Sajang, Kripik, Asa Green kesemuanya hanya melalui kampung media, semoga dengan adanya pasar kmpung online yang digagas oleh pemprov NTB memudahkan kita dalam memasarkan produk kita".

Selanjutnya Kepla Kampung Media Bapak Fairuz Zabidi mengungkapkan "Pasar Kampung Online ini diciptkan untuk memasarkan segala produk unggulan masyarakat NTB, Pasar kampung Online ini akan diluncurkan paling lambat akhir 2020", hadir juga dalam acara ini perwakilan dari Dinas Kominfo Lombok Timur yang saat ini juga sedang menggalakan.

Peningakatan kapasitas SDM Kelompok informasi Masyarakat Pelatihan Pasar Kampung online ini dihari oleh Kominfo NTB sebagai Penyelenggar kegiatan, para penggiat Kpung Media, dinas Kominfo Lombok Timur, dan dari teman-teman KIM.

_Efoel Avicenna



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan