logoblog

Cari

Memanfaatkan Potensi Sumber Daya Generasi Muda Dalam Pemutakhiran Data Profil Desa

Memanfaatkan Potensi Sumber Daya Generasi Muda Dalam Pemutakhiran Data Profil Desa

KIM-BOLO—Pemerintah Desa Rasabou Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat, melakukan Pemutakhiran data Profil Desa dengan memanfaatkan potensi sumber daya

Pelayanan Publik

KIM Bolo
Oleh KIM Bolo
17 Juni, 2019 22:37:23
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 901 Kali

KIM-BOLO—Pemerintah Desa Rasabou Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat, melakukan Pemutakhiran data Profil Desa dengan memanfaatkan potensi sumber daya generasi muda di desa. Pemutakhiran data tersebut untuk mengetahui gambaran menyeluruh tentang karakter desa dan kelurahan yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, prasarana dan sarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa.

            Data Profil Desa dapat dimanfaatkan untuk program pengentasan kemiskinan melalui program pemberdayaan masyarakat. Dalam kondisi problematic yang demikian, Profil Desa yang berisikan data dasar potensi dan perkembangan masyarakat mampu menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, mengapa dan bagaimana. Karena itu, ketersediaan data dasar profil desa dan kelurahan, sudah menjadi kebutuhan seluruh pelaku pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di desa.

“Berbicara program pemulihan, rekonstruksi dan rehabilitasi masyarakat melalui strategi pemberdayaan masyarakat, harus didasarkan atas data yang akurat, terukur, terpercaya dan terkini. Selanjutnya berbicara soal data yang valid, reliable, komprehensif dan integral, secara sistematik profil desa mampu menyedikan secara cepat, tepat, murah, akurat dan terpercaya,” ujar Sekretaris Desa Rasabou Ansari, kepada KIM Bolo, kemarin.

            Kebutuhan akan ketersediaan data dan informasi yang valid dan reliable dalam proses pemerintahan—sangat membantu seluruh institusi pemerintahan—baik di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi maupun pusat. Berbagai kebijakan pemerintahan tidak dapat diformulasi tanpa dukungan data dan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan.

            “Data profil desa nantinya dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM). Disamping sebagai acuan dalam perencanaan dan peluncuran program di daerah,” kata Anshar.

            Di lapangan, ada beberapa kendala yang dihadapi tim kerja saat pengumpulan data warga masyarakat. Yaitu sebagian masyarakat yang tidak mau memberikan data, atau kurang kooperatif dengan petugas pendata, serta sulitnya warga untuk ditemui.

 

Baca Juga :


            “Hal ini mengingat warga masyarakat kami di Rasabou sebagian besar petani, sehingga durasi pengumpulan data sedikit lama,” ujarnya.

            Adapun petugas pemutakhiran data, Pemerintah Desa Rasabou melibatkan Tim Kerja yang terdiri dari unsur Kepala Dusun. Yaitu Dusun LAKABA, KANCOBO LIMBI, KAMASI, INA SANGARI dan Kepala Dusun NGGARO LEMBO.

Kemudian yang menjadi koordinator tim di wilayah masing-masing para kepala dusun. Ketua RT dan RW sebagai penunjuk jalan, anggota BPD sebagai pengawas dan kader di tiap dusun bertugas sebagai pendata. Mereka ini berasal dari generasi muda atau sarjana.

            “Untuk menjamin keakuratan data, kami bekali tim kerja dengan kegiatan pelatihan,” jelas Ansari.(adi)



 
KIM Bolo

KIM Bolo

"Katakan benar apa yang kita lihat meski itu pahit bagi kamu" Nama : Suryadin Alamat : Jl Lintas Sumbawa No.53 Ds Rasabou Kec. Bolo Kab. Bima-NTB. Email : adipradana30@ymail.com Kontak Person: 085-253-323535 Website: www.kimbolo.info

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan