logoblog

Cari

KIP Pengaruhi Kesejahteraan dan Indeks Kebahagiaan Masyarakat

KIP Pengaruhi Kesejahteraan dan Indeks Kebahagiaan Masyarakat

Keterbukaan Informasi Publik (KIP) menjadi sangat penting dalam era digital saat ini khususnya bagi lembaga pemerintahan. Pemerintah harus mampu lebih terbuka

Pelayanan Publik

Lulu walmarjan
Oleh Lulu walmarjan
10 Mei, 2019 12:34:47
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 561 Kali

Keterbukaan Informasi Publik (KIP) menjadi sangat penting dalam era digital saat ini khususnya bagi lembaga pemerintahan. Pemerintah harus mampu lebih terbuka kepada masyarakat dalam menyampaikan informasi terkait badan publiknya.

Dengan adanya keterbukaan ini, maka masyarakat akan bisa mencari tahu atau menggunakan haknya untuk menanyakan informasi yang krusial atau dirasa janggal kepada pemerintah. Sehingga pemerintah tidak bisa macam-macam dan bekerja sesuai dengan ketentuan. 

"Dengan adanya keterbukaan inilah jadi wadah bagi masyarakat untuk mengawasi kinerja pemerintah. Jadi pemerintah istilahnya diingatkan sehingga bekerja sesuai dengan relnya."kata Direktur tata kelola informasi dan kemitraan komunikasi publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Slamatta Sembiring dalam acara dialog interaktif yang mengangkat tema keterbukaan informasi publik untuk indonesia yang lebih baik, di kantor RRI Mataram, Kamis (09/05/19).

Slamatta juga mengatakan, jika undang -undang keterbukaan informasi publik itu dijalankan dengan baik. Maka masyarakat akan bisa sejahtera dan bahagia. "Ada korelasi antara negara yang bagus dalam menjalankan undang-undang keterbukaan informasi tersebut dengan tingkat kesejahteraan yang makin cepat bisa dicapai, bukan hanya kesejahteraan tapi indeks kebahagiaan juga."Imbuhnya. 

Dikesempatan yang sama, ketua Komisi Informasi NTB Hendriadi mengatakan, cara terbaik bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi adalah bisa melalui lisan atau secara prosedural seperti bersurat kepada badan publik yang ingin diketahui informasinya."Jadi masyarakat bisa menempuh dua langkah yakni melalui lisan dan bersurat." Katanya.

 

Baca Juga :


Selain itu, PPID yang menjadi layanan penyedia informasi harus mampu memberikan pelayanan secara cepat, tepat dan jangan di pingpong. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi yang diinginkan dengan baik.

Hendriadi juga mengingatkan masyarakat jangan sampai dengan terbukanya ruang untuk mendapatkan kemudahan informasi. Masyarakat justru menyalahgunakan informasi tersebut. "Jangan sampai dengan terbukanya ruang kita mendapatkan informasi justru kita salah gunakan." Tegasnya. (Luk-tim media).



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan