logoblog

Cari

Dispar Lotim Selenggarakan Diklat Peramuwisata Tanpa Biaya

Dispar Lotim Selenggarakan Diklat Peramuwisata Tanpa Biaya

KM. Sukamulia – Meningkatkan sumber daya manusai dalam bidang pariwisata merupakan bagian dari tugas Dinas Pariwisata. Terkait dengan hal itu, Dinas

Pelayanan Publik

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
25 April, 2019 22:42:39
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 5695 Kali

KM. Sukamulia – Meningkatkan sumber daya manusai dalam bidang pariwisata merupakan bagian dari tugas Dinas Pariwisata. Terkait dengan hal itu, Dinas Pariwisata Lombok Timur bekerjasama dengan Himpunan Paramuwisata Indonesia (DPC HPI Lotim) menyelenggarakan Diklat Pemandu Wisata Alam Kabupaten Lombok Timur. Diklat Pramuwisata ini adalah Diklat Pramuwisata Pertama di Lombok Timur dan tanpa memungut biaya sepeserpun dari seluruh peserta diklat dan bahkan ini adalah Diklat Peramuwisata Tanpa Biaya yang pertama diselenggarakan di NTB. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari (20 – 24 April 2019) di Hotel Green Orry Inn Tete Batu.

Himpunan Peramuwisata Indonesia merupakan organisasi profesi non politik mandiri yang merupakan wadah tunggal pribadi-pribadi yang berprofesi sebagai pramuwisata. Untuk meningkatkan profesionalitas Peramuwisata (Tour Guide) Lombok Timur maka sangat diperlukan kegiatan peningkatan sumber daya manusia pada umumnya dana tau profesionalisme para peramuwisata-nya. Atas dasar itulah, Dispar Lotim yang bekerjasama dengan DPD HPI NTB dan DPC HPI Lotim menyelenggarakan Diklat Pemandu Wisata Alam dengan tujuan untuk menghimpun, mempersatukan dan membina Peramuwisata yang ada di wilayah Lotim agar lebih berdaya dan berhasil bagi kesejahteraan dan kehidupan diabdikan bagi kelestarian pariwisata Indonesia, serta memberikan lesensi bagi para peserta diklat. Bagi setiap peserta diklat yang nantinya dinyatakan lulus dari diklat ini akan diberikan Lencana HPI (Lencana Cebderwasih), Kartu Anggota HPI, Lesensi dan Sertifikat Diklat. Dengan demikian, hanya peserta yang dinyatakan lulus-lah yang dianggap sah sebagai Anggota HPI yang bernaung di DPC HPI Lotim.

Diklat diikuti oleh 47 orang peramu wisata yang terdiri dari  45 orang peramuwisata dari seluruh wilayah Lombok Timur ditambah dua orang peramuwisata yang berasal dari wilayah Lombok Tengah dan Lombok Utara. Peserta diklat ini adalah peramuwisata yang telah mengikuti slesksi Peserta Diklat Peramuwisata Lombok Timur yang diselenggaraka di Kantor Dispar Lotim pada hari Sabtu (13 April 2019) dengan peserta seleksi yang berjumlah 90-an orang.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata Lombok Timur pada hari Sabtu, 20 April 2019 yang didampingi oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah Himpunan Peramuwisata Indonesia Nusa Tenggara Barat (DPD HPI NTB) beserta Ketua DPC HPI Lombok Timur pada pukul 10.09 wita.

Selama 5 hari mengikuti diklat, peserta mendapatkan berbagai materi yang terkait dengan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang peramuwisata yang profesional. Maateri tersebut terdiri dari, a) Kebijakan Pemerintah dalam Mengembangkan Pariwisata Kabupaten Lombok Timur, b) Sustainabel Tourism, c) Etika Profesi Pramuwisata, d) Keorganisasian HPI, e) Speaking and Communication Skill, f) Cross Culture Understanding, g) Hospitality, h) Service Exellent, i) Search and Rescue, j) Keamanan dan Ketertiban, k) Cultural Enrichment in Tourism, l) Technical Guiding, m) Promosi Pariwisata Lombok Timur, n) P3K, o) Geopark, p) Sasak Lore dan pada hari terahir peserta diklat mengikuti ujian praktek dengan trip Rumah Adat Limbungan Desa Perigi dan Desa Wisata Pringgasela.

Selama diklat dilaksanakan, panitia sangat mengutamakan kedisiplinan dan kerapian setiap peserta guna membiasakan mereka berkarakter disiplin dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang peramuwisata yang profesional sebab pekerjaan sebagai peramuwisata sangat memerlukan kedisiplinan dan kerapian. Selain itu, peserta didik unruk membiasakan diri berkarakter sopan dan santun kepada setiap orang sebab pekerjaan sebagai peramuwisata menuntut mereka untuk berlaku sopan dan santun dalam melayani wisatawan yang dipandunya.

 

Baca Juga :


Diklat yang diselenggarakan oleh Dispar Lotim dan DPC HPI Loti mini merupakan Diklat Peramuwisata pertama di Lombok Timur dan merupakan diklat pertama yang disubsida atau dilaksanakan geratis oleh Dinas Pariwisata Lombok Timur dan HPI. Kegiatan ini ditutup oleh Kabid Pengembangan Kapasitas Dispar Lombok yang di damping oleh Dewan Kode Etik yang berasal dari Pengurus DPD HPI NTB dan Pengurus DPC HPI Lotim di Ambungan Desa Masbagik pada hari Rabu, 24 April 2019 pukul 15. 31 Wita.

Sebagai ahir kegiatan ini, panitia menyelenggarakan post tes guna mengetahui tingkat kemampuan setiap peserta selama mengikuti diklat. Post tes diselenggarakan dengan sistem online dimana tim IT DPD HPI NTB membuat tes serupa dengan aplikasi Ujian Nasinal Berbasis Komputer (UNBK). Setiap peserta mengikuti post tes dalam waktu yang telah ditetapkan dengan menggunakan handpone androit yang mereka miliki. Setelah selesai menjawab soal yang disediakan oleh Tim IT DPD HPI NTB, peserta dapat secara langsung melihat skor nilai yang mereka peroleh.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, Dispar dan DPD HPI NTB serta DPC HPI Lotim berharap supaya pada masa mendatang di Lombok Timur terdapat Pramuwisata yang profesional dalam memberikan service excellent kepada setiap wisatawan yang berkunjung ke pulau Lombok pada khusunya dan Nusa Tenggara Barat pada umumnya.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan