logoblog

Cari

Diskoperindag KSB Pantau Harga Sembako Jelang Ramadhan

Diskoperindag KSB Pantau Harga Sembako Jelang Ramadhan

Sumbawa Barat. Kampung Media - Berdasarkan hasil pemantauan harga beberapa kebutuhan pokok di Pasar Rakyat, Toko pengecer dan Toko barang strategis

Pelayanan Publik

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
18 April, 2019 14:17:47
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 2244 Kali

Sumbawa Barat. Kampung Media - Berdasarkan hasil pemantauan harga beberapa kebutuhan pokok di Pasar Rakyat, Toko pengecer dan Toko barang strategis lainnya periode minggu ke-I bulan April 2019 oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumbawa Barat, terjadi perubahan harga yang signifikan pada harga Bawang Merah, dimana harga tersebut sebelumnya berkisar di harga Rp35 ribu naik menjadi Rp40 ribu.

Kenaikan harga Bawang Merah tersebut dikarenakan langkanya Bawang Merah sementara permintaan naik pada bulan menjelang Ramadhan. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan melalui Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri, Iswanto, S.E., saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (18/4/2019).

“Kenaikan harga bawang merah ini dikarenakan penjual eceran membeli di distributor dengan harga tinggi juga. Kami hanya bisa menegur dan tidak bisa memaksa harga tersebut turun.” Kata Iswanto.

Beberapa barang juga didatangkan dari luar KSB, kata Iswanto, sehingga tidak menutup kemungkinan harganya akan naik ketika sampai di KSB. Pemerintah Daerah melalui Diskoperindag akan terus memantau harga dan ketersediaan barang Sembako hingga menjelang masuknya bulan Ramadhan.

Selain Tomat dan Bawang Merah, harga sembilan bahan pokok lainnya masih normal, seperti harga Beras kualitas Premium berbagai merek masih berkisar di harga Rp11.000 – 12.000/kg. Harga ini masih di bawah HET beras sesuai dengan Permendag Nomor 57/M-DAG/PER/5/2017 tentang harga eceran tertinggi beras premium wilayah Bali dan Nusa Tenggara Barat sebesar Rp12.000/kg. Untuk Beras kualitas Medium saat ini sudah tidak beredar lagi.

 

Baca Juga :


Sementara Gula Pasir pada toko modern untuk dua minggu terakhir ini masih di harga Rp12.500/kg, minyak goreng di toko modern berkisar Rp15.000 – Rp16.000, sementara harga rata-rata Minyak Goreng di pasar tradisional Rp9.000/600 ml.

Bawang Putih masih stabil di harga Rp38.333/kg, Tomat di harga Rp10.000, Cabe Merah Keriting juga stabil di harga Rp21.667/kg sementara Cabe Rawit juga stabil di harga Rp34.333/kg. Cabai Merah Rp30.000/kg, sedangkan Daging Sapi juga masih stabil di harga Rp120.000/kg, Ayam Boiler juga masih sama dengan harga Rp45.000/kg.

“Kami akan terus memantau perkembangan harga dan memastikan ketersediaan sembako sehingga dalam menyambut bulan Ramadhan masyarakat KSB tidak kekurangan sembako.” Tutup Iswanto. (Feryal/tifa)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan