logoblog

Cari

Kita Harus Lebih Mengenal Geopark Tambora

Kita Harus Lebih Mengenal Geopark Tambora

Keberadaan Geopark Tambora, menjadi kebangaan yang wajib dijaga dan dikenal tetang sejarahnya. Geopark Tambora bukan hanya menjadi milik Dompu, Bima, Sumbawa,

Pelayanan Publik

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
10 April, 2019 06:11:08
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 3026 Kali

Keberadaan Geopark Tambora, menjadi kebangaan yang wajib dijaga dan dikenal tetang sejarahnya. Geopark Tambora bukan hanya menjadi milik Dompu, Bima, Sumbawa, NTB, tapi juga milik Indonesia dan Dunia.

"Kita yang asli mendiami pulau Sumbawa banyak yang tidak tau dan mengenal tentang Tambora," kata Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah saat Membuka Festival Geopark Tambora I di Museum Asi Mbojo, Selasa (9/4).

Padahal keberadaan Geopark Tambora merupakan wilayah taman bumi kebanggaan dunia yang sudah sering dibicarakan orang diluar NTB bahkan dunia, karena kedahsatan letusan dan keindahan panoramanya.

"Saya 5 tahun di Skotlandia Inggris, mereka punya tempat khusus di Vernes yang menyimpan semua benda dan cerita tentang Tambora. Waktu saya kesana tempatnya masih sepi dan terpencil. Tapi apresiasi mereka terhadap Tambora luar biasa," cerita Doktor Zul.

Masyarakat di Skotlandia Inggris, lebih mengetahui dan paham tentang Tambora. Terdapat catatan kejadian, replika tentang meletusnya gunung Tambora. Negara Eropa sangat mengagumi Gunung Tambora, karena Tambora lah yang mengubah wajah Eropa dan Dunia.

Kegiatan Festival Tambora merupakan langkah awal dan besar kita agar mengetahui dan mengenal tentang Tambora. Kegiatan ini bukan hanya sebuah Festival tapi esensinya yang perlu kita maknai.

Sebagai masyarakat Bima, Sumbawa dan Lombok wajib mengetahui tentang sejarah Tambora. Jangan sampai orang lain lebih tau tentang Tambora.

 

Baca Juga :


"Festival ini adalah langkah pertama buat kita semua untuk memancing kita melakukan langkah besar, mengenal dan menjadikan Unesco Tambora Geopark," harap Zulkieflimansyah.

l

Sementara itu, Kepala Bappeda NTB Ir. Ridwan Syah mengatakan bahwa hari ini merupakan louncing Festival Pesona Tambora. Yang berlangsung sejak Selasa 9/4 hingga Kamis 12/4 yang puncak acaranya di wilayah Gunung Tambora.

Rangkian kegiatan Pada pada hari pertama, Selasa (9/4) ada Geofair yang berisi pameran produk, lomba mewarnai anak Paud dan Seminar Nasional tentang Peluang Geopark Tambora Tingkatkan Ekonomi Kreatif masyatakat.

"Pembicaranya antara lain salahsatunya Yongmun Jeon, managing Geotaurism In Geopark Study Jeju Unesco Global Geopark, asal Korea Selatan, dan pembicara lainnya," kata Ridwansyah.

Gubernur NTB didampingi Kepala Bappeda NTB Ir. Ridwan Syah, Bupati Bima Hj. Indah Damayanti dan Wakil Bupati Dahlan M. Noor, Bupati Dompu H. Bambang dan Walikota Bima HM. Lutfi, memukul gong menandai pembukaan Tambora Geopark Festival di Museum Asi Mbojo, Bima. (Edy-Tim Media)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan