logoblog

Cari

Aktualisasi Budaya Kerja Pelayanan Publik

Aktualisasi Budaya Kerja Pelayanan Publik

Denpasar_Hari ketiga kegiatan Diklat dengan nara sumber Ni Made Riani SE,MM,AK dengan materi Aktualisasi Budaya Kerja Pelayanan Publik Berbasisi Nilai

Pelayanan Publik

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
10 April, 2019 19:23:00
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 3876 Kali

Denpasar_Hari ketiga kegiatan Diklat dengan nara sumber Ni Made Riani SE,MM,AK dengan materi Aktualisasi Budaya Kerja Pelayanan Publik Berbasisi Nilai Revolusi Mental dan Nilai Agama di Bali Diklat Keagamaan Denpasar Bali, Rabu 10/04/2019.

Ada lima (5) Budaya Kerja Kementerian Agama yang pertama Integritas adalah keselarasan hati, pikiran dan perbuatan baik dan benar, kedua Profesionalitas adalah bekerja didiplin ,Kompeten,Tepat Waktu dengan hasil terbaik, ketiga Inovasi adalah meyempurnakan yang sudah ada dan mengkreasikan hasil baru yang lebih baik,ke empat Tanggung jawab adalah bekerja secara tuntas dan konskwen dan yang ke lima Keteladanan adalah menjadi contoh yag baik bagi orang lain.

Keberhasilan dari pelaksanaan gerakan revolusi mental dapat dilihat dari mental Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai penyelenggara pemerintahan,dengan melakukan perubahan mental para ASN, pemerintah dapat berfokus pada peningkatan kualitas pelayanan publik untuk masyarakat dan juga merubah mental masyarakat ke arah yang lebih baik,perubahan yang diinginkan adalah berupa birokrasi pemerintahan yang lebih fokus memberi pelayanan berkualitas kepada masyarakat, mengerti harapan rakyat, dan bebas dari unsur KKN.

 

Baca Juga :


Dengan perubahan revolusi mental pada ASN, diharapkan para ASN dapat berkinerja lebih baik, sehingga terdapat peningkatan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran kegiatan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Perubahan harus dilakukan secara menyeluruh dan dilakukan secara sadar sehingga menghasilkan komitmen untuk melayani masyarakat dengan cepat oleh seluruh jajaran pemerintah. Tolak ukur pelayanan tersebut dilihat dari kecepatan pelayanan, mengejar ketertinggalan, serta dapat mengadopsi hal-hal baru sesuai perkembangan zaman. Salah satu upaya pemerintah untuk melakukan percepatan pelayanan publik adalah melalui Gerakan Revolusi Mental, dimana salah satu programnya adalah Gerakan Indonesia Melayani (GIM).

GIM menjadi alas sekaligus semangat bagi jajaran pemerintahan untuk fokus pada penciptaan budaya pada lingkungan Aparatur Sipil Negara. Begitu juga program lainnya yakni Gerakan Indonesia Bersih, Tertib, Mandiri, dan Bersatu ditujukan untuk menciptakan perubahan budaya di masyarakat.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan