logoblog

Cari

Ahli THT Malaysia Siap Mengembalikan Pendengaran Taufik

Ahli THT Malaysia Siap Mengembalikan Pendengaran Taufik

Kisah Taufik bocah penyandang disabilitas asal desa Senaru kabupaten Lombok timur, yang menyelamatkan Warga Malaysia, yang terjebak longsor di air terjun

Pelayanan Publik

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
29 Maret, 2019 21:11:57
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 4624 Kali

Kisah Taufik bocah penyandang disabilitas asal desa Senaru kabupaten Lombok timur, yang menyelamatkan Warga Malaysia, yang terjebak longsor di air terjun Tiu Kelep saat gempa, Minggu (17/3) yang lalu, menarik perhatian Prof. Dato ’Dr. Lokman Saim, salahsatu ahli specialis Manajemen Mikrotia dan Atresia Kanal Telinga dari Malaysia.

“Kisah heroic adik Taufik ini saya dengar dari teman di Malaysia, menurut informasi memiliki masalah dengan pendengaran dan tidak memiliki daun telinga. Penyandang disabilitas tuna rungu dan tuna wicara,” jelas  Prof. Dato ’Dr. Lokman Saim

Keberanian Taufik meski ditengah keterbatasan inilah, yang mendapat apresiasi dan penghargaan yang begitu tinggi dari warga Malaysia dan khususnya Pemerintah Kerajaan Malaysia. Taufik wajib dibantu, karena sudah menyelamatkan wisatawan Malaysia yang terjebak longsor, keluar dari lokasi air terjun

“ Taufik menderita mikrotia atau pengecilan atau pengerutan telinga. Saya tertarik untuk datang ke Lombok melihat Taufik, ini bidang saya dan siap membantu untuk mengembalikan pendengarannya,” jelasnya saat kunjungan dan memberikan Kuliah Utama Kuliah Perdana Manajemen Mikrotia dan Atresia Kanal Telinga kepada dokter Rumas Sakit Umum Provinsi (RSUP) NTB.

Menurut Wakil Rektor dan Dekan Fakultas Kedokteran Akademi Kesehatan Universitas KPJ Malaysia ini, dari hasil paparan tim dokter Provinsi RSUP NTB dan hasil scan yang dijalani dalam serangkian proses pemeriksaan di Poli THT (telinga hidung tenggorokan) dan Poli Anak, yang dilami Taufik merupakan penyakit langka.

“ Taufik menderita mikrotia atau pengecilan atau pengerutan telinga. Insya Allah berasama dengan tim  dokter THT di Lombok akan bisa ditangani bersama, setelah pendengaran pulih, taufik harus belajar bertutur, seperti bayi baru belajar berbicara,” ucap Prof yang sudah melakukan operasi THT beberapa negara di Asia.

Sementara itu, Direktur RSUP NTB Dr.Lalu Hamzi Fikri, menyampaikan bahwa gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,8 mengguncang Pulau Lombok beberapa Minggu yang lalu memberikan inspirasi dan berkah untuk kemajuan SDM RSUP dan masa depan Taufik.

“ Kisah dan Kasus Taufik ini memberikan inspirasi dan kembali mengeratkan hubungan kita dengan Malaysia, dampaknya luar biasa untuk kemajuan daerah kita, termasuk tukar ilmu pengetahuan dalam bidang kedokteran,” kata Dr.Lalu Hamzi Fikri

 

Baca Juga :


Mengenai operasi telinga Taufik, akan dikerjakan di RSUP NTB. Ini kesempatan untuk meningkatkan SDM dan Ilmu dibidang kedokteran THT. “Bagaimana upaya kita bersama Prof. Dato ’Dr. Lokman Saim,  memberikan yang terbaik bagi Taufik,” katanya.

Untuk biaya operasi Taufik, memerlukan dana yang besar, namu akan diupayakan dari berbagai sumber.  Proses operasi kasus Taufik membutuhkan ketelitian tinggi dan menggunakan teknologi yang canggih. “Biaya itu urusan kedua bagi kita, yang utama Taufik berhasil mendengar,” ucapnya di depan PERHATI (Asosiasi Spesialis THT Indonesia) NTB.

Sebelumnya, pihak RSUD Provinsi NTB menggelar kuliah tamu. Dengan mendatangkan ahli THT Prof. Dato ’Dr. Lokman Saim. Untuk transfer ilmu pengetahuan dan skill. Hadir pada kuliah tamu tersebut Dokter THT, dokter umum, dan dokter muda.

Kedatangan Wakil Rektor dan Dekan Fakultas Kedokteran Akademi Kesehatan Universitas KPJ ini bersama dengan salahsatu organisasi social dan kemanusian terbesar di Malaysia, Syahrir Azfar bin Saleh Koordinator Organisasi Global Peace Mission Malaysia. (Edy-Tim Media).


 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan