logoblog

Cari

Dinas Kominfo Siap Dukung Pasar Kampung Online

Dinas Kominfo Siap Dukung Pasar Kampung Online

Untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se Kabupaten Sumbawa, Diskominfotik NTB menyelenggaran Pelatihan Pasar Kampung Online,

Pelayanan Publik

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
27 Maret, 2019 17:28:55
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 3179 Kali

Untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se Kabupaten Sumbawa, Diskominfotik NTB menyelenggaran Pelatihan Pasar Kampung Online, Rabu (27/3) di Aula kantor camat Unter Iwes.

Pelatihan KIM merupakan kerjasama Dinas Kominfotik Provinsi dan Dinas Kominfo Kabupaten/kota untuk pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai peluang ekonomi.

Kepala seksi (Kasi) Kelembagaan Bidang IKP Diskominfotik NTB Drs. I Dewa Ngurah Sarjana, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan inisiasi untuk terus mengembangkan kampung media bergerak dibidang peningkatan ekonomi.

"Dulu kampung media mendorong budaya bertutur menjadi menulis, kini menulis terus dikembangkan untuk berjualan online di kampung media," kata I Dewa didepan Kasi Publikasi Diskominfotik NTB Ida Ayu Kartini Tiyasa dan anggota KIM.

Tahun 2019, ada pelatihan literasi media untuk siswa-siswa SMA. "Memberikan pemahaman dan mengajak siswa-siswi tentang pemanfaatan IT dan bijak bermedia sosial," jelas Dewa.

Sementara itu, Kabid IKP  Kabupaten Sumbawa Suparman, SE, mendukung kegiatan pelatihan peningkatan KIM untuk peningkatan prospek usaha masyarakat.

"Kami sudah mendatangi dan menyambangi desa-desa dan anak muda punya potensi dan terbiasa memanfaatkan TIK sebagai media publikasi informasi di desanya atau usaha di desa," kata Suparman.

Ada 157 desa  di Kabupaten Sumbawa. Telah terbentuk 37 KIM di desa. "Kami akan terus mendorong pembentukan KIM di desa lain, sehingga keberadaannya sebagai penyampai informasi dan pemberdayaan usaha ekonomi masyarakat terus berjalan,"jelasnya.

 

Baca Juga :


Sekertaris Kecamatan (Sekcam) Unter Iwes Widodo, menyambut baik kegiatan pelatihan pasar kampung online di kecamatannya.

Menurutnya, Anggota KIM paling tidak harus memahami TIK. "Keberadaan KIM menjadi media yang mempublikasi informasi," harap Widodo.

Muhammad Akasha Hafiz, S. Ap. Sekdes Uma Beringin dan Anggota KIM Beringin Jaya sebagai narasumber membagi cerita pengalamannnya tentang membentuk KIM dan pasar online.

KIM Desa Uma Beringin sudah terbentuk sejak tahun 2015, namun aktif tahun 2017. Telah menggagarkan dalam APBDes untuk KIM. 

"Keberadaan KIM kami sediakan sekretariatnya, kamera dan kamera video untuk mempublikasikan informasi desa dan potensi ekonomi, pariwisata maupun budaya di desa," ungkap Hafiz.

Kami membentuk tim yang bergerak pada penjuakan pasar online di KIM Desa. Keuntungan berbisnia online lebih murah. tidak memakan tempat dan hemat waktu.

"Kami memanfaatkan sarana media online sebagai media jual online virtual. Misalnya menjual kopi dan snack asli sumbawa di Website, Blogger, Facebook, instagram, contoh di bukalapak, lazada dan lain-lain," kata Hafiz.

Pesan Hafiz, Membangun usaha bukanlah langkah yang bisa dilakukan dengan sekejap. Ini tentang memiliki ide hebat dan mewujudkannya dengan integritas dan konsistensi. (Edy-Tim Media)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan