logoblog

Cari

Festival Bau Nyale, Tingkatkan Pariwisata NTB

Festival Bau Nyale, Tingkatkan Pariwisata NTB

Festival Bau Nyale merupakan salah satu event tahunan yang dihelat untuk mendongkrak kunjungan wisata ke Lombok dan Provinsi NTB pada umumnya.

Pelayanan Publik

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
26 Februari, 2019 17:20:18
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 4250 Kali

Festival Bau Nyale merupakan salah satu event tahunan yang dihelat untuk mendongkrak kunjungan wisata ke Lombok dan Provinsi NTB pada umumnya.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah saat menghadiri malam puncak acara Festival Bau Nyale 2019 di Kuta Mandalika Lombok Tengah, Minggu (24/2/2019).

"Acara ini  untuk mendorong pariwisata NTB. Kita sadari bahwa pariwisata di NTB ini memiliki kemajuan dengan dijadikannya even Bau Nyale ini sebagai even nasional oleh Kementerian Pariwisata," ungkap Wakil Gubernur.

Wakil Gubernur juga mengungkapkan bahwa selain mengikuti  tradisi masyarakat dapat mengambil hikmah dari even Bau Nyale ini.

"Mudah-mudahan pada even ini kita bisa mengambil hikmahnya, kita tahu ada inspirasi dalam cerita tersebut karena dalam cerita nyale tersebut ada pengorbanan seorang putri untuk menjaga kondusifitas keamanan sebuah bangsa," kata Ummi Rohmi.

Ummi Rohmi lebih lanjut menjelaskan bahwa even-even pariwisata seperti ini bukan hanya even seremonial semata, namun even ini berdampak pada perekonomian di NTB.

"Dari segi perekonomian, banyak sekali wisatawan yang datang, sehingga merangsang perkembangan UKM kita, di setiap even pariwisata pastinya disitu ada UKM yang berdiri," kata Ummi Rohmi.

 

Baca Juga :


Sementara itu, Staf Ahli Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti yang juga hadir pada acara tersebut menjelaskan bahwa Kementerian Pariwisata sangat mendukung acara Festival Bau Nyale.

"Awal tahun 2019, NTB telah melaunching Kalender event untuk kegiatan, ini harus kita manfaatkan untuk menarik minat wisatawan di NTB,"jelas Esthy Reko Astuti

Wakil Bupati Lombok Tengah, H. Lalu Fathul Bahri mengakui dampak even pariwisata sangat membantu perekonomian di Lombok Tengah selama lima tahun ini.

"PAD kita dulu sekitar 35 milyar namun sekarang mencapai 200 milyar dan APBD kita 900 milyar sekarang di posisi 2,2 triliun," ungkap Wabup Loteng.

Pada malam puncak acara Festival Bau Nyale 2019 di Kuta Mandalika, dirangkai dengan pemilihan Putri Mandalika 2019 yang dihadiri oleh OPD Lingkup Pemprov NTB dan Pemda Kabupaten Lombok Tengah. (Edy-Tim Media Diskominfotik NTB)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan