logoblog

Cari

Kerjasama Kembalikan Semangat Masyarakat

Kerjasama Kembalikan Semangat Masyarakat

Upaya mempercepat penanggulangan bencana gempa bumi di Provinsi NTB , Kepala Badan Nasioanal Penanggulangan Bencana (BNPB) RI memimpin rapat koordinasi di

Pelayanan Publik

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
30 Januari, 2019 20:50:08
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 5389 Kali

Upaya mempercepat penanggulangan bencana gempa bumi di Provinsi NTB , Kepala Badan Nasioanal Penanggulangan Bencana (BNPB) RI memimpin rapat koordinasi di ruang rapat utama kantor Gubernur NTB, Rabu (30/1)

Kepala BNPB Letjen Doni Monardo mengajak TNI/Polri, Pemerintah Provinsi, daerah, perbankan, pengusaha dan para fasilitator untuk serius dalam percepatan penanganan bencana gempa bumi di NTB, sesuai dengan terget.

“Rakyat kita sudah susah akibat dampak gempa bumi, maka jangan lagi ditambah beban mereka karena kesulitan dalam membangun hunian yang layak bagi mereka,kita kembalikan keadaan mereka seperti awal sebelum gempa,”ajak Doni Monardo.

Didampingi Gubernur Zulkieflimansyah, Wagub Sitti Rohmi Djalillah  dan Sekda Rosyadi Sayueti, Mantan Danjen Kopasus ini mengingatkan, semua permasalah dilapangan dapat diselesaikan dengan saling koordinasi antara pihak yang terlibat dalam rekonstruksi dan rehabilitasi percepatan pembangunan huntap.

Kerahkan segala daya dan upaya untuk membantu masyarakat. Permasalahan pencairan dana untuk pembangunan berbagai tipe rumah akan difokuskan pada satu tempat sehingga Pokmas dan fasilitator dapat cepat menyelesaikan pencairan dana.

Semua pihak terlibat, bangun kerjasama dan sinergi yang baik di semua komponen. Kerjakan dengan baik sesuai prosedur yang akuntabel dan tranparan, sehingga masyarakat merasakan kembali seperti kehidupannya sebelum gempa bumi.

“Kita bekerja dengan baik dan jujur dengan memperhatikan prosedur yang transparan dan akuntabitas, sehingga secara admnistrasi dapat dipertanggungjawabkan, demi masyarakat dan kita juga,” kata Kepala BNPB.

 

Baca Juga :


Setelah percepatan dalam penanganan pembanguna rumah huniat tetap untuk masyarakat, pemerintah akan memaksimalkan penanganan pemulihan dibidang ekonomi. “Usai pembangunan rumah ini, kita focus pemulihan ekonomi,” jelas Letjen Doni Monardo.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur NTB, Doktor Zul menyampaikan bahwa kebutuhan untuk pembangunan rumah dengan berbagai tipe ini dapat memanfaatkan pengusaha lokal dan suku cadang yang ada di NTB. Kotaraja Lombok Timur merupakan sentral usaha.

Untuk  ketersediaan pelengkap RISHA, seperti baut dan mur, gubernur berharap pengusaha lokal dapat mengusahakan membuatnya. “Pemberdayaan pengusaha lokal juga perlu dilakukan, sehingga kebutuhan seperti ini dapat dibeli didaerah kita sendiri,”kata Gubernur.

Sebelumnya, Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, memaparkan kondisi terkini kemajuan penanganan rehab rekon pasca gempa bumi NTB. Danrem menjelaskan pembangunan jenis rumah tahan gempa, teknis pencairan dan penaganan oleh fasiliator dalam percepatan rekon dan rehab pasca gempa.

Rapat ini juga dihadiri perwakilan Kementerian PUPR, BPKP Perwakilan NTB, Forum Komunikasi Pimpina Daerah (Forkopimda) yang terdiri dari Kapolda NTB, Kejati NTB, kepala OPD, Bupati/Walikota, Pengusaha, replikator, fasilitator dan perwakilan Pokmas. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan