logoblog

Cari

Fasilitator Pendamping Mulai Bekerja

Fasilitator Pendamping Mulai Bekerja

Kepala Badan Nasioanal Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Doni Monardo berharap, kehadiran fasilitator harus dapat memberikan solusi guna membantu masyarakat dalam membuat

Pelayanan Publik

Suparman
Oleh Suparman
30 Januari, 2019 15:14:41
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 3451 Kali

Kepala Badan Nasioanal Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Doni Monardo berharap, kehadiran fasilitator harus dapat memberikan solusi guna membantu masyarakat dalam membuat administrasi. Fasilitator juga diharapkan dapat mendampingi seluruh proses yang dilakukan oleh kelompok Masyarakat  (Pokmas) dalam percepatan rekonstruksi rumah rusak berat. Sehingga masyarakat dapat memperoleh kembali hunian yang layak seperti sedia kala.

"Saya berharap pada upacara pelepasan dan pemberangkatan fasilitator ini, akan memperlancar dan mempercepat rekonstruksi rumah rusak berat paska gempa. Dengan demikian, kondisi kehidupan masyarakat NTB yang terdampak gempa, dapat kembali seperti semula," ungkapnya pada upacara pelepasan fasilitator di halaman kantor gubernur NTB, Mataram (30/1).

Ia menjelaskan, data-data yang berhasil dihimpun sebagai berikut, untuk fasilitator rusak ringan dan sedang berjumlah 1500 orang yang telah diterjunkan pada 12 Januari lalu, yang terdiri dari unsur TNI Polri dan masyarakat. Adapun yang rusak berat, rekrutmen pertama dari kementrian PUPR sejumlah 766 orang, rekrutmen dari kementrian PUPR juga berjumlah 523 personil yang telah mengikuti pelatihan sebanyak 360 orang. Selanjutnya fasilitator dari unsur TNI yakni Babinsa sebanyak 500 orang dan yang telah mengikuti pelatihan sebanyak 105 prajurit. Kemudian fasilitator dari unsur Polri sejumlah 500 orang dan yang telah mengikuti pelatihan atau bimbingan teknis sebanyak 105 personil. 

Dengan demikian, jumlah fasilitator secara keseluruhan untuk rumah rusak berat sejumlah yang 2.280 personil. Yang telah mengikuti pelatihan sebanyak 1.360 personil.

"Pada awal Februari mendatang, kami berharap semua fasilitator sudah siap membantu masyarakat," harapnya.

Dengan demikian, dari total fasilitator yang sudah digelar sebanyak 2836 orang dan akan mencapai 3789 orang. Tentunya, dengan jumlah akan ada tambahan dari unsur TNI yang memiliki kualifikasi di bidang konstruksi.

 

Baca Juga :


"Dan kita harapkan, prosesnya tidak terlalu lama. Kami juga berharap kepada gubernur untuk mengajukan kebutuhan tersebut," harapnya.

Sehingga jumlah keseluruhan fasilitator rumah rusak berat sebanyak 4.789 orang. Fasilitator yang terjun hendaknya dapat bekerja sama, saling mendukung, saling berkoordinasi dan tentunya harus memperhatikan tata krama serta kearifan lokal masyarakat. 

Upaya-upaya yang dilakukan juga harus  mengajak masyarakat untuk mempersiapkan serta ikut terlibat dalam proses rekontruksi dan rehabilitas rumah korban gempa. Segala fasilitas yang siapkan oleh pemerintah segera di realisasikan
lagi.

Dalam hal ini, fasilitator diharapkan profesional dalam menjalankan tugasnya selama dilapangan, supaya target yang ditargetkan oleh pemerintah tepat waktu. (Man)



 
Suparman

Suparman

nama Suparman, biasa di panggil Man. lahir di desa O,o Kec. Dompu, Kab. Dompu pada Tanggal 12 Februari 1992. anak pertama dari enam saudara. saya lahir dari pasangan Bapak A. Talib dengan Ny. Uniriyah. No HP 085337689025

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan