logoblog

Cari

Dunia Usaha, Aktor Penuntasan Pengganguran

Dunia Usaha, Aktor Penuntasan Pengganguran

Sekarang ini perekonomian dunia adalah ekonomi yang terbuka. Hal itu berlaku nasional juga di daerah. Kalau dalam system ekonomi terbuka, aktor utamanya

Pelayanan Publik

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
23 Januari, 2019 16:23:26
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 1326 Kali

Sekarang ini perekonomian dunia adalah ekonomi yang terbuka. Hal itu berlaku nasional juga di daerah. Kalau dalam system ekonomi terbuka, aktor utamanya bukan pemerintah, tapi dunia usaha. Setiap perekomian itu permasalahan utamanya ada dua, pertama adalah masalah pengangguran dan masalah kemiskinan.

Sehingga, menurut Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah,  tidak mungkin pengangguran itu teratasi dan angka kemiskinan dapat diturunkan siapapun pemimpinnya, kalau tidak ada dunia usahanya. “Sesungguhnya dunia usahalah yang berperan dalam menuntaskan penggangguran dan menurunkan angka kemiskinan,” pesan Doktor Zul.

Jadi Gubernur, Kepala Dinas, Bupati adalah aparat yang bertugas membantu melayani rakyat. “Kami digaji , dikasih upah bukan sebagai raja dan bukan sebagi penguasa,tetapi karena mau dan rela menjadi pesuruh masyarakat,” tegas Gubernur.

Sebaliknya, karena posisi pengusaha atau dunia usaha dalam perannya mengatasi pengangguran dalam menyediakan lapangan kerja dan lainnya, maka tugas pemerintah adalah dengan speak and carrier.

“Kami cuma ingatkan dunia usaha, kami siapkan karpet merah untuk datang ke daerah kami, sebagai Gubernur memastikan dunia usaha harus nyaman, hangat tidak boleh ada masalah, diterima dengan baik oleh masyarakat,” ungkap Doktor Zul, didepan pihak ITDC memelalui Direktur Utama Berry dan Direktur Operasional Ngurah Wirawan.

Oleh karena itu, dengan keadaan aman dan nyaman ini, dunia usaha jangan melupakan masyarakat disekitar. Jangan sampai masyarakat yang ada disekitar dunia usaha itu menjadi penonton di tanahnya sendiri.

 

Baca Juga :


Ini yang menjadi hal penting bagi pemerintah sebagai pelayan masyarakat, untuk menfasilitasi agar relasi masayarakat dan dunia usaha baik, masayarakat kita berdaya dunia usaha tumbuh berkembang dan untung sehingga menjadi ekosistem yang mendukung satu sama lain.

Pemerintah dan dunia usaha harus sinergi menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di Kawasan Ekonomi Khusu (KEK) Mandalika ini. “Apa yang bisa direspon oleh ITDC dan apa yang mampu Pemda lakukan agar semuanya dalam keadaan baik,” ungkap Gubernur saat Jumpa Bang Zul dan Ummi Rohmi, Jum’at (18/1)  di desa Kuta Mandalika Lombok Tengah, didepan kepala OPD, lingkup Pemprov. NTB, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Agama dan masayarakat lingkar kawasan Mandalika.

Jumpa Bang Jul dan Ummi Rohmi merupakan bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat dalam mendengarkan setiap permasalahan untuk dijadikan kebijakan yang berpihak terhadap masyakat untuk mengatasi permasalahan demi kesejahteraan masayarakat. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan