logoblog

Cari

NTB Care Garda Terdepan Pelayanan Publik

NTB Care Garda Terdepan Pelayanan Publik

Program aplikasi NTB Care merupakan program pengaduan masyarakat dalam jaringan (Daring) yang menjadi mata telinga dan tangan Pemerintah Daerah di NTB

Pelayanan Publik

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
15 Januari, 2019 19:43:31
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 2873 Kali

Program aplikasi NTB Care merupakan program pengaduan masyarakat dalam jaringan (Daring) yang menjadi mata telinga dan tangan Pemerintah Daerah di NTB untuk menangkap, memahami dan merespon pengaduan masyarakat kepada Pemerintah secara langsung, tanpa melalui prosedur protokoler yang dapat menghemat waktu.

Setelah launcing pada bulan September tahun 2018 lalu, dengan berbagai proses sosialiasi diberbagai OPD lingkup Pemerintah Provinsi NTB  dan di Kabupaten/Kota, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik sebagai admin system Program aplikasi NTB Care kembali melaksanakan sosialisasi dan pelatihan NTB CARE untuk  admin agency instansi vertikal yang ada di NTB.

Kepala Dinas Kominfotik Tribudi Prayitno, saat membuka sosialisasi dan pelatihan menyampaikan bahwa program ini merupakan percepatan untuk mendukung program Gubernur Zulkieflimansah dan Wakil Gubernur Sitti Rohmi dalam mensukseskan NTB Gemilang.

Pimpinan Daerah ingin selalu hadir di tengah masyarakat. Kepedulian terhadap persoalan yang terdapat di masyarakat begitu besar. Gubernur dan Wakil Gubernur menginginkan tidak ada batas antara pemerintah dengan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan pengaduan.

“Karena keterbatasan waktu untuk menyampaikan pengaduan atau keluh kesal persoalan dimasyarakat di program Bang Jul dan Ummi Rohmi, maka NTB Care ini menjawab kegelisahan tersebut,” jelas Tribudi Prayitno.

Program ini unggul dalam menyelesaikan persoalan di masyarakat dengan siap dan cepat. Pengaduan masyarakat akan admin langsung proses dan sampaikan ke OPD terkait sehingga dapat cepat di proses dan ditangani.

NTB Care sedang dalam tahapan terintegrasi dengan program LAPOR. Pengaduan masyarakat secara otomatis akan masuk juga pada program LAPOR yang ada pada pengaduan pemerintah pusat yang terintegrasi dengan pemerintah daerah.

Semua pertanyaan,  keluhan atau pengaduan masyarakat tidak semua mampu dijawab oleh Pemrov. NTB,  karena ada juga kewenangan OPD, pemerintah daerah dan Instansi Vertikal yang akan menjawab sesuai tupoksi yang ditanyakan masyarakat pada program aplikasi NTB Care.

“Ketika ada pengaduan masyarakat terkait dengan pertanyaan yang berkaitan dengan kewenangan daerah atau instansi vertikal, maka akan diteruskan ke admin OPD, Pemerintah Daerah atau Instansi Vertikal,” ujarnya.

 

Baca Juga :


Harapan Kadis Kominfotik, sosialisasi dan pelatihan NTB Care untuk  admin Agency dan Instansi Vertikal untuk melatih SDM di Lembaga atau Instansi terkait membantu pemerintah menjawab pertanyaan dan pengaduan masyarakat.

Sementara Sekertaris Dinas Kominfotik, Fairuz Abadi, menjelaskan bahwa NTB Care menjawab kegelisahan masyarakat. Tentang berbagai pemasalahan di masyarakat. Sehingga masyarakat dapat mengadu lewat NTB Care.

“Pemerintah jangan tinggal diam, setiap pengaduan masyarakat wajib dijawab baik oleh pemerintah daerah maupun instansi vertikal,” kata Fairuz

Gubernur NTB, memerintahkan Dinas Kominfotik untuk mengundang Instansi Vertikal yang ada di NTB untuk ikut membatu Pemrov menjawab pertanyaan berkaitan dengan kewenangan OPD atau Instansi.

Kabupaten/Kota sudah menandatangani MOU untuk ikut dalam penanganan NTB Care. “Saat ini tugas kita bersama sebagai wakil pelayanan publik memberikan jawaban kepada masyarakat,” ajak Sekdis Kominfotik Selasa (15/1) di gedung Graha Bakti kantor Gubernur NTB.

Usai sambutan dan pembukaan sosialisasi dan pelatihan NTB Care untuk  admin agency instansi Vertikal, tim dari Dinas Kominfotik yang dipimpin Yasrul, memberikan bimbingan Teknik mengenai program NTB Care. (Edy).



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan