logoblog

Cari

Keterbukaan Informasi Dekatkan Pemerintah Dengan Masyarakat

Keterbukaan Informasi Dekatkan Pemerintah Dengan Masyarakat

Keterbukaan Informasi menjadi kebutuhan di era sekarang ini. Badan Publik harus maksimal mendorong pelayanan kebutuhan informasi bagi masyarakat yang membutuhkan informasi.

Pelayanan Publik

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
28 November, 2018 17:31:09
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 3077 Kali

Keterbukaan Informasi menjadi kebutuhan di era sekarang ini. Badan Publik harus maksimal mendorong pelayanan kebutuhan informasi bagi masyarakat yang membutuhkan informasi. Sehingga masyarakat semakin percaya dengan pemerintah maupun badan public lainnya.

Demikian pesan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. Zulkieflimansyah saat membuka Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang dihelat Komisi Informasi Provinsi Nusa Tenggara Barat, untuk menilai kinerja pelayanan Badan Publik Pemerintah Kabupaten/ Kota, Instansi Vertikal dan Partai Politik di NTB, Rabu (29/11) di Hotel Lombok Raya.

“Saya mengapresiasi kerja keras KI Provinsi NTB dalam mendorong keterbukaan public untuk melayani masyarakat dalam mendapatkan informasi dan menghadirkan keterbukaan informasi publik di NTB,” jelas Gubernur.

Komisi Informasi menjadi Lembaga pemerintah yang dibutuhkan daerah. Pemerintah harus lebih terbuka di dalam melayani masyarakat. Dari hal ini menjadi parameter mengukur kinerja Pemerintah. Keterbukaan Informasi membuat kita lebih dekat dengan masyarakat, sehingga masyarakat lebih percaya pada pemerintah.

“Pemerintah harus lebih maksimal dalam melayani masyarakat, mudah-mudahan dengan kerja keras kita, NTB gemilang dapat diraih masa mendatang," harap pria yang diakrab dipanggil Doktor Zul ini.

Sedangkan menurut ketua KI NTB Hendriadi, SE., ME bahwa tahun 2018 ini Tingkat partisipasi badan public minim. Ini terbukti dengan rendahnya badan public yang mengikuti proses evaluasi. “Badan publik di NTB masih setengah hati dalam menjalankan Keterbukaan Informasi Publik. Hal ini tercermin dari tingkat partisipasi, nilai dan kualifikasinya.

 

Baca Juga :


Sesuai dengan harapan dan keingina Gubernur dalam sambutannya, Hendriadi berharap tingkat partisipasi badan publik ditahun 2019 semakin baik dalam melayani masyarakat dengan menyediakan kebutuhan informasi bagi masyarakat NTB.

Tahun 2018 ini Ajang Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik ini, melombakan empat kategori, yakni kategori Badan Publik Kabupaten/Kota, kategori Instansi Vertikal, kategori Badan Publik OPD dan kategori Partai Politik .(Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan