logoblog

Cari

Tutup Iklan

Edukasi Kampanye di Sosial Media.

 Edukasi Kampanye di Sosial Media.

Untuk memberikan edukasi atau pendampingan tentang pemanfaatan ruang publik di media sosial, Dinas Kominfotik Provinsi NTB mengkampanyekan lewat INews TV. Mewakili

Pelayanan Publik

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
04 Oktober, 2018 07:08:55
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 2091 Kali

Untuk memberikan edukasi atau pendampingan tentang pemanfaatan ruang publik di media sosial, Dinas Kominfotik Provinsi NTB mengkampanyekan lewat INews TV.

Mewakili Kepala Dinas Kominfotik Tribudi Prayitno, Sekretaris Dinas Fairuz Abadi menjadi narasumber pada program Bincang INews TV Mataram,  Rabu ( 03/10/2018).

Bagaimana upaya pemerintah dalam hal ini Diskominfotik Provinsi NTB mengawasi penyebaran informasi di Medsos saat Pemilu 2019, yang dipandu pembawa acara Dev Nuriadi.

Menurut Fairuz Abadi, Kebebasan masyarakat berpendapat atupun berekpresi diruang-ruang publik telah di lindungi oleh undang-undang.  "Kebebasan masyarakat dalam menyampaikan pendapat diruang publik termasuk media sosial telah diatur oleh undang-undang, Jadi tidak ada satu orangpun yang boleh membatasinya," jelas Sekdis Kominfotik.

Kebebasan menyampaikan pendapat, ekpresinya, gagasan, inovasi telah diatur oleh undang-undang. Namun bila kebebasan berpendapat diruang publik ini mengganggu atau menyangkut ranah yang mengganggu, menyebar informasi kebohongan, fitnah telah di atur oleh UU ITE nomor 11 tahun 2018.

Maka peran Pemerintah dalam hal ini Dinas Kominfotik memberikan edukasi, literasi atau pendampingan dalam memberikan informasi kepada publik khususnya di NTB tentang pemanfaatan TIK untuk menyampaikan informasi produktif.

Bagaimana caranya kita mengetahui, mencari atau mendengarkan informasi tentang calon-calon perwakilan Legislatif atau calon Presiden. "Itu tatacara kita untuk mencari dan menyerapnya, sehingga mempermudah tata cara kita memahaminya, siapa orangnya, rekam jejam, rekam digitalnya, inikan mudah sekali didapatkan diera digitalisasi sekarang ini, " jelas Fairuz.

Kita harus mencari sumber-sumber informasi yang layak dipercaya. Media sosial itu ruang yang sangat bebas. "Ada juga di media sosial yang mempunyai akun resmi. Misalnya KPU NTB, Bawaslu NTB, Partai-partai, nah disinilah tempat kita mencari informasi terkait hal-hal calon-calon legislatif, calon presiden dan programnya," katanya.

Akun resmi yang dimaksud dalam konteks pemilu adalah akun yang telah daftarkan di KPU sehingga, disinilah kita bisa melihat calon legislatif, anggota tim sukses kampanye atau informasi lainnya.

 

Baca Juga :


Informasi yang terkait hal tersebut juga bisa dilihat di sumber-sumber informasi yang jelas, sehingga masyarakat perlu jeli dan cerdas memahami tentang sumber informasi tersebut. " Saya yakin masyarakat kita sudah paham tentang hal tersebut," ungkap Abu Macel.

Langkah yang ditempuh Dinas Kominfotik NTB dalam menyebarluaskan pemanfaatan media sosial, bekejasama dengan KPU, Bawaslu, Diskominfo Kabupaten/kota, jejaring, penggiat sosial media,  komunitas kelompok informasi masyarakat dan relawan informasi untuk terus meliterasi masyarakat bijak dalam Media Sosial.

Kita harus mengawal Pemilu ini, karena ini peristiwa damai, menyenangkan.  Kawal bersama untuk menemukan pemimpin yang baik. Tata cara pemerintah memberikan literasi, edukasi dan pendampingan dengan agenda secara berkala.

Peredaran informasi hoax makin banyak beredar di media sosial. Untuk itu kita kawal. "Hoax ibarat bisul dalam tubuh, maka seluruh anggota tubuh yang lain akan merasakan sakitnya. Hoax secara kuantitatif sedikit, namun efeknya luas. 

Banyak masyarakat  yang menyebarkan informasi atau konten positif dibanding penyebar hoax. Karena konsentrasi masyarakat dialihkan pada saat waktu yang tepat sehingga informasi itu merampas ruang-ruang publik.

Masyarakat perlu kembali melihat dan mengecek tingkat kebenaran sebuah informasi. Cek dan ricek kembali semua informasi yang ada di ruang publik seperti di media sosial maupun media lainnya. ( Edy-Tim Media Diskominfotik NTB)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan