logoblog

Cari

Tutup Iklan

PUPR Laksanakan Pendataan Akibat Gempa di Sukamulia

PUPR Laksanakan Pendataan Akibat Gempa di Sukamulia

KM. Sukamulia – Senin (24 September 2018), petugas dari PUPR Kabupaten Lombok Timur dan Provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan pendataan korban

Pelayanan Publik

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
24 September, 2018 23:25:07
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 1445 Kali

KM. Sukamulia – Senin (24 September 2018), petugas dari PUPR Kabupaten Lombok Timur dan Provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan pendataan korban gempa di sekitaran RT. 16 Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamtan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Pendataan tersebut dilaksanakan guna menindaklanjuti data yang telah dikirimkan oleh petugas pendataan dari Desa Pohgading Timur.

Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu kecamatan terdampak gempa. Bangunan sekolah, masjid, perkantoran dan perumahan warga Kecamatan Pringgabaya mulai mengalami kerusakan setelah diguncang gempa 7.0 SR yang terjadi pada tanggal 5 Agustus. Guncangan gempa yang terjadi bakda isa itu banyak menyebabkan kerusakan di wilayah Kecamatan Pringgabaya, terutama di Desa Batuyang, Desa Pringgabaya, Desa Labuhan Lombok, Desa Pohgading Induk dan Desa Pohgading Timur.

Di Desa Pohgading Timur, kerusakan terparah dialami oleh masyarakat Dusun Sukamulia dan Dusun Gegurun. Di RT 16 Dusun Sukamulia, terdapat 11 rumah warga yang mengalami rusak berat dan puluhan rumah mengalami rusak sedang dan ringan akibat gempa 7.0 SR itu. Satu hari setelah terjadinya gempa 7.0 SR pertama, Pemerintah Desa Pohgading Timur melakukan pendataan bangunan rumah warga yang mengalami kerusakan. Hasil pendataan itu dikirim ke pihak terkait (PUPR) dan data itulah yang ditindaklanjuti oleh PUPR Kabupaten Lotim sehingga petugas dari dinas tersebut melakukan pendataan lanjutan pada hari ini (Senin, 24 September 2018).

Dua orang Petugas dari PUPR yang ditugaskan untuk mendata rumah warga RT. 16 Dusun Sukamulia yang mengalami kerusakan mulai melakukan pendataan sejak pukul 14.00 wita hingga pukul 17.00 wita. Petugas dari PUPR Kabupaten Lombok Timur itu didampingi oleh Ketua RT 16 Dusun Sukamulia beserta dua orang Kader Posyandu yang ditugaskan untuk mengumpulkan photocopy KTP dan KK warga yang rumahnya dikategorikan rusak, baik rusak ringan, rusak sedang ataupun rusak parah.

Berdasarkan keterangan yang kami dapatkan dari petugas pendataan tersebut, hasil pendataan yang dilaksanakannya ini akan dijadikan acuan untuk pendistribusian bantuan pembangunan atau perbaikan rumah warga terdampak gempa. Jumlah atau bentuk bantuan yang akan diberikan juga akan disesuaikan dengan kondisi kerusakan yang ditemukan dan dimasukkan pada format pendataan yang diisi oleh petugas. Jika kondisinya rusak berat maka atau bangunan rumahnya roboh maka si pemilik akan diberikan bantuan dana pembangunan rumah yang disesuaikan dengan aturan yang berlaku, demikian juga dengan yang lainnya.

 

Baca Juga :


Kami juga mendapatkan informasi bahwa kerusakan yang didata adalah kerusakan yang terdapat pada bangunan utama, sedangkan kerusakan yang terjadi di luar bangunan utama atau terpisah dari bangunan utama tidak dimasikkan. Misalnya, tembok suteran (pagar halaman), jading atau dapur yang berada di luar bangunan utama mengalami kerusakan maka itu tidak termasuk dalam pendataan.

Semoga saja warga terdampak gempa yang rumah/tempat tinggalnya mengalami rusak total atau rusak berat segera mendapatkan bantuan pembuatan atau perbaikan banguna tempat tinggal sebagaimana yang dijanjikan oleh Presiden RI dalam beberapa kali kunjungannya ke Lombok pada beberapa waktu lalu. Semoga semua proses penyaluran bantuan tersebut berjalan dengan lancar dan secepatnya sehingga di musim hujan mendatang, warga terdampak gempa yang kediamannya rusak total/berat sudah memiliki tempat berteduh dari hujan.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan