logoblog

Cari

Tutup Iklan

Aksi Tanggap Cepat Kepala Kantor Kemenag Kota Bima

Aksi Tanggap Cepat Kepala Kantor Kemenag Kota Bima

Mataram, KM_Prosesi pemulangan Jama’ah Haji Indonesia tahun 1439 H/2018 M asal Embarkasi Lombok (LOP) Kelompok Terbang (kloter) 8 dari Bandara Internasional

Pelayanan Publik

Nurrosyidah Yusuf
Oleh Nurrosyidah Yusuf
13 September, 2018 19:04:50
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 986 Kali

Mataram, KM_Prosesi pemulangan Jama’ah Haji Indonesia tahun 1439 H/2018 M asal Embarkasi Lombok (LOP) Kelompok Terbang (kloter) 8 dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah menuju Bandara Internasional Lombok (BIL). Jumlah Jama’ah Haji kloter 8 sebanyak 449 orang. Sesuai jadwal, kloter 8 tiba di BIL pada Ahad, 09/09/2018 pukul 04.30 wita.  

Dari BIL, seluruh Jama’ah Haji Embarkasi Lombok diharuskan ke Asrama Haji Kota  Mataram karena ada prosesi yang harus diiikuti. Begitupun halnya dengan Jama’ah Haji kloter 8 yang terdiri dari Jama’ah Haji asal Kota Bima utuh, sebagian Jama’ah Haji asal Kabupaten Dompu dan sebagian Jama’ah Haji asal Kabupaten Sumbawa.   

H. Amrin Anshari, SH, salah satu panitia dan merupakan staf Siskohat Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bima menjelaskan, Jama’ah Haji asal Kota Bima dipulangkan menuju Bandara Sultan Muhammad Salahuddin terbagi ke dalam 4 flight (penerbangan). Untuk flight 1 dan 2 diterbangkan pada Ahad, 09/09/2018, dan untuk flight 3 dan 4 diterbangkan pada Senin, 10/09/2018.       

Saat tiba di Asrama Haji Mataram, terjadi insiden yang menimbulkan kepanikan seluruh panitia haji kloter 8. Amrin memberikan kesaksian bahwa ada Jama’ah Haji yang diduga menghilang. Akan tetapi, berkat Kepala Kantor Kemenag Kota Bima semua berjalan lancar.      

Jadwal penerbangan pertama sungguh sangat riskan. Waktu yang mepet memaksa kami sebagai panitia agar tidak mengizinkan Jama’ah Haji masuk kamar untuk sekedar beristirahat atau menyiapkan diri. Karena hal tersebut terlalu berisiko”, ujar Amrin.    

Apalagi penerbangan dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah ke Bandara Internasional Lombok selama 11 jam. Jama’ah Haji dipastikan mengalami kelelahan sehingga panitia merasa khawatir.    

Ada kekhawatiran, Jama’ah Haji yang sudah sangat letih pasti langsung tertidur pulas. Sedangkan pukul 08.00 wita harus sudah didorong menuju BIL. Panitia mengabsen satu per satu adalah strategi terakhir untuk memastikan jika Jama’ah Haji tidak ada yang tertinggal”, lanjut Amrin.   

 

Baca Juga :


Meski demikian, Jama’ah Haji telah berada di atas bis, kekhawatiran panitia benar-benar terjadi. Masih ada 3 orang Jama’ah Haji yang belum menaiki bis. Alhasil, rombongan terpaksa belum bisa diberangkatkan menuju BIL, padahal waktu sudah melebihi jadwal.    

Waktu sudah menunjukkan pukul 8 lewat, rombongan belum bisa diberangkatkan karena ada 3 orang yang belum menaiki bis. Semua panitia pun panik dan berhamburan menggedor tiap kamar di Asrama Haji Mataram. Hasil masih nihil. Sedangkan jadwal penerbangan harus tepat waktu. Dengan sangat terpaksa dan sudah putus asa karena waktu penerbangan yang terus mendesak, seluruh panitia memutuskan Jama’ah Haji yang bersangkutan ditinggalkan saja”, Amrin memberikan kesaksian.     

Tiba-tiba tampak dari kejauhan, Kepala Kantor Kemenag Kota Bima, Drs. H.A.Munir, sedang menenteng tas Jama’ah Haji yang tidak mampu ditemukan panitia. “Alhamdulillah, Kepala Kantor sangat luar biasa. Beliau berhasil menemukan Jama’ah Haji yang tak mampu kami temukan.  Apalagi Kepala Kantor justru yang membawakan tasnya. Proses keberangkatan pun lengkap dan lancar. Tidak hanya menunggu, tidak hanya memberi perintah dan berpangku tangan. Kepala Kantor terjun langsung dengan mencari sendiri di antara hiruk-pikuk pemulangan Jama’ah Haji”, Amrin menjelaskan sembari terharu dan bangga.     

Kepala Kantor Kemenag Kota Bima saat ini yakni Drs. H.A. Munir. Dilantik sebagai Kepala Kantor Kemenag Kota Bima pada Selasa, 29/08/2017 lalu di Aula Lantai 4 Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi NTB di Kota Mataram. Sebelum diangkat sebagai Kepala Kantor Kemenag Kota Bima, Drs. H.A. Munir sebelumnya menjabat Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kota Bima.  (NR)



 
Nurrosyidah Yusuf

Nurrosyidah Yusuf

Nurrosyidah Yusuf. Alamat: Jl. Seruni No.14 Lingkungan Saleko Kel. Sarae Kec. RasanaE Barat Kota Bima NTB. Email: rosyinurosyidah@yahoo.com. Facebook: Rosyi Nur Rosyidah. Twitter: @RoseNurrosyidah

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan