logoblog

Cari

Kominfo Sediakan Akses Wifi di Pengungsian Gempa

Kominfo Sediakan Akses Wifi di Pengungsian Gempa

Untuk mendukung kebutuhan komunikasi data dan Internet bagi warga dan dukungan pemulihan paska bencana Gempa bumi dengan kekuatan 6,4 SR yang

Pelayanan Publik

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
01 Agustus, 2018 16:58:45
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 7769 Kali

Untuk mendukung kebutuhan komunikasi data dan Internet bagi warga dan dukungan pemulihan paska bencana Gempa bumi dengan kekuatan 6,4 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Bali dan Sumbawa yang terjadi pada Minggu (29/07/2018) di Lombok, Kementerian Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) menempatkan 4 (empat) terminal VSAT (Very Small Aperture Terminal)   pada lokasi Terdampak.

Hal tersebut  disampaikan dan dilaporkan oleh Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Tribudi Prayitno kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi  NTB, Ir. H. Rosiady Husaenie Sayuti, M.Sc, P.hD.

Menurut Kepala Dinas Kominfotik  Provinsi NTB Tribudi Prayitno, bahwa  pasca Gempa bumi dengan kekuatan 6,4 SR yang mengguncang wilayah Lombok Timur dan Lombok Utara yang mengakibatkan berbagai infrastruktur  seperti bangunan rumah, sekolah, kantor dan bahkan sarana pendukung telekomunikasi rusak dan tidak berfungsi.

Tidak terkecuali, sarana dan infrastruktur telekomunikasi seperti BTS Operator Selular tidak bisa berfungsi akibat mengalami kerusakan. Hal tersebut diperparah dengan putusnya jaringan listrik PLN sehingga BTS Telekomunikasi Selular tidak dapat beroperasi.

“Kami bersama rombongan tim sudah melihat langsung keadaan di lokasi dampak Gempa Bumi Lombok Timur dan Lombok Utara, sarana dan infrastruktur komunikasi menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat dan pihat yang masuk ke lokasi untuk penanganan bencana,” kata Kadis Kominfo NTB.

 

Baca Juga :


Dinas Kominfotik NTB berkoordinasi dengan Kementerian Kominfo melalui BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika) menempatkan 4 (empat) terminal VSAT (Very Small Aperture Terminal). Dua terminal ditempatkan di Lombok Timur, tepatnya di Posko pengungsian korban bencana gempa bumi di Kantor Desa Madayin, Sambelia, Lombok Timur, NTB. Sementara dua unit terminal ditempatkan di Lombok Utara.

“Kebutuhan Informasi dengan sarana telekomunikasi yang dapat beroperasi tentunya sangat dibutuhkan di lokasi terdampak bencana gempa bumi. Masyarakat dapat melaporkan langsung dampak gempa, penanganan, lokasi terparah dan bantuan apa tang dibutuhkan atau sekedar mengabarkan keadaan dan kondisi kepada keluarganya di daerah lain,  kalau tersedia sarana telekomunikasi,” jelas Tribudi Prayitno.

Kebutuhan komunikasi pascagempa bumi memerlukan perhatian dan penanganan secara khusus, mengingat ada potensi perubahan pola komunikasi dan kebutuhan peningkatan kapasitas pada area-area tertentu yang menjadi titik kumpul warga atau pengungsi serta kebutuhan komunikasi untuk kelancaran penanganan dan pemulihan pascagempa bumi. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan