logoblog

Cari

Tutup Iklan

Tembakau Merubah Ekonomi Masyarakat Rensing Bat

Tembakau Merubah Ekonomi Masyarakat Rensing Bat

KM-RENSING BAT_Tembakau bagi Masyarakat Desa Rensing Bat bagaikan urat nadi, Kanapa tidak, sudah puluhan tahun Masyarakat Desa Rensing Bat bergelut menanam

Pelayanan Publik

KM Rensing Bat
Oleh KM Rensing Bat
23 Juni, 2018 20:50:49
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 1258 Kali

KM-RENSING BAT_Tembakau bagi Masyarakat Desa Rensing Bat bagaikan urat nadi, Kanapa tidak, sudah puluhan tahun Masyarakat Desa Rensing Bat bergelut menanam tembakau untuk mendapatkan uang untuk kebutuhan hidup baik kebutuhan hidup sekala besar maupun kecil. seakan tidak bisa di hilangkan dari kehidupan di setiap tahunnya.

Sebagai contoh, Banyak masyarakat Rensing Bat yang secara signifikan derajat Ekonominya meningkat dengan sebab menanam tembakau. Tidak di nafikan lagi, ketelatenan dalam menanam dan memperoduksi tembakau yang berkualitas bagi masyarakat Desa Rensing bat sudah tidak bisa di ragukan lagi. Pembanngunan diri dalam peningkatan ekonomi dengan bermodalkan hasil dari produksi tembakau sudah menjadi lumrah dan pemandangan lazim bagi Masyarakat Desa Rensing Bat.

Pembangunan Rumah permanen oleh sebagaian besar masyarakat petani Rensing Bat misalnya, semua dari hasil penjualan tembakau, Pembanguanan Masjid juga tak lepas dari sumbangan masyarakat dengan cara urunan di setiap tahunnya. Panitia pembangunan Masjid membuat sistem Kelas untuk pembangunan masjid yang sebelumnya di setujui lewat musyawarah masyarakat. Besar Jatah Setiap kepala keluarga tergantung dari penghasilan yang di dapat.

“Harga tembakau kering yang melonjak membuat masyarakat Desa Rensing Bat tidak mau berubah dari tembakau ke tanaman lain, selain padi tembakaulah harapan satu-satunya yang dapat merubah dan dapat memenuhi keinginan saat ingin memiliki sesuatu,” seperti yang di ceritakan salah satu warga asal Dusun Lepok yang tak ingin namanya di sebut saat di temui di rumahnya sore kemarin.

Banyak masyarakat Deswa Rensing Bat di sebabkan hasil dari penjualan tembakau bisa menunaikan ibadah haji, dari peninjauan di masyarakat desa, 80 % masyarakat desa Rensing Bat menunaikan ibadah haji ke Tanah suci makkah buah hasil dari penjualan temakau, sedikit saja masyarakat yang bisa naik haji dari hasil pekerjaan lainnya, termasuk masyarakat yang merantau ke luar negeri.

 

Baca Juga :


Harga tembakau kering di tahun 2017 lalu mencapai Rp. 3.800.000 perkuintal membuat hati petani lain tergiur untuk banyak-banyak menenam tembakau.Lahan penenaman tembakau di Desa Rensing Bat dari tahun-ketahun selalu mengalami peningkatan, petani bukan saja menanam di areal perkebunan desa, melainkan menanam di luar desa dengan cara menyewa lahan ber hektar-hektar. Seperti yang dilakukan H.Gapur asal dusun Lepok, Tahun 2017 kemarin, H.Gapur menanam 2 hektar lebih, sedangkan untuk tahun ini hampir 3 hektar, seperti ceritanya saat bincang-bincang sore bersamanya di sawahnya sore kemarin.

Antusias masyarakat petani Rensing bat dalam menanam tembakau sudah tidak di ragukan lagi, semua sawah di desa Rensing Bat ketika masuk musim tembakau akan penuh tak tersisa, semua isinya adalah tembakau. (a_m)



 
KM Rensing Bat

KM Rensing Bat

Desa Rensing Bat berbatasan dengan Kabupaten lombok tengah yang merupakan desa paling barat di Kecamatan Sakra Barat setelah Desa Sukarara dan Desa Rensing.Kepala Desa MUHAMMAD HILMI, SE HP.081803647953, IBRAHIM ARIFIN HP.087763052575 (penulis)

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan