logoblog

Cari

Baznas KSB Targetkan Dana Zakat Lebih Banyak Dari Tahun Lalu.

Baznas KSB Targetkan Dana Zakat Lebih Banyak Dari Tahun Lalu.

DISKOMINFO - Rutinitas yang dilaksanakan pada bulan ramadan berupa pengumpulan zakat fitrah yang dilaksanakan oleh Badan Amil Zakat Naisional (BAZNAS) Kabupaten

Pelayanan Publik

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
03 Juni, 2018 16:54:24
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 3655 Kali

DISKOMINFO - Rutinitas yang dilaksanakan pada bulan ramadan berupa pengumpulan zakat fitrah yang dilaksanakan oleh Badan Amil Zakat Naisional (BAZNAS) Kabupaten Sumbawa Barat tahun 2018 membutuhkan kerja keras, pasalnya BAZNAS  menargetkan hasil dari pengumpulan dana zakat sebesar 400 juta di tahun ini. Jumlah tersebut tentunya lebih tinggi dibandingkan tahun 2017 yang lalu. Dana zakat yang akan dikumpul tersebut berasal dari berbagai pihak tak lepas juga ASN lingkup Pemda KSB. 

"Dana yang ditargetkan tersebut akan dibagikan kepada 1659 orang yang berhak menerimanya, jumlah tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah penerima zakat pada tahun 2017 lalu, karena angka kemiskinan di KSB pada tahun ini menurun." Ungkap Ja'far Yusuf selaku Ketua BAZNAS KSB diruangan kerjanya, Sabtu (2/5).

Dengan berkurangnya angka kemiskinan tersebut, lanjut Ja'far, tentunya bantuan yang akan di berikan oleh BAZNAS sendiri akan lebih ringan dari tahun sebelumnya, sehingga dana zakat yang yang terkumpul juga akan digunakan untuk bantuan kemanusiaan lainnya, seperti pembiayaan berobat lanjut (rujukan). Selain itu BAZNAS juga mempunyai kerjasama dengan dinas sosial, dimana BAZNAS juga memberikan bantuan kepada orang-orang terlantar, dan para musafir.

Zakat Fitrah yang akan diterima oleh fakir miskin tahun ini adalah sebesar Rp100 ribu dan beras sebanyak 10Kg perorang, namun angka tersebut bisa berubah  sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

 

Baca Juga :


Adapun kendala yang di hadapi oleh pihak BAZNAS terkait dengan jumlah zakat  pada tahun ini adalah jumlah target zakat yang meningkat, sementara sumber dana zakat yang minim, hal ini membuat BAZNAS harus bekerja ekstra. “ yang  menjadi kendala pada tahun ini di bandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya adalah penigkatan target yang begitu besar yang semulanya sebanyak Rp200 juta meningkat menjadi Rp400 juta, mungkin kalau Rp300 juta masih bisa dicapai, tapi semoga ini dimudahkan” ujar Ustd Jafar. Pihak BAZNAS, dalam menyukseskan target tersebut telah bekerja sama dengan berbagai pihak.

Sesuatu yang menarik dari BAZNAS KSB adalah kecepatan pelayanan terhadap masyarakat, seperti pencairan dana untuk pasien rujukan secara langsung ketika data diterima.
Selain itu pada tahun ini pihak BAZNAS akan membagikan bantuan menjelang lebaran yang akan diberikan kepada 175 penerima dengan jumlah sama seperti jumlah penerima zakat fitrah, namun ada beberapa tambahan berupa sembako yang di harapkan dapat membantu masyarakat-masyarat yang kurang mampu dari segi ekonomi. Kominfo Sumbawa Barat/Feryal/tifa



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan