logoblog

Cari

Tutup Iklan

Sinergi Bangun Data Sektoral Antar Dinas Kominfo

Sinergi Bangun Data Sektoral Antar Dinas Kominfo

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Nusa Tenggara

Pelayanan Publik

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
27 Mei, 2018 00:16:07
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 2210 Kali

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB ) untuk diskusi dan study banding terkait pengelolaan data sektoral, Rabu (23/5) di ruang rapat Kepala Dinas Kominfotik NTB.

Kepala Diskominfotik Provinsi NTB Tri Budiprayitno menerima langsung kunjungan kerja dari Kepala Bidang (Kabid) persandian dan statistic, 2 orang kepala seksi (Kasi) dan 2 orang staf  programmer bidang persandian dan statistic Diskominfo Kota Mataram, di ruang rapat Kadis Kominfotik NTB.

Dalam kesempatan tersebut, Kadis Kominfotik NTB Tri Budiprayitno mengapresiasi kunjungan kerja dari Dinas Kominfo Kota Mataram.  Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi dan diskusi tentang bagaimana penanganan data sektoral yang dilakukan oleh Dinas Kominfotik NTB

“Kegiatan ini merupakan silaturahmi , sekaligus kita berdiskusi, tukar pendapat dan saling membagi ilmu terkait pengelolaan data sektoral di NTB, kebetulan Dinas Kominfotik Provinsi sudah duluan bekerjasama dengan BPS terkait satu data,” jelas Kadis.

Dalam diskusi tersebut kadis menjelaskan, bahwa selama ini penanganan data oles bidang statistic di dinas Kominfo masih bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB. Sejauh ini kami sudah membuat beberapa buku tentang statistic bidang ekonomi, social, sumber daya alam dan statistic sektoral 2017.

“Kami mempunyai forum data, dimana setiap bulan kami diskusi dan rapat dengan OPD untuk menggali dan meminta data. Hal ini dilakukan agar data tersebut bisa tetap diperbaharui. Kami juga mempunyai layanan websait terkait ruang diskusi mengenai data,” ujar Tri Budiprayitno saat menjelaskan di forum tersebut.

Dinas Kominfotik NTB sudah membuat MOU dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB tentang kerjasama untuk membangun satu data. Mulai dari pengumpulan data, pengolahan data sampai tersajinya data untuk kebutuhan public.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Persandian dan Statistik Diskominfo Kota Mataram  Andi Kurniawan,  bahwa kedatangannya ke Dinas Kominfotik NTB dalam rangka untuk menggali informasi tentang tata kelola satu data yang sudah dilakukan oleh Dinas Kominfotik NTB.

Kami ingin belajar sudah sejauh mana tindak lanjut pengolaha data statistic sektoral. Kami ingin mengadopsi langkah-langkah yang ditempuh dan aturan-aturan yang dibuat serta kegiatan apa yang sudah dilakukan bidang Statistik Provinsi di Diskominfotik NTB.

 

Baca Juga :


Termasuk kami akan menggali dan belajar Media atau produk yang telah dibuat.  “Kami ingin mereplikasi dan mencontohi untuk diterapkan di Diskominfo Kota Mataram,  bentuk data digital dalam websait , aplikasi, data manual seperti buku-buku,” ungkap Kurniawan.

Kemudian lanjut nya “Kami  ingin menggaIi informasi  tentang mekanisme pengolahan data di disini, mendapat masukan karena dalam tahun ini kami sedang merancang pembangunan system jaringan penyajian informasi data statistic,” ujar Andi Kurniawan Kabid Persandian dan Statistik.

Sehingga kedepan harapannya dalam pengolahan satu data pemerintah kabupaten/kota dan provinsi  diberikan pengelolaan data sektoral sepenuhnya oleh BPS Provinsi NTB. Bahkan kami berkeinginan data sektoral nanti kita yang memproduksi.

Kurniawan juga menjelaskan bahwa, di Diskominfo kota Mataram targetnya agar input data, penyajian data sektoral  bisa terkelola secara efektif dan maksimal dan tersyncronkan, sehingga memasukan data bisa realtime dan terupdate. Tidak seperti saat ini Data sektoral itu bersifat series tahunan periodenya.

Periode penyajian data bisa perkecil, misalnya per 6 bulan atau 3 bulanan, atau sebulan bahkan setiap hari. Data-data yang mana bisa realtime, mana data yang periodik  dapat di realis atau input pertriwulan, persemester atau tahunan tergantung kesediaan  datanya.

“Disamping untuk mendapatkan informarmasi,  kami juga ingin menjalin komunikasi  dengan Diskominfotik Provinsi sehingga kedepan dapat  bekerjasama yang lebih intens dengan kami di Diskominfo Kota Mataram. Terkait dengan keikutsertaan dalam Forum Data, Bimtek, Sosialisasi, workshop dan sebagainya, kita Diskominfo Kota Mataram bisa terlibat walaupun itu kegiatan Provinsi, walaupun sebagai peserta peninjau atau peserta aktif.

Jadi informasi atau ilmu yang dibagi oleh BPS bisa juga kami peroleh. Kami di Diskominfo Kota Mataram masih keterbatasan SDM, jadi perlu peningkatan pemahaman atau kualitas SDM terkait pengelolaan data sektoral tadi. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan