logoblog

Cari

Tutup Iklan

Inovasi Data Kependudukan Akuntabel.

Inovasi Data Kependudukan Akuntabel.

Sumbawa Barat-Kominfo. Tugas pelayanan terhadap masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tentunya selalu ingin dilaksanakan dengan maksimal. Hal tersebut membuat Pemerintah KSB

Pelayanan Publik

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
09 Mei, 2018 02:21:42
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 1938 Kali

Sumbawa Barat-Kominfo. Tugas pelayanan terhadap masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tentunya selalu ingin dilaksanakan dengan maksimal. Hal tersebut membuat Pemerintah KSB melalui Dinas DUK CAPIL bertekad untuk menggali ide-ide yang memunculkan berbagai innovasi dalam upaya penyediaan data Kependudukan yang akuntable. Dalam rangka mewujudkan tekad tersebut DUK CAPIL melakukan  pembersihan data anomali dan data ganda, dengan melakukan perekaman baru atau pun pencatatan sipil bagi yang lahir hidup dan mati pada umur 0-18 tahun, serta perekaman pada umur 16 dan 17 tahun. Ini dilakukan agar data yang akan dirilis nantinya oleh DUK CAPIL menjadi tepat dan berkualitas.

Hal tersebut diungkapkan  oleh Kepala Dinas Duk Capil KSB, Ibrahim, S.Sos, MM saat memimpin rapat Penyusunan Profil Buku Kependudukan di ruangnya, Selasa (8/5). Ia juga mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari keadaan realita data kependudukan yang masih doble dan masih kurang. 
Dalam hal ini DUK CAPIL melibatkan tiga SKPD yang bergerak dan berkecimpung dalam bidang data yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika dan Bappeda KSB.

"Kegiatan ini memang kelihatan sangat sederhana, namun sulit dalam pelaksanaannya. Saya berharap kepada kita semua agar melaksanakan apa yang menjadi rencana kita sebagai tugas yang harus kita selesaikan. Ini adalah tanggung jawab kita, karena data-data yang ada saat ini masih terdapat data Anomali dan data ganda, dan masih ada warga yang belum atau tidak mengurus dokumen kependudukannya." Ujarnya.

Selanjutnya Ibrahim juga mengatakan, data-data  ini akan mempengaruhi produk profil perkembangan kependudukan. Manakala data-data ini tidak real dan tidak sesuai dengan kenyataannya. Untuk itu ini menjadi sebuah tantangan besar untuk Dinas DUK CAPIL. 
"Dengan tantangan ini kita berharap, kita semua bisa berinovasi untuk mengurangi permasalahan atau kendala yang kita hadapi, Sehingga data anomali dan data ganda bisa diminimalisir, dan  outpun dari kegiatan ini  sesuai dengan harapan Pemerintah Daerah dan Pusat." Harapnya.

Terkait dengan akte kelahiran 0-18 tahun, DUK CAPIL mempunyai target pada angka 85%, namun Saat ini telah mencapai dan bergerak pada angka 83%. Untuk mencapai target tersebut salah satunya adalah berinovasi dalam mendapatkan data kependudukan yang real.

 

Baca Juga :


Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan DUK CAPIL KSB, Abdul Muis, S.Sos, M.Si. mengungkapkan, beberapa stekholder yang terlibat dalam kegiatan pengolahan informasi kependudukan ini sangat mempunyai andil dalam penyusunan data ini. "Data yang diterbitkan oleh DUK CAPIL adalah data primer  yang hanya bersumber dari satu sumber yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK), sehingga Komparasi dan konsolidasi data yang kita butuhkan dari stekholder inilah yang akan kami olah dan kemudian akan dirilis." Jelasnya.

Data yang Akan dirilis tersebut juga nantinya akan digunakan dalam penyusunan anggaran , perencanaan pembangunan, kesejahteraan, santunan, dan kegiatan yang terkait dengan Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR). 

Selanjutnya Abdul Muis juga mengatakan, rapat penyusunan profil kependudukan ini dilakukan untuk mengklarifikasi dan ricek terhadap data yang akan diinput di dalam penyusunan buku profil kependudukan tahun anggaran 2017, yang akan dirilis pada tahun 2018 ini. "Kita berkolaborasi secara intens untuk menyatukan persepsi dan memenuhi aspek administratif. Yang lebih penting kerjasama dengan stekholder seperti Dikes, Diskominfo dan Bappeda dalam berkomitmen dan mendukung kegiatan ini. Sehingga menghasilkan data yang akuntabel yang berguna dalam mengoptimalkan pelayanan. Kominfo Sumbawa Barat/Feryal/ika



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan