logoblog

Cari

Tutup Iklan

Senyum Sumringah Penerima PKH

Senyum Sumringah Penerima PKH

Hari hari terakhir menjadi hari yang membahagiakan bagi warga Abiantubuh Baru, utamanya bagi mereka yang tercatat sebagai penerima bantuan Sosial

Pelayanan Publik

KM. Abiantubuh
Oleh KM. Abiantubuh
12 April, 2018 18:53:36
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 3655 Kali

 

Hari hari terakhir menjadi hari yang membahagiakan bagi warga Abiantubuh Baru, utamanya bagi mereka yang tercatat sebagai penerima bantuan Sosial melalui program PKH. Arni salah seorang penerima program ini mengatakan, ia sangat berterima kasih kepada pemerintah yang memberikan bantuan di saat banyak orang susah mendapatkan uang. “ Saya sangat bersyukur dan berharap agar pemerintah melanjutkan program PKH ini, agar orang-orang seperti saya ini bisa diringankan tanggungannya, kata Arni”. Perempuan single parent ini, mengaku akan menggunakan uang PKH itu untuk membiayai sekolah anaknya yang saat ini sedanga mondok di salah satu pondok pesantren di Lombok Barat. Selain Arni, ada Ibu Jamilah yang juga menjadi salah seorang penerima bantuan. Senada dengan Arni, Ibu Jamilah juga mengatakan bersyukur atas bantuan tersebut. “Saya sehari-hari membantu suami bekerja, adanya bantuan ini sangat menolong kami untuk menambah biaya hidup” kata Ibu Jamilah.

Secara umum program PKH ini dinilai berhasil karena menyentuh langsung ke sasaran.

saat ditanya bagaimana prosesnya saat bantuan di terima, Arni menjelaskan bahwa bantuan di terima melalui rekening. para penerima bantuan diharuskan membuka rekening dan pemerintah menyalurkan bantuan lewat rekening masing-masing.

Menurut situs kemensos Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia telah melaksanakan PKH.

Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal di dunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis. Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkanberbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.

 

Baca Juga :


Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI. Melalui PKH, KPM didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan, dan pendampingan, termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan.

PKH diarahkan untuk menjadi tulang punggung penanggulangan kemiskinan yang mensinergikan berbagai program perlindungan dan pemberdayaan sosial nasional.

Jika di amati, dua orang penerima bantuan tersebut memang layak dan menggunakan bantuan PKH untuk membiayai anaknya yang sedang menuntut ilmu. Artinya bantuan tersebut digunakan sesuai peruntukannya. ()



 
KM. Abiantubuh

KM. Abiantubuh

Komunitas Kampung Media Abiantubuh, dari Abiantubuh kami menyapa dunia.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan