logoblog

Cari

Tutup Iklan

Ubah Lifestyle Di Inspiratif Expo Agar Sehat

Ubah Lifestyle Di Inspiratif Expo Agar Sehat

‘Saat ini polusi sangat banyak. Makanan yang kita konsumsi setiap hari semakin enak. Semakin enak makanan itu semakin jahat. Jadi tidak

Pelayanan Publik

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
06 Maret, 2018 15:28:07
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 1785 Kali

‘Saat ini polusi sangat banyak. Makanan yang kita konsumsi setiap hari semakin enak. Semakin enak makanan itu semakin jahat. Jadi tidak semua yang enak itu baik,Makanan adalah salahsatu sumber dari segala penyakit,”.

Hal tersebut dipaparkan oleh Manager Pengabdian Kepada Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Universital Islam Al-Azhar Mataram, dr. Hj. Suci Nirmala, S. Ked di keramian carfreeday Udaya dalam tajuk Inspiratif Expo  yang setiap pekan di helat oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Fakultas Kedokteran Universital Islam Al-Azhat (Unizar) Mataram mengajak masyarakat di yang menyaksikan Inspiratif Expo pekan ke empat, Minggu (04/03) untuk melakukan Pemeriksaan kesehatan gratis, Memeriksa tekanan darah/tensi, timbang badan dan konsultasi dokter di stand Unizar, gratis tanpa biaya sepersepun.

Dosen pada Fakultas Kedoteran Unizar,  dr. Hj. Suci Nirmala, S. Ked memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat di keramian udayana pagi itu dalam pemeriksaan kesehatan gratis di Inspiratif Expo, bahkan Unizar berkomitemen hadir setiap pekan.

Menurutnya, sangat penting sekali karena penyakit itu tidak hanya menyerang usia tua. Saat ini lagi trend penyakit itu bisa menyerang anak muda. Salahsatu contohnya kolesterol,  bisa menyerang anak yang berusia 15 tahun. Hal ini akibat kebiasaan makan enak.

Banyak masyarakat kita yang sudah terkena penyakit kolesterol atau hipertensi sehingga perlu dilakukan deteksi dini. Ketika sudah terjadi hipertensi atau tekanan darah tinggi pasien harus mengkonsumsi obat secara teratur sesuai dosis yang di anjurkan dokter.

Pada umumnya masyarakat kita, untuk hidup sehat seharusnya merubah life style atau gaya hidup.  Masyarakt kita terbiasa dengan hidup tidak teratur. Hal itu merupakan kesalahan besar. Seandainya Lifestyle bisa kita ubah, maka kita akan sehat. “Gaya hidup kita harus di ubah total  dengan makan makanan sehat dan bergizi serta seimbang,  olahraga teratur minimal 10 atau 20 menit dalam seminggu,” ujar Suci.

Sering-sering memeriksa kesehatan,  sekali dalam satu bulan. Kalau ditemukan deteksi dini penyakit perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan perlu segera di obati agar tidak mengakibatkan penyakit yang lebih parah dan sulit di obati. “Lebih baik mencegah dari pada mengobati,” tutup Suci.

 

Baca Juga :


Beberapa OPD tampak hadir meramaikan Inspiratif Expo. BNN Provinsi NTB mengajak untuk menjauhi Narkoba karena mengancam keselamatan Jiwa. “Stop Narkoba, Cegah Penyalagunaannya, Berantas Peredarannya,” ujar Irfan PLT Kabid P2M BNN Provinsi NTB.

Hadir juga Dinas Kesehatan Propinsi NTB, mensosialisasikan tentang Gerakan Masyarakat Menuju Indonesia Bebas Tuberkulosis (TBC). Kasi P2P Dikes NTB dr. Zainul Arifin mengajak masyarakat  untuk mencegah TB melalui Perilkau Hidup Bersih dan Sehat.

Sedangkan BPOM Mataram, melalui Baiq Suriati, S.Si., M.Si. staf Seksi Layanan Infornasi Konsumen tetap dengan domain awal untuk tetap menyerukan waspada pangan yang mengandung bahan berbahaya. Umumnya yang sering disalahgunakan dalam makanan. Ada empat bahan yang digunakan dalam pangan yaitu Formalin, Boraks, Rhodamin B, Methanil Yellow.

Mengusung misi untuk menstabilkan harga dan pasokan, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB hadir bersama TIM Toko Tani Indonesia Centre untuk memperdagangkan sembako murah di IE.

Stand Kuliner mewarnai setiap pekan di Inspiratif Expo untuk menjjakan aneka kuliner, mulai dari cemilan, sendol, bubur, krupuk, roti dan kuliner lainya. UMKM Mitra Dapur dan Dular 87 selalu setia menemani Inpiratif Expo di Segarnya Udara pagi Udayana.

Pada penghujung IE dua orang perempuan muda nan ayu, penari dari SMA 7 Kota Mataram melenggok di panggung IE dengan balutan tari Kembang Sendah miliknya masyarakat Lombok Utara. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan