logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kampung Media, Inovasi Zaman Now

Kampung Media, Inovasi Zaman Now

KM. Sukamulia – “Gerakan dan kiprah yang dilakukan oleh Kepala dan Warga Kampung Media NTB merupakan gerakan Inovasi Zaman Now dan

Pelayanan Publik

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
06 Maret, 2018 23:13:29
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 8602 Kali

KM. Sukamulia – “Gerakan dan kiprah yang dilakukan oleh Kepala dan Warga Kampung Media NTB merupakan gerakan Inovasi Zaman Now dan bahkan gerakan inovasi yang dilakukan oleh Kampung Media bisa dikatakan mendahului gerakan Inovasi Teknologi Informasi Zanam Now”, papar Dedi dari dunia akademisi saat menyampaikan pandangannya mengenai eksistensi Kampung Media kepada peserta Focus Group Discussion (FGD) “Desiminasi Informasi Terintegrasi melalui Kampung Media” yang diselenggarakan di Lombok Garden Hotel sore tadi (Selasa, 06 Maret 2018).

Laki-laki yang akrap dipanggil bang Dedi itu menyampaikan pandangannya mengenai eksistensi Kampung Media dalam kiprahnya dalam membangun pradaban masyarakat Nusa Tenggara Barat. Secara garis besar beliau menilai bahwa Kampung Media mengembangkan peradaban masyarakat NTB dalam istilah Tiga I, yaitu Inovasi, Inisiasi dan Inspirasi.

Kampung Media sebagai Inovasi berarti bahwa Kampung Media merupakan Multi Player Efek, artinya Jurnalisme yang diciptakan oleh Kampung Media merupakan Melenia Gresroad, yakni orang-orang yang senag dengan IT. Bukan hanya itu, jurnalisme Kampung Media membentuk Kelompok Demokrasi Digital dan semua itu terkaper pada gerkan Inovasi Informasi yang diciptakan melalui Kampung Media NTB.

Kampung Media sebagai Inisiasi: dalam hal ini Kampung Media merupakan Inisiasi Elit Menengah Ke atas, yakni dari menengah birokrasi ke elit menengah atas. Inisiasi yang diberikan oleh Kampung Media bukan sekedar pada bajeting, tetapi Inisiator Kampung Media (Fairuz) beserta Jurnalisme (warga Kampung Media) langsung menjadi pioneer yang terlibat langsung di tengah-tengah masyarakat sehingga melalui Kampung Media para pioneer (Warga Kampung Media) memperomosikan usaha-usaha yang ada di masyarakatnya sehingga Kampung Media membuahkan pembangunan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat yang ahirnya memunculkan ekonomi kreatif yang efeknya dapat meningkatkan perekonomian Warga Kampung Media dan masyarakat sekitarnya.

Kampung Media sebagai Inspirasi: yang sangat luar biasa adalah inspirasi Kampung Media itu bertubi-tubi. Misalnya, Wisata Desa Mas-Mas yang dimuali atau diinspirasi oleh Warga dan Komunitas Kampung Media (Habiburrahman). Kini Wisata Desa Mas-Mas dicontoh oleh banyak orang dan bahkan Desa Mas-Mas kerap dijadikan sebagai sampel pengembangan desa wisata oleh desa-desa lainnya di NTB. Seperti, oleh Hafiz dan Renadi yang kini mengembangkan Wisata Desa Bayan dan gerakan mereka terinspirasi dari Kampung Media serta mereka juga merupakan warga Kampung Media NTB. Dengan demikian, jelaslah bahwa warga Kampung Media merupakan pionir pembangunan di desa mereka.

Penilaian dan konsep yang disampaikan oleh Bang Dedi disambut oleh Direktur Pengolahan dan Penyediaan Informasi (Selamatta Sambiring). “Mendengar apa yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfortik NTB, paparan dari Kepala Kampung Media, tertimoni dari saudara Ahyar dan Asri, serta penilaian yang disampaikan oleh Bang Dedi maka jelaslah bahwa Kampung Media adalah Inovasi Informasi Zaman Now yang harus ditularkan dan dikembangkan di seluruh daerah NKRI”, sambut utusan Kementerian Kominfitik tersebut.

Beliau juga menegaskan bahwa Kampung Media memang memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri, yang dimana inovasinya dimulai dari bawah ke atas, artinya Kampung Media muncul dari bawah atau dari masyarakat menuju pemerintah dan atau dari pelosok-pelosok merambah ke kota. Hal ini sangat jarang di laksanakan oleh berbagai kalangan sebab biasanya gerakan inovasi dilakukan dari atas (kota) yang kemudian ditilarkan ke desa-desa hingga pelosok.

 

Baca Juga :


Direktur Pengolahan dan Penyediaan Informasi, itu juga menyampaikan bahwa Kampung Media adalah Fasilitator bagi orang-orang berbakat, “Bisa dikatakan bahwa Kampung Media adalah Fasilitator bagi orang-orang berbakat seperti Asri dan kawan-kawannya. Pada dasarnya banyak orang yang berbakat namun karena tidak ada fasilitasnya maka bakatnya itu tidak bisa dikembangkan. Namun dengan adanya Kampung Media maka warga NTB yang berbakat dalam bercerita dapat menyalurkan bakatnya dengan menulis informasi/cerita di Kampung Media. Yaaa bisa juga dikatakan bahwa Kampung Media merupakan Fasilitas Anak-Anak Zaman Now sehingga kedepannya Kampung Media perlu kiranya memberikan pelatihan-pelatihan pembuatan aplikasi bagi anak-anak NTB sehingga kedepannya NTB bida menjadi Kampung Aplikasi”, papar Selamatta Sambiring.

Pada ahir pembicaraannya, utusan Kementerian Kominfotik Ri tersebut menyatakan, “setelah mendengarkan dari diskusi yang kita laksanakan ini saya dapat merekomendasikan tiga hal, dimana ke depannya kami dari Kementerian Kominfotik RI kiranya dapat menyusun tiga program untuk pengembangan Kampung Media, yakni 1) Repitalisasi Kampung Media, 2) Menasionalisasi Kampung Media (mengembangkan Kampung Media di Tingkat Nasional) dan 3) Reflikasi Kampung Media (Kampung Media akan dimunculkan di tiap provinsi)”.

Hal tersebut disambut gembira oleh Kepala Dinas Kominfotik NTB (Tri Budiprayitno), Kepala Kampung Media (Fairuz Abadi) dan warga Kampung Media yang hadir pada acara Focus Group Discussion tersebut. Ahirnya kita semua berharap, semoga ke depannya Kampung Media bisa berkembang dan menjadi Inovasi besar bagi dunia Informasi pada tarap nasional sehingga muncul Portal Jurnalisme Nasional yang disebut dengan Kampung Media Indonesia. Semoga pula, Kampung Media dapat menjadi sarana Inovasi Zaman Now bagi seluruh masyarakat Indonesia.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan