logoblog

Cari

Tutup Iklan

LPJ Bumdes Rensing Bat 2017

LPJ Bumdes Rensing Bat 2017

RM Rensing Bat_BUMDes Rensing Bat merupakan suatu Lembaga Ekonomi di Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur yang di

Pelayanan Publik

KM Rensing Bat
Oleh KM Rensing Bat
26 Januari, 2018 09:57:25
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 13074 Kali

RM Rensing Bat_BUMDes Rensing Bat merupakan suatu Lembaga Ekonomi di Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur yang di sahkan sebagai Badan Usaha Milik Desa.

Setelah melaksanakan kerja dibidang Simpan Pinjam, PAMDes dan Ternak Ayam pedaging selama setahun penuh di priode tahun buku 2017, BUMDes Rensing Bat melaksanakan Rapat Akhir Tahun ( RAT ) dan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) pada hari ini, Kamis 25/2018 bertempat di Aula Kantor Kepala Desa Rensing Bat.

Hadir Dalam acara tersebut Kepala bidang Koperasi DPMD Lotim Ibu Nunuk Sustianingsih, Kepala Desa Rensing Bat Muhammad Hilmi, SE selaku Penasehat BUMDes, Anggota BPD, Anggota dewan Pengawas BUMDes, Kepala Dusun se-Desa Rensing Bat, Tokoh agama dan Masyarakat dan Semua ketua SPP se-Desa Rensing Bat.

Kepala Desa Rensing Bat dalam sambutannya mengatakan, mengucapkan selamat datang kepada Kepala Bidang Koprasi DPMD Kab.Lotim yang telah sudi hadir dalam acara dimaksud dan berharap kepada Bumdes Rensing Bat untuk terus memajukan usahanya untuk memajukan Desa.Kades juga menambahkan, untuk tahun 2018 mendatang akan memberikan suntikan dana lagi sebesar 100 juta sebagai modal membangun usaha baru untuk terciptanya Bumdes yang maju dan berdaya saing.

Sambutan kedua di sampaikan oleh Kabid Koperasi DPMD Kab.Lombok Timur Ibu Nunuk Sustianingsih, Dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi dengan Pemerintah Desa Rensing Bat dan keberadaan Bumdes Rensing Bat, beliau mengaku, inilah pertama kalinya beliau datang ke kantor desa Rensing Bat dan merupakan Bumdes pertama yang mengundang beliau dalam acara rapat tahunan dan acara pertanggungjawaban selama menjabat sebagai Kabid Koperasi di DPMD Kab.Lotim. Kabid berharap kepada Bumdes Rensing Bat agar untuk tahun-tahun berikutnya agar bisa lebih maju lagi dalam pengelolaannya karena menurutnya, dari 239 Desa yang ada di Kab.Lomok Timur baru 120an yang melakukan pelaporan tentang keberadaan Bumdesnya ke Pihak DPMD Kab.Lotim, satu di antaranya adalah Desa Rensing Bat, sambungnya.

Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban di sampaikan langsung oleh Ketua/Direktur BUMDes Badruddin, di depan tamu undangan yang hadir.

Pelaporan pertangunggjawaban pengelolaan ini digunakan sebagai wujud tanggung jawab pengelola BUMDes Rensing Bat dalam menjalankan tugasnya selama satu tahun periode tahun 2017. Melalui pelaporan ini diharapkan dapat memberikan gambaran perjalanan pengelolaan BUMDes Rensing Bat dalam mengembangkan usaha-usahanya. Serta sebagai bahan evaluasi dalam membuat kegiatan di tahun berikutnya.

 

BUMDes merupakan instrumen pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi. Pendayagunaan potensi ini terutama bertujuan untuk peningkatan kesejahteran ekonomi warga desa melalui pengembangan usaha ekonomi mereka. Disamping itu, keberadaan BUMDes juga memberikan sumbangan bagi peningkatan sumber pendapatan asli desa yang memungkinkan desa mampu melaksanakan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat secara optimal.

 

Pada awal pendiriannya Tahun 2016 lalu, BUMDes Rensing Bat masih belum memiliki modal, sehingga belum mampu menggerakkan semua unit yang di kelola, hinggalah Pemerintah Desa Rensing Bat memberikan modal awal sebesar 100 juta yang di arahkan khusus untuk Simpan Pinjam. untuk tahun ke 2 yang masih berjalan, Bumdes juga mendapatkan suntikan dana sebesar 100 juta lagi yang di arahkan ke pengelolaan tiga unit usaha, yaitu Simpan pinjam, Pamdes dan ternak ayam pedaging dengan rincian, 60 % untuk Simpan Pinjam, 35 % untuk PAMDes dan 5 % untuk Peternakan ayam pedaging.

 

Baca Juga :


 

Dalam perjalanan tahun pertamanya, BUMDes Rensing Bat dalam pengelolaan 3 unit usahanya yaitu, Unit usaha Simpan pinjam, tahun pertama mengelola 10 Kelompok peminjam yang tersebar di semua Dusun dan sekarang sudah meningkat menjadi 19 kelompok. Antusias dan partisipasi masyarakat untuk meminjam sangat membanggakan karena usaha yang di geluti masyarakat memerlukan modal.

 

Unit usaha kedua yaitu peternakan ayam pedaging yang sebelumnya di kelola oleh Pemerintah Desa yang pengelolaannya di serahkan ke BUMDes tahun 2016 lalu, di tahun pertama setelah  Bumdes mengambil alih pengelolaannya, selama 1 tahun menternak dengan 5 periode saja.

 

Unit Usaha  ketiga yaitu Pengelolaan Air Minum Desa (PAMDes) di tahun pertama dengan 35 unit meter hasil bantuan dari dinas DPMD Kab.Lotim yang di sebar di masing-masing Dusun dan sekarang bertambah menjadi 196 unit meter.ini adalah merupakan salah satu tanda keseriusan pengurus Bumdes dalam melaksanakan dan mengelola BUMdes Rensing Bat.

 

Adapun Program kerja untuk tahun-tahun berikutnya, BUMDes Rensing Bat merencanakan 3 lagi jenis usaha yaitu, Membuka Lumbung Pangan Pedesaan berupa sembako dan membeli hasil pertanian langsung dari petani, Membangun pusat Informasi berupa layanan internet untuk masyarakat yang diberi nama “Berugak Informasi” dan Mengadakan pembayaran secara Online seperti Pembayaran Listrik dan Penjualan Pulsa.

Untuk di ketahui bersama, BUMDes Rensing Bat merupakan barometer di antara 17 Desa di Kecamatan Sakra Barat, Bumdes Rensing Bat menjadi salah satu contoh bumdes yang aktif dari semenjak berdirinya dan memiliki unit usaha yang mampu membantu masyarakat untuk mengurangi beban masalah yang di hadapi. Bumdes ini juga memberikan sumbangan bagi peningkatan sumber pendapatan asli desa yang memungkinkan desa mampu melaksanakan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat secara optimal.



 
KM Rensing Bat

KM Rensing Bat

Desa Rensing Bat berbatasan dengan Kabupaten lombok tengah yang merupakan desa paling barat di Kecamatan Sakra Barat setelah Desa Sukarara dan Desa Rensing.Kepala Desa MUHAMMAD HILMI, SE HP.081803647953, IBRAHIM ARIFIN HP.087763052575 (penulis)

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan