logoblog

Cari

Tutup Iklan

Perekaman E- Ktp Bisa Dilakukan Di Kantor Desa, Benarkah?

Perekaman E- Ktp Bisa Dilakukan Di Kantor Desa, Benarkah?

Aikmel, SK - Setiap Warga Negara Indonesia (WNI) diwajibkan memiliki data kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga (KK) Buku Nikah, Akta Kelahiran,

Pelayanan Publik

KM_ Kaki Rinjani
Oleh KM_ Kaki Rinjani
20 Januari, 2018 11:00:23
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 1856 Kali

Aikmel, SK - Setiap Warga Negara Indonesia (WNI) diwajibkan memiliki data kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga (KK) Buku Nikah, Akta Kelahiran, Akta Kematian dan bermacam jenis dokumen lainnya. Dokumen Administrasi dan kependudukan (Adminduk) ini penting dimiliki warga untuk mempermudah akses pelayanan. Dalam hal ini pemerintah sebagai pemberi layanan dan masyarakat sebagai penerima manfaat dari layanan pemerintah.

Dalam mengurus Adminduk warga berharap agar pemerintah mempermudah akses layanan dalam pembuatan dan penerbitan adminduk iti sendiri. 

Untuk menjawab keluhan warga itu, pemerintah dalam hal ini dinas dukcapil Lombok Timur, membuka akses layanan adminduk keliling. Bukan itu saja, untuk mewujudkan keinginan warga, dinas dukcapil Lombok Timur, sekarang ini sudah memberikan kewenangan kepada pemerintah desa (pemdes) dalam perekaman e- KTP. 

Salah satu contoh, desa yang diberikan akses memberikan pelayanan publik dalam perekaman e- KTP adalah Desa Toya, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur. Warga menyambut baik pelayanan perekaman e- KTP yang bisa dilakukan di kantor Desa Toya.

"Alhamdulilah dengan dilakukannya perekaman e- KTP dikantor Desa Toya, saya tidak perlu mengurusnya ke dinas dukcapil lagi, karena jaraknya sangat jauh. Artinya sedikit bisa mengurangi biaya (ongkos)," ujar Juhriah warga Dusun Pertemuan, Desa Toya.

Warga berharap kepada pemdes agar pelayanan itu jangan dilakukan dengan setengah hati, semua masyarakat harus bisa dilayani tanpa pilih kasih agar terwujud masyarakat tertib administrasi sebagaimana harapan dari pemerintah desa itu sendiri. (Uci)

 

Baca Juga :




 
KM_ Kaki Rinjani

KM_ Kaki Rinjani

KM Kaki Rinjani salah satu penyalur ide dan penampung dan penyebar gagasan, pemuda kawasan kaki Gunung Rinjani. Selain meyebarkan informasi KM kaki Rinjani dapat berbagi dengan seluruh masyarakat se-NTB. contac 081917643081 Ttd Eros

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan