logoblog

Cari

Tutup Iklan

Bikinlah Even Yang Memiliki Nilai Keunikan

Bikinlah Even Yang Memiliki Nilai Keunikan

KM. Sukamulia – “Bikinlah even-even yang unik, misalnya mengemasnya dengan bahasa-bahasa yang menarik dan menimbulkan rasa penasaran sehingga banyak orang luar

Pelayanan Publik

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
16 Januari, 2018 00:47:30
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 1486 Kali

KM. Sukamulia – “Bikinlah even-even yang unik, misalnya mengemasnya dengan bahasa-bahasa yang menarik dan menimbulkan rasa penasaran sehingga banyak orang luar bahkan orang asing yang penasaran dan tertarik untuk mengunjungi even yang kita laksanakan dan tentunya itu akan memberikan efek yang sangat positif bagi kita,” demikian paparan Ahyak Mudin, SE dalam perbincangannya beserta pengurus Pokdarwis saat berkunjung ke ruang kerjanya.

Senin (15 Januari 2018),  tiga orang pengurus Pokdarwis wilayah Kabupaten Lombok Timur berkunjung ke ruang kerja Kabid Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur. Ketiga orang pengurus Pokdarwis dimaksud adalah Pengurus Pokdarwis Pondok Kerakat Desa Pohgading Timur, Pokdarwis Jeringo Desa Jeringo, dan Pokdarwis Petarando Desa Padak Guar. Kedatangan mereka bertujuan untuk memperbincangkan program-program yang akan mereka laksanakan di awal tahun 2018 ini.

Pengurus Pokdarwis Pondok Kerakat membicarakan mengenai agenda Pengukuhan mereka yang akan dilasanakan Sabtu mendatang. Terkait dengan hal itu, Ahyak Mudin, SE menyarankan kepada Asri untuk mengemas acara tersebut dengan semenarik mungkin sehingga acara yang akan dilaksanakannya memiliki nilai kenangan bagi siapa saja yang hadir pada acara tersebut. Beliau menyarankan supaya dalam acara tersebut ada acara entertain (hiburan) seperti music akuitik atau hiburan sederhana guna menghangatkan suasana, kegiatan Ngerakat Bareng, kegiatan Betalet Bareng, Exsplor Pondok Kerakat dan hastag Pondok Kerakat bersama.

Pengurus Pondokdarwis Jeringo melaporkan agenda yang akan dilaksanakan pada sekitaran bulan Maret 2018. Mereka akan melaksanakan even yang disebut dengan nama Exsplor Puncak Jeringo. Misbah menceritakan even yang akan diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakannya dengan penuh semangat kepada pak Kabid. Ia akan menyelenggarakan even Tanam Pohon Boah Seribu Harapan dan Even Panen Raya Jagung Pesiringan Langit. Hal itu disambut dengan baik oleh Kabid Pengembangan Kapasitas.

Banyak diantara kita (Pokdarwis) yang ada di wilayah Lombok Timur mengadakan acara yang notabenenya jeruk makan jeruk, yang artinya kita yang mengadakan even dan even itu hanya kita nikmati sendiri beserta warga sekitar sehingga secara ekonomi even yang kita lakasanakan tidak memiliki pengaruh besar. Oleh sebab itu, Bikinlah even-even yang unik, misalnya mengemasnya dengan bahasa-bahasa yang menarik dan menimbulkan rasa penasaran sehingga banyak orang luar bahkan orang asing yang penasaran dan tertarik untuk mengunjungi even yang kita laksanakan dan tentunya itu akan memberikan efek yang sangat positif bagi kita”, papar laki-laki bersahaja yang akrab dipanggil pak Ahyak itu.

Beliau berharap, untuk ke depannya Pokdarwis-Pokdarwis wilayah Lotim dapat membrending even-even yang akan dilaksanakannya dengan sebaik dan semenarik mungkin. Misalkan dengan memberi nama-nama unik, mengemas paket-paket wisata yang unik dan khas serta memperbanyak publikasi dengan cara membuat bener dan pamphlet even yang akan diselenggarakan sedini mungkin kemudian di pasang di jalan-jalan besar dan tempat-tempat penginapan yang dikelola oleh kawan-kawan Forum Pokdarwis Lotim, serta memperomosikannya melalui media sosial, seperti facebook, WA, g+, Instagram dan sebagainya. Dengan demikian maka even-even yang akan diselenggarakan akan mendapatkan perhatian dari khalayak dan mengundang rasa penasaran public sehingga kunjungannya akan ramai, baik wisatawan lokal, domestic ataupun manca negara.

 

Baca Juga :


Di sela-sela perbincangan santai itu, Pak Yanto (pengelola Pokdarwis Petarando) bertandang di ruangan yang saat itu tengah dihangatkan oleh motivasi pak Kabid dengan konsep-konsep beliau yang jitu. Kedatangan Pak Yanto disambut hangat oleh penghuni ruangan kecil yang tiap harinya dijadikan sebagai tempat pelayanan keluhkesah dan bincang-bincang seputar Pokdarwis Lotim itu. Kedatangan beliau juga sama dengan kedatangan Asri dan Misbah, yakni menceritakan program yang akan dilaksanakan. Kepada bapak angkat Pokdarwis (Ahyak), laki-laki paruh baya itu menceritakan bahwa beliau akan melakukan penghijauan di area Pantai Bidara yang akan dilaksanakan pada Jum’at minggu ini.

Wacana pengurus Pokdarwis yang satu ini juga diacungi jempol oleh Ahyak dan beliau memberikan tawaran kepada pak Yanto agar jika beliau butuh dalam kegiatan dimaksud maka beliau bisa berkoordinasi dengan pengurus Pokdarwis lainnya melalui Forum Fokdarwis Lombok Timur.

Pembaca dan pencinta Kampung Media yang kami banggakan, demikian segelumit informasi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat. Salam Wisata dan Salam dari Kampung.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan