logoblog

Cari

Tutup Iklan

Cakupan Jaringan Wifi Pemkab Terus Diperluas

Cakupan Jaringan Wifi Pemkab Terus Diperluas

KM LENGGE,- Setelah memenuhi kebutuhan akses internet untuk area kantor bupati Bima di Desa Godo dan sebagian kecamatan Woha, Dinas Komunikasi,

Pelayanan Publik

KM LENGGE
Oleh KM LENGGE
22 Desember, 2017 09:46:52
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 3653 Kali

KM LENGGE,- Setelah memenuhi kebutuhan akses internet untuk area kantor bupati Bima di Desa Godo dan sebagian kecamatan Woha, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Dinas Kominfostik) Kabupaten Bima mengembangkan dan membangun akses jaringan internet menggunakan akses Internet tanpa kabel yang biasa dikenal dengan Jaringan Wireless-Wifi di kecamatan Donggo, Soromandi, dan Wilayah kecamatan Lambu.

Disamping itu, secara bertahap dalam waktu dekat Jaringan Wireless-Wifi Pemkab Bima sedang di bangun dan diteruskan ke kecamatan Ambalawi, Bolo, dan sebagian, Monta, Palibelo dan Madapangga dari Doro Nae kecamatan Lambitu sebagai repeater di senteral kantor Diskominfostik di Kota Bima.

Kepala seksi (Kasi) Infrastruktur TIK Dinas Kominfostik Kabupaten Bima, Muhammad Irfan, ST., M.Eng Ketika ditemui ruangannya menjelaskan untuk prioritas Diskominfostik untuk pemasangan Jaringan Wireless-Wifi adalah daerah yang belum tercover oleh jaringan internet PT. Telkom.

“Untuk sementara prioritas kami bagaimana daerah black Spot yang tidak terjangkau jaringaninternet PT. Telkom dan BTS GSM untuk dipasanag Jaringan Wireless-Wifi ,” kata Irfan.

Irfan juga menjelaskan, “Di Kecamatan Donggo bisa menikmati jaringan Wireless-Wifi Pemkab Bima. Sentral penerima signal akan dipasang di kantor kecamatan Donggo dan akan mengcover wilayah Soromandi,begitu juga untuk wilayah Lambu,” jelasnya.

Beberapa daerah atau wilayah yang masih tertinggal dalam jaringan internet misalnya kecamatan Langgudu, Tambora, Sanggar, Parado, sebagian desa di kecamatan Madapangga, Wawo, Wera, Lambu akan di usaha Internet Via Satelit (VSAT)

 

Baca Juga :


Sehingga beberapa kecamatan yang dipasang Jaringan Wireless-Wifi memudahkan dalam pelayanan masyarakat. Kantor camat ditiap kecamatan akan dijadikan sentral kecamatan penerima jaringan Jaringan Wireless-Wifi Pemkab Bima yang kemudian di pancarkan kembali diwilayah tersebut.

“Kami berharap jaringan ini dapat di tangkap baik oleh-oleh masing sekolah dalam rangka input data online sekolah, kantor desa untuk melaporkan system keuangan desa secara online dan mensosialisasikan kegiatan maupun anggaran desa,” ujar Irfan

“Pekerjaan rumah kami selanjutnya adalah kecamatan Parado, Langgudu, Wera, Sanggar dan Tambora yang sulit sekali akses jaringan internetnya. Sehingga opsi Diskominfostik adalah menggunakan jaringan Satelit bagi daerah yang tidak terjangkau jaringan Internet yang me meggunakan Wireles ini,” tutup pria yang juma ketua remaja masjid Kabupaten Bima ini. (Efan)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan