logoblog

Cari

Tutup Iklan

Senkom Mitra Polri NTB Dilantik

Senkom Mitra Polri NTB Dilantik

Sebanyak 80 orang pengurusan dan anggota Senkom Mitra Polri dan komunitas Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Senkom Mitra Polri Provinsi Nusa

Pelayanan Publik

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
08 Desember, 2017 18:22:13
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 6691 Kali

Sebanyak 80 orang pengurusan dan anggota Senkom Mitra Polri dan komunitas Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Senkom Mitra Polri Provinsi Nusa Tenggara Barat masa bhakti 2017 – 2022, dilantik oleh Ketua Umum Senkom Mitra Polri, H. Muhammad Sirot, SH, S.IP,  Kamis (7/12) di Hotel Fave Kota Mataram,

 

Kegiatan yang dirangkai dengan pelatihan peningkatan kemampuan anggota Senkom Mitra Polri dan FKPM, dihadiri Pembina Senkom, Irjen Pol. Drs. Srijono, M.Si, Wakapolda NTB, Kombes Pol. Drs. Tajuddin, MH, Dir Binmas Polda NTB, Danlanud, Danlanal, Kasat Brimob NTB, Dinas Kominfotik NTB, BPBD NTB, dan pengurus Senkom dan FKPM NTB.

 

Ketua Umum Senkom, H.Muhamammad Sirot, SH S.IP dalam sambutannya berharap agar anggota Senkom Mitra Polri dan FKPM dapat melaksanakan tugas, pokok dan fungsi Senkom, yaitu memberikan informasi kepada pemerintah apabila ada gangguan Keamanan dan Ketertiban di masyarakat.

 

Pelantikan ini merupakan legalitas dalam melaksanakan tugas Senkom Mitra Polri dan FKPM untuk melaksanakan tupoksinya antara lain, memberikan informasi keamanan dan ketertiban masyarakat, bencana serta pertahanan keamanan nasional (Hankamnas).

 

Semua masayarakat umum bisa menjadi anggota Senkom. Syaratnya berpenghasilan dan bukan pengangguran, bebas narkoba mengikuti pelatihan untuk mengetahui Tupoksi Senkom, dalam melaksanakan tugas tidak boleh merokok. "Jika ada anggota kami merokok, saat tugas tolong sampaikan, ada sanksinya dan ini adalah kesepakatan kita," tegas Sirot

 

Wakil Kepala Polisi Daerah (Wakapolda) NTB, Kombes Pol. Drs. Tajuddin, MH , saat membacakan sambutan Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs. Firli, M.Si, mengatakan Senkom Mitra Polri dibentuk sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan UU no 2 tahun 2002 tentang Pamswakarsa. Maka pada tanggal 1 Januari 2004 di Jakarta dibentuklah Senkom Mitra Polri sebagai wadah kelompok sadar kamtibmas oleh anggota mitra kamtibmas Mabes Polri.

 

Ditindaklanjuti dengan Surat Telegram Kapolri nopol: ST/526/V/2007 tanggal 7 Mei 2007 tentang perintah kepada para Kapolda untuk membina Senkom untuk menjadi mitra Polri sehingga diharapkan dapat berperan serta sebagai anggota Forum Komunikasi Polisi Masyarakat (FKPM) untuk memecahkan masalah-masalah sosial yang berdampak dapat menjadi sumber gangguan kamtibmas di lingkungan komunitasnya

 

Program ini ditujukan untuk mendekatkan polisi dengan masyarakat agar masyarakat terdorong / termotivasi bekerja sama dengan kepolisian dalam membantu tugas pokok kepolisian untuk menciptakan kamtibmas ( keamanan dan ketertiban masyarakat ) Sejalan dengan program Polmas,

 

Baca Juga :


 

Senkom Mitra Polri adalah wujud dari program multiguna sebagai masyarakat sadar kamtibmas bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum dan kamtibmas serta mewujudkan partisipasi akan pentingnya arti sinergi antara masyarakat dan aparat.

 

Senkom Mitra Polri senantiasa mengemban tugas yang seimbang sesuai pengabdian kami kepada masyarakat. Kerja sama yang telah terjalin baik dengan berbagai mitra, lembaga pemerintah, lembaga swasta, BUMN, polri dan Lembaga swadaya Masyarakat lainnya dari dalam negeri maupun luar negeri. Melalui kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada semua mitra atas kepercayaannya sehingga kerja sama ini bisa berkelanjutan dan membuahkan hasil yang aman, dihuni nyaman.

 

Senkom Mitra Polri bersifat fungsional, independen, tidak berafiliasi kepada partai politik maupun ormas lain dan saat ini telah memiliki kurang lebih 2 juta orang yang tersebar di seluruh Indonesia. “Senkom Mitra Polri bersama elemen bangsa lainnya terus terlibat aktif dalam upaya memelihara persatuan dan kesatuan bangsa,”ujar Wakapolda.

 

Mengusung tema “Mari kita mewujudkan Kamtibmas yang kondusif menjelang Pilkada Serentak tahun 2018 di wilayah NTB”  Wakapolda NTB Kombes Pol Drs Tajuddin M.H mengatakan untuk tetap menjaga Keamanan dan Ketertiban selama pelaksaan Pilkada serentak di NTB.

 

“Secara tidak langsung Senkom Mitra Polri membawa nama Polri di tengah masyarakat, maka saya minta agar Senkom Mitra Polri untuk turut serta dalam menjaga nama baik POLRI, hindari tindakan yang dapat menciptakan kesan negative di mata masyarakat,” ujar Wakapolda NTB ini.

 

Di akhir sambutannya Wakapolda membuka secara resmi pembukaan pelatihan peningkatan kapasitas dan kemampuan anggota Senkom Mitra Polri dan pelantikan pengurus Senkom Mitra Polri Provinsi dan pengurus FKPM Komunitas Senkom. (Edy/Okta)

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan