logoblog

Cari

Tutup Iklan

Lomba Cerdas Tangkas KIP

Lomba Cerdas Tangkas KIP

Festival Desa Benderang Informasi Publik (DBiP) digelar oleh Komisi Informasi Provinsi  Nusa Tenggara Barat (NTB). Event berskala Nasional ini mendatangkan 5000

Pelayanan Publik

Nadya Elya
Oleh Nadya Elya
30 November, 2017 07:47:31
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 2628 Kali

Festival Desa Benderang Informasi Publik (DBiP) digelar oleh Komisi Informasi Provinsi  Nusa Tenggara Barat (NTB). Event berskala Nasional ini mendatangkan 5000 Desa.

DBiP dirangkaikan dengan beberapa agenda. Diantaranya, Gelar Budaya, Seminar Nasional dan Cerdas Tangkas.

Cerdas Tangkas Keterbukaan Informasi Publik (KIP) merupakan agenda yang melibatkan 14 Desa yang berlaga di kursi Cerdas Tangkas KIP. 14 Desa Ini merupakan Desa yang telah dikukuhkan sebagai Desa Model  Informasi Publik dalam launching desa model pada pembukaan Festival DBiP Nasional 2017 hari Selasa 28 November Lalu.

“setiap regu cerdas tangkas merupakan 14 Desa model yang telah dikukuhkan dari setiap Kabupaten di NTB.” Ungkap Hendriadi sebagai penanggung Jawab Lomba Cerdas Tangkas KIP, Rabu (29/11).

Setiap Kabupaten memiliki dua Desa Model. Kali ini 2 Desa Model asal Lombok Utara tidak terlibat dalam Lomba Cerdas Tangkas.

“Sayangnya Dua Desa Model dari Lombok Utara yaitu Desa Gondang dan Desa Sigar Pejalin tidak dapat ikutserta.” Imbuhnya.

Desa Barabali dan Desa Montong Gamang Hadir merepresentasikan Kabupaten Lombok Tengah, Desa Peresak dan Desa Senggigi hadir sebagai peserta dari Kabupaten Lombok Barat, Desa Kumbang dan Desa Rarang Selatan dari Kabupaten Lombok Timur, Desa Matua dan Kadindi dari Kabupaten Dompu, Desa Labuhan Lalar dan Desa Sapugarabre mewakili Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Desa Leu dan Desa Panda dari Kabupaten Bima serta Desa Uma Beringin dan Desa Baru tahan Dari Kabupaten Sumbawa Besar.

Lomba Cerdas Tangkas digawangi 4 juri terkemuka dari Indonesia, yaitu Bambang Hadiwinata juri Dari Jakarta, Nurjannah dari Pokja KIP, Lalu Saifudin dari Universitas Mataram dan Ahyar dari Somasi NTB. Lomba Cerdas Tangkas KIP memiliki 4 babak penyisihan yang tentunya setiap babak dan setiap regu sudah diundi dalam technical meeting cerdas tangkas KIP hari Senin 27 November lalu. Pada Babak Penyisihan Pertama yang bertanding dari 4 Regu, Penyisihan Kedua 3 Regu, Penyisihan Ketiga 4 Regu dan Penyisihan Keempat Tiga Regu.

 

Baca Juga :


Satu Regu pemenang dalam setiap babak penyisihan dapat melaju ke babak Final. Dalam babak Final yang berlaga dari Desa Uma Beringin mewakili Kabupaten Sumbawa Besar, Dua Desa Model representasi dari KSB yaitu Desa Labuhan Lalar dan Desa Sapugarabre dapat melaju ke babak Final. Satu Desa dari Lombok yaitu Desa Barabali mewakili Kabupaten Lombok Tengah dalam kompetisi ini.

Pada babak final, Kompetisi antar setiap regu terlihat begitu ketat . riuh suara dalam kursi penonton juga menandakan antusiasme para supporter dalam event ini.

Regu C dari Desa Barabali Lombok Tengah mengungguli kompetisi ini dengan total skor 750. Desa Barabali keluar sebagai pemenang Lomba Cerdas Tangkas KIP. Disusul Desa Labuhan Lalar dari KSB sebagai Runner up pertama, Desa Uma Beringin dari Kabupaten Sumbawa Besar dan Juara Ke 4 Diraih Desa Sapugarabre representasi dari KSB.

“Kami Tidak menyangka memenangkan kompetisi ini karena saingannya hebat-hebat. Tapi kami mempersiapkan semuanya sebaik mungkin.” Ujar Kepala Desa Barabali.

Penghargaan akan diberikan kepada setiap pemenang Lomba Cerdas Tangkas pada penutupan Festival DBiP Nasional Hari Kamis 30 November 2017 ini. (Nadya/Aan).

 



 
Nadya Elya

Nadya Elya

Proud Indonesian, Worker by day email : nadyaelyanp@gmail.com

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan