logoblog

Cari

Tutup Iklan

Tumpukan Sampah Di Inspiratif Expo

Tumpukan Sampah Di Inspiratif Expo

Di keramian acara Carfreeday jalan Udayana nomor 14 Kota Mataram, Minggu (26/11) pekan ke 14 Inspiratif Expo Dinas Kominfotik NTB,  terlihat

Pelayanan Publik

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
27 November, 2017 07:23:00
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 3052 Kali

Di tengah keramian orang yang sedang menikmati acara Car Free Day di jalan Udayana nomor 14 Kota Mataram, Minggu (26/11) pekan ke 14 Inspiratif Expo yang rutin diadakan oleh Dinas Kominfo dan Stastik NTB, terlihat sekitar kurang lebih 300 orang sibuk memungut sampah sekitar jalan dan pinggir jalan di tengah keramian sepanjang jalan Udayana.

Ternyata inisiatif untuk memungut dan membersihkan sampah di tengah keramian masyarakat yang menikmati udara pagi ini merupakan gagasan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Nusa Tenggara Barat pada program “Gerakan Bersih Sampah Massal”.

Mengangkat tema “Ayo Tanam dan Pelihara 25 Pohon Selama Hidup”, Dinas yang telah berdiri sejak awal Januari 2017, menggandeng Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan (Fahutan) Institut Pertanian Bogor (IPB), alumni SKMA mengadakan lomba mengumpulkan sampah dan membagikan aneka bibit pohon kepada masyarakat di Inspiratif Expo.

Kepala Dinas LHK NTB,  Ir. Madani Mukaram, B.Sc.F di panggung Inspiratif Expo menjelaskan bahwa bencana alam seperti banjir dan longsor yang terjadi selama ini dikarenan kerusakan lingkungan dan penebangan pohon secara liar. “Ayo kita-kita menanam pohon dan  sama-sama menjaga dan merawat lingkungan,” ajak Madani.

Walau baru mengantor 10 bulan di Dinas LKH awal 2017 lalu, Kepala Dinas LHK NTB,  Ir. Madani Mukaram, B.Sc.F tetap berkomiten menjada lingkungan hidup dan kehutatan. “Untuk memperbaiki lingkungan hidup dan  hutan itu  caranya cukup muda rajin menanam dan cinta lingkungan sekitarnya”, sambungya.

Permasalahan sampah saat ini menjadi musibah menghambat alisran sungai, trotoar, got-got kemudian terjadi penyumbatan, air meluap dan terjadi banjir. Kemudian masalahan pencemarah air, udara akibat dari ketidak pedulian kita.

Kapela Sub Bagian (Kasubag) Program bidang Lingkungan Hidup Dinas LHK NTB,  Firmasnyah menjelaskan bahwa, hari ini kami mencoba menggugah dan mendorong kepedulian dan kesadaran masyarakat yang hadir di kegiatan inspiratif expo untuk menjaga lingkungan hidup dengan kegiatan menanam pohon dan tentang pentingnya kebersihan dengan gerakan bersih sampah massal.

 

Baca Juga :


“Sampah menjadi masalah bagi kita, sampah ada dimana-mana bahkan ditempat yang sering kita lewati seperti di Udayana sampah menjadi masalah. Di kegiatan bersih sampah massal sudah lebih dari 300 orang yang telah mengumpulkan sampah,” ujarnya

Sampah yang dibersihkan sekitar areal jalan Udayana, pingir jalan, dan di got-got. LHK mereward orang-orang telah daftar dan terlibat di program “Gerakan Bersih Sampah Massal” dengan berbagai hadiah seperti sepeda dan 100 hadiah lainya pada undian door prize ini.

Parameter peniliananya lomba “Gerakan Bersih Sampah Masal” bukan saja banyak mengumpulkan sampah namun  kualitas dan kuatintas jenis sampah juga menjadi penilian dari LHK. Kemudian kantong sampah akan di angkut oleh LHK Mataram ke TPA.

Pada kegiatan ini kami mengajak generasi muda melalui Saka Wana NTB untuk terlibat dan memamerkan jenis kegiatannya, berbagai jenis kegiatan kehutanan dan memamerkan prodak-prodak hasil kegiatan Saka Wana NTB seperti Madu dan alat-alat rutin yang mereka gunakan.

Dengan  lomba “Gerakan Bersih Sampah Masal” diharapkan mampu menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan dengan membuang sampah ditempatnya dan rajin membersihkan lingkungan disekitar. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan