logoblog

Cari

Tutup Iklan

Karang Bajo Siapkan aplikasi pengaduan berbasis android

Karang Bajo Siapkan aplikasi pengaduan berbasis android

JW - Karang Bajo -- “ Menerima pengaduan dari masyarakat merupakan Hal Yang  lumrah  Untuk pemerintah desa, karna tanpa pengaduan dari

Pelayanan Publik

miftahul hafiz
Oleh miftahul hafiz
03 Oktober, 2017 16:44:41
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 5666 Kali

JW - Karang Bajo -- Menerima pengaduan dari masyarakat merupakan Hal Yang  lumrah  Untuk pemerintah desa, karna tanpa pengaduan dari masyarakat, kami tidak akan tahu sejauh mana tingkat pelayanan kami terhadap masyarakat.

Demikian di ungkapkan  Sekertaris Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, Satriawan Albayani , Saat Membuka Mentoring Jurnalisme  Warga  Program Social Accountability And Public Partisipation (SAPP)  Dari The Asia Asia Faundantion (TAF) dan Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) di Aula kantor Desa Karang Bajo  selasa  (26/1017) lalu. Kehadiran jurnalis warga sebagai alat akuntabilitas sosial diaharapkan  mampu menjadi perpanjangan lidah Warga,  tanapa adanaya pihak lain yang terlibat dalam membangun karang bajo, Bayan ,pesimis Karang Bajo akan Lebih Berkembang lagi, pasalnya Keikutsertaan warga dalam  setiap proses didesa merupakan penunjang kemajuan suatu desa.  Selain keberadaan jurnalis Warga,Keberadaan Kotak pengaduanpun dijadikan salah satu alternative sebagai sarana pengaduan bagi masyarakat .” teriam aksih saya uacapka kepada akwan – kawan atas  partisipasinya sebagai Jurnalis Warga dan Kami aharapakan Kedepan teman – teman dijurnalis Warga Ini mampu menjadi intelejen Kita ditingkat Dusun Untuk mengetahui setiap Persoalan Ditingkat Dusun. Menyinggung mengenai Mekanisme Pengelolaan pengaduan , saat ini  kami sudah memesan  5 kotak pengaduan, yang mana  kotak – kotak ini nantinya akan kami tempatkan dipusat – pusat keramain,agar masyarakat bisa memeberikan kami masukan, dan kotak – kotak tersebuat akan tetap kami pantau dua kali dalam seminggu ” ungkap Bayan. Selain itu Sekdes Muda Karang Bajo ini menyampaiakn inisiasinya untuk mengembangkan aplikasi android sebagai media pengaduan yang berbasis online yang akan dikembangkan dalam waktu dekat. diaharapakan nanatinya aplikasi ini  dapat menjadi media pengaduan yang efektif untuk warga.

   ‘’ saat ini kami sedang mempersiapkan satu aplikasi pengaduan yang  berbasis online, yang mana aplikasi ini nantinya dapat download oleh masyarakat melalui google playstore ataupun store – store android lainnya”  ungkapnya.

Selain itu,  iapun mejelaskan mengenai cara kerja Aplikasi yang rencananya akan dilaunching Awal tahun 2018 mendatang ini , mulai dari penggunanan sampai dengan filosofi warna   yang akan digunakan.  Renacananya,Pemdes  dan pembuat aplikasi akan menggunakan  warga – warna yang sudah popular dikalangan masyarakat  sebagai penanda pengaduan,apakah pengaduan warga telah diterima dan diproses atau tidaknya.  

 

Baca Juga :


“apabila warga sudah men – downloadnya di Apps store  , warga tinggal buat akun masuknya saja dan Sengaja kami menggunakan warna -  warna yang lumrah dimasyarakat agar masyarakat dapat cepat memahami makna – makna dari  warna tersebut nantinya.

Misalnya saja  penggunaan warna   merah,apabila warna ini muncul itu  akan menandakan laporan atau pengaduan masyarakat tersebut tidak akan ditanggapai, kenapa?  karna pengirimnya tidak  jelas dan  isi pengaduannya  mengandung unsur sara, kemudian warna   yang kedua yakni warna  kuning  menandakan bahwa pengaduan masyarakat tersebut sudah diterima dan segera diproses , sementara yang terakhir kami akan gunakan  warna  hijau , yang mana warna ini nantinya akan menandakan  pengaduan dari masyarakat telah  diselesaikan karna  diserta dengan  ucapan teriam kasih kepada warga karna telah member informasi kepada Pemdes Tentang kondisi lingkungannya .” Tutup Bayan.  (Agus/JW)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan