logoblog

Cari

Kado WTP Untuk RSUD Tripat Lobar

Kado WTP Untuk RSUD Tripat Lobar

Kabupaten Lombok Barat (Lobar), sepertinya sedang mendapat angin segar dari pemerintah pusat. Kalau sebelumnya, daerah ini dianugerahi dua penghargaan sekaligus. Satu

Pelayanan Publik

Pangkat Ali
Oleh Pangkat Ali
24 Maret, 2017 09:31:05
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 10312 Kali

Kabupaten Lombok Barat (Lobar), sepertinya sedang mendapat angin segar dari pemerintah pusat. Kalau sebelumnya, daerah ini dianugerahi dua penghargaan sekaligus. Satu diantaranya adalah, predikat terbaik kedua dalam kategori Indeks Transparansi Anggaran. Berikutnya, terbaik 5 pada Indikator Akuntabilitas dan Partisipasi.

Kamis (23/3), daerah yang memiliki motto Patut Patuh Patju ini, kembali mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan. Justru predikat ini diberikan dalam suasana Hari Ulang Tahun (HUT) ke 59. Pemerintah Kabupaten Lombok Barat memperoleh kado indah bagi Direksi dan jajaran Rumah Sakit Umum Daerah Patut Patuh Patju (RSUD Tripat).

Setelah merubah statusnya menjadi Badan Layanan Umum Daerah, maka pengelolaan keuangan RSUD Tripat Lobar, harus mendapat audit eksternal berdasarkan Permendagri No. 61/2007.

Audit tersebut diantaranya adalah, sebagai bentuk akuntabilitas publik terhadap pengelolaan keuangan oleh manajemen RSUD, dipersembahkan sebagai salah satu bentuk tanggung jawabnya untuk meningkatkan layanan rumah sakit.

Hasil audit itu disampaikan oleh Drs. Widartoyo, Ak., M. Si, CPA. CA dari Kantor Akuntan Publik Drs. Thomas, Blasius, Widartoyo beserta sejumlah rekan. Kegiatan itu berlangsung di ruang rapat Jayengrane Lt.II kantor Bupati di Girimenang-Gerung. “Hasil audit terhadap rumah sakit ini adalah Opini Wajar Tanpa Pengecualian. Ini sebagai bentuk performance pengelolaan keuangan rumah sakit ini,” ungkap Widartoyo. Pihaknya akan tetap memberikan rekomensasi yang sifatnya meningkatkan status akuntansi dalam manajemen Rumah Sakit ini. Beberapa rekomendasi tersebut, lebih banyak bersifat peningkatan kualitas SDM, namun ada juga rekomendasi untuk lebih mengefisiensikan belanja pada pos barang habis pakai yang ada selama tahun anggaran 2016 lalu.

Yang menarik yang disampaikan Widartoyo, bila pengelolaan keuangan di RSUD ini semakin baik, sesungguhnya 85% sudah dapat membiayai dirinya sendiri dari total belanja rumah sakit di luar Belanja Pegawai.

 

Baca Juga :


Bagi RSUD Tripat sendiri, perolehan WTP ini menjadi prestasi tersendiri dalam mengelola keuangan. Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Dirut RSUD Tripat, Arif Suryawirawan. Kata dia, anugerahini merupakan kinerja seluruh jajaran saat dipimpin oleh dirut yang saat ini menjadi Kepala Dinas Sosial, Drg. Hj. Ni Made Ambaryati, M.Kes.

Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, usai menerima serifikat WTP mengingatkan, raihan WTP tersebut menjadikan RSUD Tripat tidak akan mengurangi kulitas layanan ke masyarakat. Terutama kepada catatan rekomendasi, agar diperhatikan sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan kualitas ke masyarakat. “Namanya fasien, orang sakit, jangan kan kita tidak senyum, senyumpun kadang tidak bisa memuaskan harapan orang”, ujarnya memberi arahan kepada seluruh hadirin. [] - 05

 



 
Pangkat Ali

Pangkat Ali

Save Our Gumi Paer...LOMBOK Lalu Pangkat Ali, kesehariannya sebagai ASN -Pejabat Fungsional Pranata Humas Permkab.Lobar. Tinggal di Desa Kopang-Lombok Tengah. CP & WA: 081907941070. Fb: Fotografer Kopang & Eliza Agniya

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan