logoblog

Cari

Walikota Serahkan Bantuan Mesin Pertanian

Walikota Serahkan Bantuan Mesin Pertanian

KM LENGGE,- Dalam rangka upaya mendukung program ketahanan pangan, Walikota Bima HM Qurais H. Abidin menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian

Pelayanan Publik

KM LENGGE
Oleh KM LENGGE
10 Juni, 2016 19:35:08
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 16222 Kali

KM LENGGE,- Dalam rangka upaya mendukung program ketahanan pangan, Walikota Bima HM Qurais H. Abidin menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian yang bersumber dari dana TP APBN tahun 2016 Kementerian Pertanian RI, pada Jum'at pagi (10/06) di Halaman Kantor Dispertanak Kota Bima. Acara ini dihadiri pula oleh Dandim 1608 Bima Kol. ARH Eka Nugraha, S.Sos beserta jajarannya. Hadir pula Anggota DPRD Kota Bima Komisi II, kepala SKPD lingkup Pemerintah Kota Bima, Camat, Lurah dan para ketua kelompok tani yang menerima bantuan.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bima Ir. Hj Rini Indriati dalam laporan menyampaikan bahwa bantuan alat dan mesin pertanian yang dibagikan ini berupa 20 (dua puluh) unit mesin pemipil jagung, 1 (satu) unit kendaraan roda tiga, 2 (dua) unit traktor roda empat, 5 (lima) unit kegiatan irigasi air permukaan dinas pertanian tanaman pangan dan peternakan, Benih Kedelai untuk 500 hektar, Benih padi untuk 500 hektar, 1 (satu) unit mobil pengangkut daging untuk RPH dan sarana pendukung lainnya.

Dijelaskannya pula, 20 unit alat pemipil jagung ini akan diserahkan kepada 20 kelompok yang tersebar di 12 (dua belas) kelurahan yang ada di Kota Bima. Dan untuk bantuan benih akan diberikan 25 kg/hektarnya. Dilaporkannya, mengenai hasil panen padi di Kota Bima dengan total sebesar 13.500 ton sedangkan untuk pemenuhan kebetuhan seluruh masyarakat Kota Bima sebesar kurang lebih sebesar 11.000 ton sehingga Kota Bima mengalami surplus stok lebih kurang 2000 ton.

Di awal sambutannya Walikota Bima HM Qurais H Abidin menyampaikan ucapan Selamat menjalankan Ibadah puasa kepada selruh masyarakat Kota Bima. Diharapkannya dengan Ibadah puasa ini membuat kita semakin terpacu untuk bekerja keras dan memberikan pengabdian yang tulus bagi kemajuan Kota Bima tercinta. Disampaikannya pula terima kasih dan penghargaan kepada para petani Kota Bima yang dibantu oleh Dinas Pertanian Kota Bima sebagai leading sector yang membantu penyediaan kebutuhan pangan masyarakat.

Baginya, profesi petani adalah profesi yang mulia, karena para petani memenuhi kebutuhan paling mendasar manusia, yaitu kebutuhan akan pangan. Dipahaminya pula bahwa saat ini para petani menghadapi semakin banyak tantangan, antara lain: Kelangkaan dan naiknya harga pupuk; Harga panen tidak stabil sementara ongkos produksi semakin mahal; Cuaca/musim tidak menentu kadang menyebabkan gagal panen; Semakin langkanya tenaga kerja pertanian karena sudah jarang yang mau menjadi buruh tani; serta berkurangnya lahan pertanian karena alih fungsi lahan, dan lain-lain.

 

Baca Juga :


"Oleh karena itu, apa yang dilaksanakan pada hari ini menjadi salah satu upaya kita dalam peningkatan produktivitas pangan", papar Walikota.

Diakhir sambutannya, Walikota Bima HM Qurais H Abidin berpesan agar kelompok tani dapat menjadi ujung tombak atau agen pemerintah dalam mendukung program pembangunan pemerintah. Dihimbaunya pula kepada seluruh masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban, khususnya yang sedang marak saat ini yakni tersebarnya simbol-simbol yang berbau PKI. "Mari kita jaga bersama generasi muda kita agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif", pesannya. RH Kota Bima (Efan) -05



 
KM LENGGE

KM LENGGE

KM Lengge Wawo Sekretariat : Jln Lintas Bima Sape KM 17 Komplek Lapangan Umum Wawo, Maria Utara Bima - Contac Person : 085338436666/081803884629 - Email : wawolengge@gmail.com - Koordinator : Edy Irfan Anggota : Galank, Ahyar, Benk, Jhuan

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan