logoblog

Cari

Tutup Iklan

Saat Orang Kota Merujuk Kampung

Saat Orang Kota Merujuk Kampung

Kota dengan segala modernitasnya seringkali menjadi contoh alias benchmark orang-orang kampung agar tak tertinggal kemajuan. Namun di Lombok, orang-orang kota belajar

Pelayanan Publik

fairuz abadi
Oleh fairuz abadi
20 November, 2015 12:57:40
Pelayanan Publik
Komentar: 2
Dibaca: 4536 Kali

Kota dengan segala modernitasnya seringkali menjadi contoh alias benchmark orang-orang kampung agar tak tertinggal kemajuan. Namun di Lombok, orang-orang kota belajar dari orang kampung justru untuk hal-hal yang berkaitan dengan kemajuan itu.

Setelah Kampung Media mendapat berbagai penghargaan, terakhir menjadi Top 9 Program Nasional Bidang Pelayanan Publik dari Kementerian PAN-RB, komunitas media itu semakin dilirik daerah-daerah lain. Mereka merasa Kampung Media layak dijadikan contoh, paling tidak  sebagai pembanding program serupa di daerahnya.

Jangan salah, bukan hanya pemda-pemda berbagai daerah, seperti Salatiga, Jambi, Pemprov Kaltim dan Kalimantan Utara,  atau Paloppo-Sulsel, untuk menyebut beberapa di antaranya. Birokrasi pusat, yakni Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun mengadakan study banding khusus untuk belajar ke Kampung Media.

“Memosting sesuatu lewat dunia maya atau dengan bahasa lain bermain di dunia maya itu sudah biasa di Jakarta,” kata Susi Suzanna, salah seorang anggota rombongan Pemprov DKI Jakarta.

“Tapi yang membuat beda, di sini kegiatan itu dikoordinasi sehingga tak hanya berjalan baik dan berkesinambungan.” Satu hal lagi yang membuat Susi kagum, partisipasi publik via jaringan Kampung Media itu begitu antusias.

“Yang membuat saya kagum, keinginan untuk berbagi melalui jaringan Kampung Media ini,” kata Anwar Safei. Anwar menunjuk fasilitas maupun insentif yang disediakan bagi penulis. “Insentifnya cuma Rp 150 ribu, itu pun kalau tulisan naik jadi headline. Kalau tidak, artinya mereka tidak dapat apa-apa. Tetapi hebatnya tetap antusias,” kata dia.

 

Baca Juga :


Hingga Oktober lalu, tak kurang sudah 23 pemerintah daerah yang berkunjung khusus ke Kampung Media. Di sana mereka berbagi informasi dengan warga kampung yang memiliki motto “Sampaikan Kebaikan Walau Satu Kalimat” tersebut.

“Kami benar-benar belajar bagaimana saling berbagi kebaikan,” kata Susi sebelum rombongan Pemprov DKI Jakarta meninggalkan Kampung Media Narmada. []

sumber: indonesia berinovasi



 

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. KM. Sambang Kampung

    KM. Sambang Kampung

    28 November, 2015

    pengakuan secara nasional untuk kampung media sudah luar biasa...tinggal kita sebagai warga dan pembuat kebijakan terus memperhatikan keberadaan kampung media ...terus semangat...


  • KM Kaula

    KM Kaula

    21 November, 2015

    mudahan semua prestasi yang sudah diraih kampung media tidak membuat pelaku dalam hal ini warga kampung media dan admint tidak terbuai lalu membuatnya lalai atau gairah jadi redup, mari kembali bangkitkan semangat kampung media.


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright © 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan