logoblog

Cari

Tutup Iklan

Jangan Mengulangi Kesalahan

Jangan Mengulangi Kesalahan

KM-Madapangga—Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Provinsi NTB bersama Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMDes) Kabupaten Bima, mengadakan kegiatan pelatihan

Pelayanan Publik

KM Madapangga
Oleh KM Madapangga
04 November, 2015 07:31:19
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 4973 Kali

KM-Madapangga—Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Provinsi NTB bersama Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMDes) Kabupaten Bima, mengadakan kegiatan pelatihan Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa Tahap II yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kapasitas aparatur Pemerintah Desa dalam penyelenggaraan Pemerintah Desa yang efektif dan efisien. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Bima Drs HM Taufik HAK M.Si yang membuka kegiatan tersebut, memberikan arahan terkait Undang-Undang No 6 Tahun 2014 Tentang Desa dan Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 tahun 2014 menitikberatkan pada penyelenggaraan Pemerintah Desa.

"Pemerintah memberikan harapan yang lebih baik bagi masyarakat desa dalam menyelenggarakan pemerintahan desa, kegiatan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa,” ujar HM Taufik.

Sebagai konsekuensinya, sumber pendapatan dari APBN akan meningkat sebagai wujud komitmen pemerintah kepada desa dan dijabarkan dalam PP Nomor 60 Tahun 2014 tentang dana desa yang besarannya 10 persen dari APBN yang akan direalisasikan secara bertahap sampai tahun 2017.

 

Baca Juga :


Selain bertambahnya sumber pendapatan, UU tersebut berimplikasi pada pembentukan, penghapusan, penggabungan dan perubahan status desa—selain masa jabatan dan peningkatan kesejahteraan Kepala Desa dan perangkat desa. Agar harapan ini menjadi kenyataan, diperlukan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk masyarakat desa. Diperlukan pula kerja keras pemerintah desa untuk melaksanakan manajemen pemerintahan yang baik, melakukan koordinasi dan kerjasama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta memperhatikan masukan dan saran dari masyarakat. 

“Jangan sampai kesalahan masa lalu terulang kembali. Kepala desa selalu dicurigai karena kurangnya sosialisasi, dan belanja desa selama ini menjadi terhambat realisasinya akibat tidak sinergis dan harmonis hubungan Kades dengan BPD serta perangkat maupun lembaga desa lainnya,” ungkapnya.(muhsen) - 01



 
KM Madapangga

KM Madapangga

"Kesalahan bukan berarti kita tak mampu merubah sesuatu yang menjadi tujuan hidup" Ketua : Rini Suryani Anggota : Habe, Muhsen, Suharmini, Muhdar email : kmmadapangga@ymail.com Handphone : (+62) 85253570847

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan