logoblog

Cari

Tutup Iklan

Antisipasi Kekeringan, BPBD Bagi Air Bersih

Antisipasi Kekeringan, BPBD Bagi Air Bersih

KM, Woja/Saneo - Kemarau panjang yang melanda hampir semua wilayah yang ada di NTB sampai saat ini pun masih terus berlanjut,

Pelayanan Publik

KM, Woja/Saneo
Oleh KM, Woja/Saneo
26 Oktober, 2015 13:35:56
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 3654 Kali

KM, Woja/Saneo - Kemarau panjang yang melanda hampir semua wilayah yang ada di NTB sampai saat ini pun masih terus berlanjut, Kabupaten Dompu juga tidak luput dari bencana tahunan yang melanda ketika musim kemarua ini. Di Kabupaten Dompu, terdapat empat Kecamatan yang mengalami kemarau panjang, yaitu Kecamatan Dompu, Kecamatan Woja, Kecamatan Pajo dan Kecamatan Hu’u. Antisipasi kekurangan air bersih saat musim kemarau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dompu sudah dua bulan terakhir melakukan pembagian air bersih pada setiap Desa yang yang ada di empat Kecamatan tersebut.

Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Dompu Drs Imran M Hasan, pembagian air bersih dilakukan oleh para pemenang tender yang dipilih oleh Pemerintah Provinsi dan dibagikan untuk beberapa desa yang dinilai sangat parah mengalami kekurangan air bersih karena kemarau panjang ini. “Kita bagikan untuk Desa Nanga Doro, Woko, Jambu, Rasa Nggaro, Maulana,  Saleko, Kandai 1, Dore Bara, Mbawi, Transat, Donggo Ana, Nowa, Baka Jaya, dan Ama La Habe,” terang Drs Imran ketika ditemui media ini Rabu (22/10/2015) pagi lalu.

Menurut Imran, beberapa Desa tersebut dipilih untuk diberikan air bersih dikarenakan desa tersebut merupakan yang termasuk dalam empat kecematan terparah mengalami kekeurangan air bersih karena kemarau panjang. “Empat Kecematan ini yang mengalami kekurangan air bersih akibat kemarau panjang, dan juga merupakan titik panas karena sebagain dari dari Desa yang ada di empat Kecematan ini berada di kaki gunung,” tandasnya. Menurut dara yang diapatkan pihaknya, Imran mengatakan Desa Kandai Satu merupakan Desa yang paling parah pada kemarau panjang tahun ini.

 

Baca Juga :


Imran juga mengatakan, air bersih yang didapatkan oleh para pembagi tersebut diambil dari sungai yang berada di Desa Legara dan PDAM Woja, dengan alasan beber Imran, kedua tempat air tersebut sangat air bersih diambil dari sungai legara dan sebagian di pdam, dinilai tempat tersebut sangat diakui kualitas airnya oleh masyarakat. Pembagian air yang sudah berjalan selama dua bulan itu, dan untuk mencapai target pada tanggal 15 November mendatang, BPBD saat ini menjalin kerja sama dengan pihak Kepolisian Resort Dompu. “Kami bewkerja sama juga dengan Polres Dompu untuk melakukan pembagian air ini, Polisi menggunakan mobil watwr canon nya, karena dalam SP yang kami terima pembagian air akan dilakukan sampai pada tanggal 25 November mendatang,” terang Imran.  Sampai saat ini, jum;lah air yang dibagikan pada Desa yang termasuk dalam empat Kecematan tersebut sudah mencapai 700 tengki dikali 500 liter pertengkinya. () -01



 
KM, Woja/Saneo

KM, Woja/Saneo

sapedampoka@gmail.com/ Nama : Faruk Alamat : Desa Saneo PEkerjaan : Pelajar/Mahasiswa hp : 085934263461. Rekomendasi KM, Bali 1 Dompu Hidup adalah pilihan, maka pilihlah hidup mu sebelum pilihan menentukan hidup mu.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan