logoblog

Cari

Wali Murid Menerima BSM

Wali Murid Menerima BSM

KM. Sukamulia – Rabu (15 April 2015), orangtua/wali murid MTs. Maraqitta’limat Lenggorong menerima bantuan Bea Siswa Miskin. Tepat pada pukul 11.55

Pelayanan Publik

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
15 April, 2015 16:29:08
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 9398 Kali

KM. Sukamulia – Rabu (15 April 2015), orangtua/wali murid MTs. Maraqitta’limat Lenggorong menerima bantuan Bea Siswa Miskin. Tepat pada pukul 11.55 Wita, tiga orang petugas Bank NTB Tanjung Kabupaten Lombok Utara bertandang di MTs. Maraqitta’limat Lenggorong. Setelah memeriksa dan meneliti syarat dan kelengkapan penerima BSM yang disiapkan oleh pengelola sekolah, Bahrudin dan dua orang temannya dengan di damping kepala madrasah (Hamdan, S. PdI) memberikan wejangan kepda wali murid. Banyak hal yang beliau sampaikan pada sambutannya yang berdurasi 15 menit itu.

Selesai memberikan sambutan, petugas Bank NTB Tanjung itu langsung memasnggil wali murid yang sudah menunggu kedatangannya sejak pukul 09.00 Wita, tadi pagi. Dana BSM yang dicairkan kali ini adalah dana BSM selama satu semester. Anggaran untuk setiap triwulan adalah Rp. 375.000, dengan demikian setiap penerima BSM berhak membawa pulang uang sejumlah Rp. 750.000, namun karena saldo di rekening penerima tidak boleh kosong maka yang boleh dicairkan hanya Rp. 730.000 dan Rp. 20.000-nya disisakan sebagai saldo rekening.

Satu-persatu wali murid dipanggil, mereka membubuhkan tanda tangan di depan petugas dan setelah itu mereka diberikan uang yang merupakan hak anak-anak mereka. Selesai menerima uang anak-anaknya, penerima langsung meninggalkan ruangan. Karena data-data yang disiapkan oleh pengelola madrasah lengkap maka penarikan BSM ini berlangsung dengan tertib dalam waktu yang tidak begitu lama. Pada pukul, 13.07 Wita, petugas Bank NTB selesai jua mebagikan Dana BSM untuk 32 orang wali murid penerima BSM di MTs. Maraqitta’limat Lenggorong Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan.

Strategi pembagian BSM kali ini kiranya cukup efektif dan efisien, dimana wali murid dan pihak pengelola sekolah tidak perlu bersusah-susah untuk datang dan membawa siswa penerima BSM ke Bank NTB Tanjung yang berjarak 58 km dari sekolah itu. Hal ini menyebabkan para penerima BSM dan wali muridnya beserta pihak pengelola madrasah merasa dipermudah dalam pencairan dana tersebut.

Dalam hal ini, Hamdan, S. PdI menyakan, kami selaku pengelola madrasah merasa bahagia atas dibagikannya BSM di masing-masing madarasah. Selain memperkecil biaya transportasi pengambilan, kami juga bisa bertemu dengan petugas yang menyalurkan dana ini sehingga mereka tahu mengenai data rill penerima bantuan ini.

Sesuai dengan SK yang diberikan oleh Kementerian Agama KLU, siswa-siswi penerima BSM di madasah kami ini berjumlah 39 orang, namun setelah diperhatikan ternyata ada 7 penerima yang tidak ada. 7 orang penerima yang terdaftar di SK itu adalah 4 orang siswa-siswi kami yang sudah lulus tahun lalu, 2 orang berhenti dan yang satunya lagi pindah sekolah. Artinya, dengan kedatangan petugas ini maka dana BSM tersalur dengan rill dan langsung diambil oleh penerimanya. Sedangkan anak-anak yang sudah lulus, berhenti dan pindah itu tidak boleh diambil, tegas kepala madrasah yang berambut putih itu.

 

Baca Juga :


Nama siswa yang sudah lulus memang sering kali muncul dalam data sebab proses pengusulan BSM cukup lama. BSM yang cair kali ini merupakan usulan tahun lalu, namun entah kenapa dana ini baru bisa didistribusikan, seharusnya uang ini sudah diterima pada pertengahan tahun lalu sebab usulannya masuk diawal tahun 2015, pungkas seorang tenaga pengajar di madrasah itu. Tidak mengherankan jika nama siswa-siswi yang sudah tamat ada yang muncul sebagai penerima BSM ini, tambahnya kepda petugas bank.

Hal seperti itu memang kerap terjadi, oleh sebab itu, jika nama-nama anak yang sudah taman muncul sebagi penerima BSM maka pihak sekolah tidak pelu disalahkan. Namun demikian, sistim pembagian BSm dengan cara seperti dinilai sangat bagus oleh wali murid penerima BSM dan pengelola madrasah sebab kedatangan pihak bank ke sekolah/madrasah untuk mebagikan uang itu kepada penerimanya sangat memberikan kemudahan bagi pihak sekolah dan penerimanya. Ini merupakan salah satu inovasi yang dilaukan oleh pemerintah dalam aspek pelayanan public. Semoga ke depannya, pemerintah semakin mempermudah masyarakat dalam segenap aspek kehidupan.[] - 01

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan