logoblog

Cari

Road Map Reformasi Birokrasi Lobar

Road Map Reformasi Birokrasi Lobar

Komitmen Pemda Lobar untuk memberikan pelayanan yang baik dan prima kepada masyarakat sangat tinggi. Buktinya, setelah sebelumnya Pemda bersama Australia Indonesia

Pelayanan Publik

KM Rinjani Lombok
Oleh KM Rinjani Lombok
10 April, 2015 17:30:51
Pelayanan Publik
Komentar: 1
Dibaca: 9141 Kali

Komitmen Pemda Lobar untuk memberikan pelayanan yang baik dan prima kepada masyarakat sangat tinggi. Buktinya, setelah sebelumnya Pemda bersama Australia Indonesia Partner Desentralisasi (AIPD) meluncurkan Peraturan Bupati (Perbup) Pelayanan Publik, kini diluncurkan program Road Map Reformasi Birokrasi (RMRB) tahun 2015-2019.
Peluncuran program yang prorakyat ini dilaksanakan Kamis (9/4) di Aula Pemkab Lobar, Gerung.

Direncanakan hadir Menpan RB, namun karena berhalangan, Menpan diwakili  Kabid Penyiapan Koordinasi Kebijakan RB Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, H.Agus Harsono AK.MM.
Dalam sambutannya, Agus mengatakan bahwa RMRB ini merupakan desain jangka panjang. Beberapa kabupaten/kota sudah membuat RMRB ini dan sudah mulai diterapkan. RMRB ini merupakan tahap kedua penyempurnaan dari RMRB tahap pertama yang berlaku tahun 2015-2019. “Nanti akan ada lagi RMRB tahap 3 yang merupakan evaluasi dari RMRB tahap 2 yang berlaku 2020-2015,” kat Agus.

Peluncuran ini merupakan tahap kedua. Sebelumnya kementerian PAN RB telah meluncurkanRB dalam kurun waktu 2010-2014. Reformasi birokrasi ini berkaitan dengan grand design jangka panjang. Tujuannya agar terlaksananya pemerintahan kelas dunia.

RMRB ini merupakan program yang dilakukan pemerintah selama lima tahun ke depan. Programnya direncanakan dalam bentuk site plan tiap bulannya. Tiap bulan harus ada langkah-langkah yang disusun program kerja.

Khusus Pemkab. Lobar diberikan apresiasi. Sebab mereka bertekad dan memiliki niat baik untuk melaksanakan RMRB. Ada tiga sasaran yang ingin dicapai dalam RB ini. Diantaranya menjadikan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, efisien dan efektif serta pemerintah menjalankan pelayanan public secara berkualitas. Pemerintah Lobar ini sudah ada program kerja dan sudah dilaksanakan.

Yang terpenting dari kegiatan ini, masyarakat bisa merasakan pelayanan public yang baik, bukan hanya program. Mulai dari pelayanan gterhadap pendidikamn, perijinan, catatan sipil. Belum bisa dikatakan berhasil jika masyarakat masih mengeluhkan pelayanan.

Launching ini awal dari gebrakan menuju RB. Setelah memantapkan program, nantinya akan dilaksanakan sesuai perencanaan. Pelaksanaan program dan pelayanan public itu mendapat pengawasan. Tidak hanya dari Kemenpan RB, namun dari internal Pemda juga ikut memonitoring seperti Inspektorat. Pengawasan ada dari internal dan eksternal.

 

Baca Juga :


Penyempurnaan RMRB tahap 2 ini masih berada di 3 poin, yakni menciptakan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, menciptakan pemerintahan yang efektif dan efisien serta pemerintahan yang menjalankan peran publik secara berkualitas.
Pengawasan program ini nantinya dilakukan pihak intern yang ketuanya langsung secara eks officio berada di Inspektorat sementara eksternal bisa dilakukan oleh multi pihak, masyarakat, pers, LSM dan lembaga lainnya.
 

Sementara itu Wabup Lobar H. Fauzan Khalid menjelaskan, kementerian PAN RB segera menindaklanjuti program yang direncanakan Pemkab Lobar dalam bentuk rad show. Mereka akan mengundan dinas terutama yang berhubungan dengan public. Seperti camat, Dinas Dukcapil, perijinan, kesehatan dan pendidikan. Rencananya akan diundang awal Juni ini.

Menurut Wabup, RMRB yang dibuat ini nyambung dengan RPJMD Lobar sehingga sangat baik dan dirinya yakin RMRB ini berjalan lancar.
Apakah pelayanan publik ini tidak cukup dikawal oleh sebuah Perbup dan Perda? Kata Fauzan Khalid, Perbup yang menjadi pedoman pelayanan publik belum cukup untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. RMRB mengatur program, sedangkan Perbup dan Perda lebih kepada sanksi dan funishman. (wardi) - 05

 



 
KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok diinspirasi oleh tekad bersama sesama anggota untuk membangun informasi produktif, komunikatif dan aspiratif di seputar Lobar dan gumi Lombok umumnya. Anggota: Hernawardi (Ketua), Fathurrahman, Ardipati, L. Suhaemi, Rian F, L. Budi D. Hp

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM Kaula

    KM Kaula

    11 April, 2015

    Semoga dalam RMRB yang diluncurkan sudah mengakomodir semua kebutuhan warga kelas bawah. sehingga begitu program sudah mulai dikerjakan yang merasakan manfaatnya adalah semua lapisan masyarakat. dan semua ini juga menjadi acuan semua kabupate dalam menyusun RMRB di wilayah masing-masing.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan