logoblog

Cari

Kemudahan Siswa Miskin Ke Korea

Kemudahan Siswa Miskin Ke Korea

Lombok Utara, KM - Ketua LPK Dharma Selaparang, Baehaki Purnawan, mengatakan, LPDS yang ada di Lombok Utara ini adalah salahsatu cabang

Pelayanan Publik

Muhammad Syairi
Oleh Muhammad Syairi
11 Februari, 2015 16:57:23
Pelayanan Publik
Komentar: 2
Dibaca: 36826 Kali

Lombok Utara, KM - Ketua LPK Dharma Selaparang, Baehaki Purnawan, mengatakan, LPDS yang ada di Lombok Utara ini adalah salahsatu cabang dari empat cabang yang dibuka untuk memberikan pelatihan kepada masayarakat berupa pendidikan bahasa korea dan jepang secara gratis kepada masyarakat yang ingin bekerja ke Korea dan magang ke jepang.

Hal tersebut diungkapkan Baihaki saat berkunjung ke Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Lombok Utara dan Lembaga Pelatihan Kerja Dharma Selaparang (LPDS) yang berada di Desa Karang Kates kecamatan Gangga Lombok Utara Rabu (11/2).

Keberadaan lembaga pelatihan ini, lanjut Baihaki, juga dimaksudkan untuk menghilangkan stigma bahwa ketiadaan biaya untuk menjadi tenaga kerja ke Korea dan magang ke jepang menjadi kendala untuk tidak bisa berangkat menjadi tenaga kerja di dua negara tersebut. Keberadaa lembaga ini selain memberikan pendidikan bahasa secara gratis juga siap membiayai masayarakat miskin yang ingin bekerja ke Korea dan magang ke Jepang.
 
“setiap masyarakat yang ingin berangkat akan dibiayai dengan diberikan pinjaman lunak yang bisa dicicil setelah mereka bekerja di negara tujuan. Tentunya, yang kami prioritaskan diprogram kami ini adalah masyarakat miskin dan menengah yang tamat SMA sederajat dan berusia 18 sampai dengan 20 tahun,”katanya, seraya menambhakan, sekarang ini ada sebanyakl 31 siswa yang belajar di LPDS KLU ini dan delapan diantaranya adalah anak yatim piatu. Mereka akan dikawal oleh LPDS mulai dari pelatihan bahasa hingga pemberangkatannya.

Baehaki menambahkan, LPDS sudah berdiri sejak tahun 2010. Sampai dengan saat ini sudah banyak tenaga kerja yang belajar di LPDS yang berangkat ke Korea dan sekarang ini menjadi jutawan. Tahun ini sebanyak 31 siswa angkatan ke dua yang belajar di LPDS akan mengikuti test bulan Mei 2015. “mereka yang lulus tes dari BNP2TKI akan diberikan pinjaman untuk biaya keberangkatan. Pinjaman itu diberikan secara lunak tanpa anggunan apapun dan nanti bisa di cicil setelah mereka bekerja disana,”tandasnya.

 

Baca Juga :


Sementara Kepala Bidang Tenaga Kerja Disosnakertrans KLU, Musrifin, mengatakan sangat berterimakasih dengan informasi terkait program pemerintah itu. Lebih-lebih dengan keberadaan LPDS di KLU ini bisa membantu masyarakat kurang mampu untuk belajar dan membiayai keberangkatan ke Korea dan Jepang. Kendati, menurutnya, stigma masyarakat Lombok Utara selama ini bahwa mejadi TKI ke luar negeri seperti ke Korea dan jepang terkendala biaya. Dengan keberadaan LPDS mungkin bisa menjadi solusi bagi masarakat yang ingin bekerja ke Korea dan jepang.

“Kami akan segera koordinasikan ke setiap desa akan adanya program pemerintah ini. Saya yakin masyarakat Lombok Utara terutama para lulusan SMA sederajat yang ada di KLU ini akan senang mendengar kabar ini. Sekali lagi kami dari dinas tenaga kerja sangat berterimakasih,”pungkasnya. [] - 03



 
Muhammad Syairi

Muhammad Syairi

Penulis adalah pengelola Radio Komunitas Primadona FM yang berdiri pada tahun 2002 di Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Email: rakomprimadona@gmail.com, ariprimadona@gmail.com. Hp. 081917760145

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. KM NTT-LOMBOK

    KM NTT-LOMBOK

    12 Februari, 2015

    dari sejak dlu aku pengen belajar bahasa korea tp gtw dimana yang mau menerima kursus bahasa korea?klopun ada..kemungkinan bayarannya mahal bngt.kalo boleh tau nih, bisa gak dari daerah lain mengikuti pendidikan bahasa korea dan jepang ne secara gratis, n dimana lokasinya?apa persyaratannya?


  • KM. BEGIBUNG

    KM. BEGIBUNG

    11 Februari, 2015

    Alhamdulillah, iini merupakan salah satu program pro rakyat yang harus terus di kawal semeton.


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan