logoblog

Cari

SMS Centre & SI-PPID, Ruang Publik Mengawal Pemerintahan

SMS Centre & SI-PPID, Ruang Publik Mengawal Pemerintahan

Gubernur NTB, Dr.TGH.Zainul Majdi,MA yang lebih akrab disapa Tuan Guru Bajang membuka ruang komunikasi yang seluas-luas bagi masyarakat disemua strata sosial.

Pelayanan Publik

GP.Aryadi
Oleh GP.Aryadi
03 Oktober, 2014 12:42:59
Pelayanan Publik
Komentar: 1
Dibaca: 6239 Kali

Gubernur NTB, Dr.TGH.Zainul Majdi,MA yang lebih akrab disapa Tuan Guru Bajang membuka ruang komunikasi yang seluas-luas bagi masyarakat disemua strata sosial. Sejak awal pemerintahannya pada periode pertama  ditahun 2008 lalu, ruang itu sudah dibuka selebar-lebarnya. Begitu dilantik pada tanggal 17 September 2008, Gubernur termuda itu, membuka layanan SMS Centre melalui 0811391300. Melalui saluran ini masyarakat dapat menyampaikan berbagai pengaduan, laporan  dan keluh kesah tentang layanan pembangunan oleh pemerintahan, bahkan dapat juga mengkritik secara pedas namun tetap konstruktif, serta menyampaikan usul saran dan ide tentang berbagi ikhtiar memajukan tanah NTB kedepan.

Masyarakat NTB-pun telah memanfaatkan ruang yang diberikan tokoh kharismatik NTB itu, untuk menyampaikan berbagai hal kepada Gubernur, mulai dari hal-hal yang sangat kecil/sepele, hingga  laporan  yang bersifat bombastik, misalnya dugaan korupsi dan penyalahgunaan lainnya. Volume pengaduan dari tahun ke tahun cendrung fluktuatif, mengikuti dinamika masyarakat. Contohnya selama  tahun 2013 yang lalu, berdasarkan data SMS Centre, terdapat 24.000 SMS dari masyarakat.

Berdasarkan kategori masalah yang diadukan masyarakat, terbanyak umumnya menyangkut masalah sosial, seperti bantuan sosial, raskin, penanganan bencana, pupuk, bibit, masalah BSS, Pijar, BSM dan lain-lain, kemudian dibidang layanan publik seperti listrik, sarana air bersih, kondisi infrastruktur jalan, irigasi dan transpotasi, perijinan, perambahan hutan, lahan dan lingkungan hidup. Adapula laporan mengenai Kepegawaian, seperti PNS malas, penggunaan Mobil dinas, masalah asusila dan penyakit masyarakat lainnya. Pengaduan mengenai dugaan KKN baik yang dilakukan oleh pejabat maupun pengusaha, juga menjadi sajian menarik yang dilaporkan masyarakat melalui SMS Centre

Berbagai masukan dan pengaduan masyarakat tersebut, tentu menjadi masukan yang sangat berguna bagi pemerintah daerah, karena melalui berbagai masukan inilah Gubernur dapat memetakan berbagai persolan  riil yang terjadi ditengah-tengah masyarakat NTB yang amat heterogonis.  Namun yang perlu diketahui oleh publik bahwa  sebagian besar  atau hampir 80 persen dari masalah yang diadukan masyarakat tersebut, bukan merupakan urusan/kewenangan pemerintah provinsi, melainkan kewenangan bupati/walikota, bahkan urusan desa. Meski bukan urusan pemerintah Provinsi, namun seluruh informasi dan pengaduan tersebut diterima baik dan direspon penanganannya melalui jalur koordinasi lintas sektor.

 Namun diakui tidak seluruh pengaduan dapat direspon secara cepat dan langsung, tergantung isu atau masalah yang diadukannya.  Misalnya pengaduan masyarakat tentang kelangkaan pupuk pada akhir tahun 2013 lalu, telah ditindaklanjuti dengan menurunkan Tim untuk memastikan masalah yang terjadi sekaligus menemukan solusinya. Demikian pula masalah kelangkaan Gas LPG, Raskin dan pengaduan tentang dugaan Korupsi pasti ditindaklanjuti melalui koordinasi dengan Badan Pemeriksa maupun penegak Hukum. Ruang komunikasi melalui pengaduan SMS centre hingga saat ini tetap menjadi primadona karena menjangkau hampir seluruh wilayah NTB,  termasuk diwilayah terisolir.

Kini  Pemerintah Provinsi NTB terus memperluas ruang komukasi publik itu. Selain menyediakan  layanan  komunikasi melalui Kampung Media yang telah mendunia, juga saat ini telah mengimplementasikan sistem informasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang disebut SI-PPID versi terbaru.  Aplikasi ini merupakan sarana layanan untuk menciptakan keterbukaan informasi di seluruh Instansi/SKPD atau badan publik. Sistem ini akan diterapkan diseluruh SKPD Provinsi NTB, sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk dapat mengetahui informasi penting dan bermanfaat yang dibutuhkannya. Aplikasi SI-PPID dapat diakses pada website PPID Provinsi NTB dengan alamat domain; ppid.ntprov.go.id dan telah terhubung dengan situs resmi pemerintah Provinsi NTB; ntbprov.go.id.

 

Baca Juga :


Guna kelancaran operasional layanan Keterbukaan informasi publik di setiap SKPD, saat ini Kabag Kesekretariatan dan PDE Biro Umum selaku Koordinator Pengelolaan Informasi PPID Provinsi NTB bekerja sama dengan IAPD perwakilan NTB sedang melaksanakan Training Instal Aplikasi SI-PPID bagi  tenaga teknis PPID  dari 43  SKPD lingkup Provinsi NTB.  Pelatihan Instalasi aplikasi tersebut  dipusatkan pada ruang pelatihan LPSE NTB Lantai III Kantor Gubernur NTB, dan ditargetkan proses pembaharuan sistem ini akan tuntas pada tanggal 7 aktober 2014, sehingga mulai tanggal 8 oktober  masyarakat sudah dapat mengakses layanan SI-PPID versi terbaru melalui laman web diatas.

Mari kami mengajak seluruh masyarakat untuk  memaafkan ruang komunikasi dan media yang disediakan Pimpinan Daerah kita di NTB ini, untuk ikut mengawal pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan agar tercapai kehidupan  NTB yang beriman, berbudaya, berdayasaing dan sejahtera. (Kabag Kesk.& PDE) - 05


 



 

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. Kampung Media

    Kampung Media

    03 Oktober, 2014

    Terimakasih telah bergabung menjadi warga kampung media. Disarankan agar menuliskan alamat email dibawah Photo Profil agar mudah bagi pembaca untuk melakukan konfirmasi/komunikasi atas segala informasi yang dipublikasikan. Terimakasih dan salam dari kampung.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan