logoblog

Cari

Lomba Lemper Madu Lombok Tengah

Lomba Lemper Madu Lombok Tengah

Lempermadu merupakan sebuah singkatan dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Terpadu, dan lembaga ini berkedudukan di tingkat desa, Kecamatan dan Kabupaten. Seluruh  desa

Pelayanan Publik

KM-Berugak Dese
Oleh KM-Berugak Dese
02 Oktober, 2014 10:03:16
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 20119 Kali

Lempermadu merupakan sebuah singkatan dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Terpadu, dan lembaga ini berkedudukan di tingkat desa, Kecamatan dan Kabupaten. Seluruh  desa dan Kecamatan di Lombok Tengah  sudah memiliki lembaga yang  secara kegiatan sudah berjalan secara maksimal tetapi belum berjalan secara kelembagaan akibat ketidak tahuan pengurus secara personal akibat dari penunjukkan secara sepihak oleh kabupaten.

Lempermadu merupakan salah satu  dari beberapa program Bupati Lombok Tengah dalam meningkatkan ekonomi dan sosial masyarakat miskin yang berbasis rumah ibadah. Pengurus lempermadu dimasing-masing desa merupakan gabungan dari semua unsur, baik unsur pemerintahan yang ada didesa, kecamatan, OMS, LSM serta masyarakat setempat. Dan seluruh ketua lembaga ini dipercayakan pada Penyuluh Lapangan (PL) Dinas Pertanian, perkebunan dan Peternakan.

Mengapa dikatakan berbasis rumah ibadah, karena pada dasarnya semua program yang masuk kedesa melalui masing-masing instansi terutama yang berkaitan erat dengan peningkatan perekonomian maupun Sosial harus berkoordinasi dengan pengurus rumah ibadah. Sejak program ini disosialisasaikan, semua masjid dilombok tengah segera membetuk kepengurusan, dan melakukan pendataan penduduk mukim masjid terutama terkait dengan tingkat kesejahteraan penduduk (Miskin, Sedang maupun kaya) di wilayah masing-masing mukim masjid dengan tujuan agar pemerintah desa, kecamatan maupun kabupaten dapat membuat terobosan-terobosan partisipatif dalam membuat program pengentasan kemiskinan.

Untuk mengukur capaian yang sudah dilaksanakan oleh lembaga tersebut, tentunya pemegang kebijakan seperti bapak bupati merasa sangat perlu setiap tahun melakukan evaluasi terhadap kinerja jajarannya dengan jalan mengadakan lomba lempermadu yang diawalai dari masing-masing instansi pemerintahan dan juga mengadakan lomba lempermadu tingkat desa. Sudah sejauh mana pemahaman pemerintahan desa, maupun lemabaga pemberdayaan ini dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

 

Baca Juga :


Dan pada hari rabu, 1 oktober 2014 Tim Penilai Lomba Lempermadu yang  merupakan gabungan  dari Pemerintah (BPMD, Bappeda, PU), Konsorsium dan PNPM Mandiri Perkotaan melakukan penilaian terhadap kinerja lembaga tersebut di Desa Kopang Rembiga. [] - 01



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan