logoblog

Cari

Kampung Media 9 Terbaik Nasional

Kampung Media 9 Terbaik Nasional

Perjuangan panjang ratusan Komunitas Kampung Media NTB berbuah manis. Kampung Media meraih anugerah Top Inovasi Nasional kategori Pelayanan Publik Terbaik dari

Pelayanan Publik

Abu Macel
Oleh Abu Macel
07 Mei, 2014 11:51:53
Pelayanan Publik
Komentar: 6
Dibaca: 9405 Kali

Perjuangan panjang ratusan Komunitas Kampung Media NTB berbuah manis. Kampung Media meraih anugerah Top Inovasi Nasional kategori Pelayanan Publik Terbaik dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). 

Anugerah itu diserahkan Menteri PANRB Azwar Abu Bakar dan diterima Gubernur NTB - TGH. M. Zainul Majdi dalam acara penutupan Musrenbang di Jakarta yang dihadiri Wakil Presiden Budiono.

Ini merupakan penghargaan kedua, sebelumnya Kampung Media memperoleh USO AWARD atau Penghargaan Kewajiban Pelayanan Universal sebagai ide kreatif terbaik dari Kemenkominfo tanggal 5 Desember 2011 disaat usianya baru 2 tahun.

Ada 9 inovasi memperoleh penghargaan melalui seleksi dan penilaian yang sangat ketat, dari 515 inovasi yang diikuti oleh beberapa kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah se Indonesia, diseleksi menjadi Top 99, kemudian ditetapkan Top 33 inovator pelayanan publik. 

Dari top 33 itu diseleksi lagi melalui tes wawancara dan penilaian langsung lapangan oleh Tim Ahli Independen dan ditetapkan 9 Top inovasi terbaik nasional, diantaranya. Surabaya Single  Windows (SSW) – Kota Surabaya; Format Hulu Hilir - Pemprov Aceh; Fiducia Online - Kemenkum HAM; GRMS  - Kota Surabaya; Pemberantasan KKN Pada Jembatan Timbang - Provinsi Jatim; KM 0 (nol) Pro Poor – Jawa Barat; Pembangunan Jalan Tanpa Bayar - Kota Banjarbaru; Kampung Media  - Provinsi NTB; Karantina Ikan Semarang - Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Usai menerima, Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi berpesan agar terus mengembangkan Kampung Media ini agar lebih bermanfaat bagi masyarakat. “Ini hasil Inovasi anak muda NTB yang patut kita banggakan.” Katanya semangat.

Lantas bagaimana Kampung Media bisa meraih gelar inovasi terbaik nasional yang membanggakan ini? Berikut kisah perjalannya.

Dengan mengusung semangat ‘sampaikan informasi bermanfaat meski satu kalimat’ gerakan Kampung Media terus memotivasi warga untuk meningkatkan budaya bertutur menjadi budaya menulis. Semangat yang dikawal sejak tahun 2009 inilah yang kemudian berkembang menjadi citizen journalism yang menjadikan masyarakat menjadi pewarta bagi dirinya.

Kampung Media sebagai program inovasi trobosan Pemprov NTB dibidang penyebarluasan informasi berbasis komunitas kemudian ikut serta sebagai peserta lomba inovasi pelayanan publik yang diselenggarakan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Dengan persetujuan dan dukungan Kepala Dishubkominfo NTB Agung Hartono, Kampung Media mendaftar tanggal 6 Februari 2014 secara online melalui http://sinovik.menpan.go.id bersama 515 inovasi lainnya dari berbagai daerah dan kementrian dan lembaga serta pemerintah daerah se Indonesia. 

Kategori yang ditentukan terdiri dari Inovasi Pencegahan Korupsi; Inovasi Peningkatan Kapasitas dan Kinerja Aparatur; dan Inovasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. 

Sesungguhnya Kampung Media bisa mengikuti semua kategori, namun setelah berdiskusi dengan Kepala Dishubkominfo dan Biro Organisasi Setda NTB, Kampung Media memilih kategori ketiga.

Proses penilaianpun berlangsung dan KemenPANRB menetapkan 99 Top Inovasi. Inipun masih harus menunggu perolehan posisi 33 Top Inovasi untuk kemudian menuju 9 Top Inovasi. Namun  Kabar awal ini sampai ditelinga Gubernur NTB. Sang Gubernurpun memberikan semangat dan motivasi.

“Senang sekali bisa bergabung di Kampung Media, salah satu inovasi NTB yang kita banggakan. Inovasi yang menunjukkan bahwa anak-anak muda NTB tak kalah kreatif dibanding anak-anak muda di tempat lain. Bahkan tak sembarang inovasi, karena kini kinerja Kampung Media semakin menarik perhatian banyak pihak. Sahabat-sahabat Kampung Media, terimalah salam hormat dan apresiasi saya yang tulus. Yuk, kita terus tunjukkan bahwa hal-hal baik dan istimewa dapat lahir di kampung kita!! Kampung Media,” demikian tulisan langsung TGB di portal www.kampung-media.com 

Laksana air segar, kalimat ini memicu semangat sekaligus do’a penuh berkah dan menyebar di setiap anggota komunitas kampung media dari Sape hingga Ampenan.

 

Baca Juga :


Kampung Media mendapat giliran hari Senin 4 Maret 2014 bersama dengan inovasi Surabaya Single Window milik Walikota Surabaya Ir. Tri Rismaharini, M.T.

Inovator Kampung Media Fairuz Abadi didampingi Kepala Biro Organisasi Ir. H. Azhar. MM dan Kasub Bag Pengembangan Kapasitas Hj. Murni Sulistyorini, menjelaskan Kampung Media dari hulu hingga hilir dihadapan 5 orang Tim Penilai Independen tanggal 3 Maret 2014 di Kantor KemenPANRB Jakarta.

Setelah beberapa pekan menunggu, terdengar kabar bahwa Tim Penilai Independen turun langsung ke NTB untuk membuktikan kebenaran dan keseriusan Pemprov NTB menjalankan program penyebarluasan informasi berbasis komunitas. 

Kedatangan Tim ke NTB diperoleh dari anggota komunitas yang dikunjungi. Anggota Tim melakukan cek lapangan dengan mewawancarai sejumlah Komunitas diantaranya, Komunitas Kampung Media Portal, Karaya dan Abiantubuh serta Mellbao untuk Kota Mataram, serta beberapa Komunitas di Lombok Tengah dan Lombok Timur.

Menunggu merupakan pekerjaan yang membosankan. Namun kebosanan itu sirna manakala surat undangan melalui email dikirim dari KemenPANRB untuk mengikuti pameran pembangunan dalam rangka Musrenbangnas di Jakarta. Inikah isyarat untuk memperoleh penghargaan puncak?

Pihak panitia meminta untuk mengirim desain poster sebagai bahan pameran. Ada tiga desain yang dikirim namun yang ditampilkan hanya satu desain saja. Tak lupa juga Video Tutorial Kampung Media mengisi ruang pameran yang berlangsung 29 – 30 april 2014.

Bisik-bisik dan ketegangan diantara beberapa peserta pameranpun terjadi. Sebab belum diketahui siapa sesungguhnya yang akan dinobatkan menjadi 9 top inovasi tersebut. Setelah panitia memberitahukan surat undangan untuk Gubernur menghadiri penerimaan anugerah, disitulah rasa penasaran terjawab. 

Sore pukul 15.30 wib, Gubernur NTB datang ke lokasi acara penutupan Musrenbang. Acara itu dihadiri Wakil Presiden Budiono dan sejumlah menteri, para kepala daerah serta undangan lain.

Nouncer mengawali dengan menyebutkan 33 Top Inovasi Nasional dan layar yang terpampang sangat besar menampilkan inovasi tersebut. Suasana hening menunggu tampilan ke 33 top inovasi ditayangkan.

Kemudian suara nouncer menyebutkan, “Sembilan Top Inovasi Nasional ini merupakan inovasi terbaik nasional ……… ” katanya dengan menyebutkan tiga kategori pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan pelayanan publik.

“Dan pemenangnya adalah…….” Nouncer menyebut satu persatu dan logo Kampung Media yang sederhana itupun turut menghiasi layar besar itu. 

Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi, Pak De Karwo - Gub Jatim, Tri Rismaharini - Walikota Surabaya, Ahmad Heryawan - Gubernur Jabar, Zaini Abdullah - Gub Aceh dan sejumlah menteri lainnya menerima anugerah dari MenPANRB Azwar Abubakar disaksikan Wapres Budiono. [fay] 



 

Artikel Terkait

6 KOMENTAR

  1. Tiffa_baingna

    Tiffa_baingna

    07 Mei, 2014

    bacanya udah bolak-balik ni artikel pak kepala...tapi ga bosan2 untuk diulang2. Bangga sekali menjadi bagian dari keberhasilan ini. Semoga lebih baik dan terus maju buat Kampung Media...


  • KM PRABARDA

    KM PRABARDA

    07 Mei, 2014

    maju terus kampung media, kita buktikan warga kampung bisa berkontribusi untuk daerah


  • burex muridmacel

    burex muridmacel

    07 Mei, 2014

    Knp gak jadi headline tulisan ini miq...tdi saya liat di atas tulisan tiang.......?


    1. burex muridmacel

      burex muridmacel

      07 Mei, 2014

      oh nggeh gt crtanya....


    2. fairuz abadi

      fairuz abadi

      07 Mei, 2014

      karena sudah lebih dahulu dimuat koran lombokpost dan suara ntb


  • KM. Lingsar

    KM. Lingsar

    07 Mei, 2014

    prestasi yang didapat sekarang tak lepas dari dukungan pemerintah prov, seluruh komunitas dan masyarakat NTB, ayo NTB selangkah lebih maju.......!


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan