logoblog

Cari

HARAPAN YAYASAN SHOFWATUL KHAER

HARAPAN YAYASAN SHOFWATUL KHAER

Sebuah Yayasan terbentuk di sebelah timur Lombok Timur atau perbatasan dari Lombok Utara yaitu Yayasan yang berada di Dusun Belanting Desa

Pelayanan Publik

KM Sambalia
Oleh KM Sambalia
04 April, 2014 05:56:38
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 9071 Kali

Sebuah Yayasan terbentuk di sebelah timur Lombok Timur atau perbatasan dari Lombok Utara yaitu, yayasan yang berada di Dusun Belanting, Desa Belanting, Kecamatan, Sambelia yang sangat jauh dari pusat pemerintahan dan informasi yayasan tersebut bernama Shofwatul Kaher. Tentu hal ini akan mempersulit jangkauan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan harapan terhadap pemerintah untuk dapat diberikan perhatian yang sama dengan masyarakat yang lebih dekat dengan perkotaan.

Melihat kenyataan ini maka salah seorang tokoh masyarakat tergugah hatinya untuk membukan jalan bagi masyarakat dalam menyampaikan keingginan/aspirasinya pada pihak yang berkuasa atau pemerintah. Yayasan Shofwatul Khaer didirikan oleh seorang tokoh masyarakat  sekaligus tokoh agama yang bernama Sayyid Amir Jamalullail, S,PdI (Yek Amir) dan juga beliau terlibat lansung sebagai pengajar di sebuah sekolah dasar di Desa Benting yakni, sebagai guru honorer di SDN 04 Belanting, sekitar 10 tahun jalan dan sampai saat ini belum diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tetapi bukan itu tujuan semata beliau, melainkan memajukan Desa Belanting menjadi desa yang bersemangat dan berkualitas dalam berbagai bidang sesuai dengan tujuan yayasan dan keinginan masyarakat.

Yayasan Shofwatul Khaer didirikan pada 12 Desember 2012 dengan nomor Akta Notaris: 17 tanggal 13 Juni 2013 yang dibantu oleh beberapa jajarannya dan dengan Nomor Izin Operasional: 421.9/2710/Dik IV /2013, tanggal 20 Mei 2013 oleh Kepala Dikpora Kabupaten. Lombok Timur. Dengan ada yayasan Shofwatul Kaher ini  diharapkan dapat mengontrol kebijakan-kebijakan pemerintah yang ada di Desa Belanting yang selama ini adanya bantuan-bantuan yang tidak tepat sasaran, sehingga jarang dari masyarakat mengeluhkan kebijakan-kebijakan pemerintah yang tidak tepat mengenai sasaran. Tentu dengan didirikannya yayasan Shofwatul Kaher ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap perubahan khususnya di Desa Belanting dalam menyalurkan beberapa sumbangan yang berasal dari pemerintah maupun pihak swasta.

Yayasan Shofwatul Khaer saat ini memiliki rencana program kegiatan yang diantaranya (1) Taman Penitipan Anak (TPA), (2) Kelompok Bermain / Play Group (KB), (3) Taman Kanak-Kanak (TK), (4) Satuan PAUD sejenis (SPS), (5) Pendidikan Keaksaraan, (6) Pendidikan Kesetaraan Paket A, Paket B, dan Paket C, (7) Kursus dan Pelatihan, (8) Taman Bacaan Masyarakat (TBM), (9) Pendidikan Pemberdayaan Perempuan dan Gender, (10) Bimbingan Belajar dan Konseling, (11) Lain-lainnya. selain itu direncanakan kegiatan kursus-kursus yang bertujuan untuk memberikan keterampilan bagi masyarakat sehingga nantinya masyarkat tidak hanya berpangku tangan mengharapkan bantuan/belas kasihan dari pemerintah saja. Adapun rencana kursus-kursus yang akan diadakan secara bertahap sesuai dengan kemampuan yayasan yaitu kusus : (1) Menjahit, (2) Tata Kecantikan Rambut, (3) SPA, (4) Komputer, (5) Perhotelan, (6) Broadcasting, (7) Merangkai Bunga, (8) Elektronika, (9) House Keeping, (10) Jasa Boga, (11) Bahasa Jepang, (12) Hantaran, (13) Tata Kecantikan Kulit, (14) Akuntansi, (15) Sekretaris, (16) Otomotif, (17), Tata Rias Pengantin, (18) Akupunkur, (19) Pariwisata, (20) Baby Sitter. (21) Bahasa Inggris, (22) Bahasa Arab, (23) Jurnalis, (24) Pertanian, (25) Lainnya. Semua rencana program tersebut diharapkan mendapat perhatian dari pemerintah  agar hajat orang banyak dalam hal ini masyarakat dapat terwujud sehingga angka pengangguran dan angka kemiskinan dapat tertuntaskan.

Yayasan ini kini juga sedang menangani pendidikan dini bagi anak-anak yang kurang mampu atau anak-anak yatim piatu untuk diberikan pendidikan gratis yang dijalani oleh pengurus sekaligus sebagai pengajarnya. Tentu hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas masyarakat sejak dini, yaitu masyarakat Desa Belanting, Kecamatan Sambelia sehingga IPM masyarakat Kabupaten Lombok Timur nantinya lebih meningkat dari sebelumnya dan Nusa Tenggara Barat.

Selain itu Yayasan Shofwatul Khaer saat ini juga memberikan bantuan pada orang-orang tua jompo berupa pengobatan gratis. Sebenarnya dana dari yayasan ini tidak seberapa tetapi karena semangat dari para pendirinyalah sebagai modal yang terbesar dalam mengatasi masalah masyarakat Desa Belanting. Diharapkan kedepannya pemerintah baik Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, Propinsi NTB dan Pemerintah Pusat memberikan kontribusi yang layak bagi Yayasan Shofwatul Khaer.(Aponk/03)

Susunan kepengurusan Yayasan Showatul Khaer adalah:

Ketua

Nama: SAYYID AMIR JAMALULLAIL,

 

Baca Juga :


 Alamat: RT/RW: 002/000, Kelurahan/Desa Belanting, Kecamatan Sambelia, Kabupaten/Kota, Lombok Timur, Propinsi Nusa Tenggara Barat. No.Telp/HP: 087 763 499 877, Email: sayyidamirjamalullail@gmail.com

Sekretaris: YEK ISMAIL.

Alamat, RT/RW: 002/000, Kelurahan/Desa Belanting, Kecamatan Sambelia, Kabupaten/Kota Lombok Timur, Propinsi Nusa Tenggara Barat, No Telp/HP :  085 903 105 892, Email

Bendahara

Nama: SYARIFAH FATIMAH AL-IDRUS

Alamat: RT/RW/002/000, Kelurahan/Desa Belanting, Kecamatan Sambelia, Kabupaten/Kota Lombok Timur, Propinsi Nusa Tenggara Barat, No Telp/HP.: 087 763 014 422.Email...(03).



 
KM Sambalia

KM Sambalia

TTL : Sambalia, 24 Februari 2014 anggota : 1.Kadir alpan alaydrus,S.Pd, 2.Adi Jumaidi,spd, 3.Oslan Nusifera, 4.Abdul Qudus,spd, 5.Raihanun,spd Email: kadiralaydrusspd@gmail.com, HP. 081805200292, 087763050848

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan